close

Gambar Lapangan Tenis Meja Beserta Ukurannya

Tenis meja atau bola Ping pong merupakan suatu cabang olahraga yang banyak digemari oleh masyarakat. Cabang olahraga ini dapat dimainkan oleh dua pemain (Tunggal) juga dapat dimainkan oleh dua pasang pemain (Ganda).

Berbeda degan permainan bulu tangkis atau Badminton, bola ping pong dimainkan dengan menggunakan raket yang terbuat dari papan kayu yang dilapisi dengan karet, alat ini disebut dengan nama bet.

Selain itu, ada property lain dalam pelaksanaan pertandingannya, yaitu bola pingpong berwarna oranye, serta lapangan permainan yang berbentuk meja persegi panjang.

Sekedar informasi, induk organisasi tenis meja, atau permainan bola ping pong di Indonesia ialah PTMSI yang merupakan kepanjangan dari “Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia”.

Sementara induk organisasi tenis meja di seluruh dunia ialah ITTF “International Table Tennis Federation” dimana organisasi ini beranggotakan 140 negara. Sementara PTMSI juga tercatat sebagai salah satu anggota ITTF sejak tahun 1961.

Dengan kata lain, “International Table Tennis Federation” adalah induk organisasi internasional cabang olahraga tenis meja, dan diakui oleh Komite Olimpiade Internasional “IOC”.

 Dalam artikel ini kami bukan hanya membahas rangkuman penjelasan mengenai gambaran permainan tenis meja, namun kami akan menguraikan penjelasannya secara jelas dan rinci mengenai sejarah, cara bermain, hingga peralatan permainan.

Tentu saja anda akan menemukan informasi tentang ukuran lapangan tenis meja berdasarkan standarisasi Nasional dan internasional, atau bagi anda yang sedang mencari gambar lapangan tensi meja lengkap beserta gambarnya, anda akan menemukannya dalam rangkuman informasi ini, jadi jeli lah dalam membaca informasi agar tidak timbul kekeliruan.

Mari lanjut pembahasannya.

Pelajari juga : Gambar lapangan bola voli beserta ukurannya

Sejarah Tenis Meja

Tenis meja dibuat sekitaran abad ke-19 di Inggris, permainan tenis meja ini dimainkan oleh orang kelas atas sebagai permainan indoor setelah jamuan makan malam.

Pos Terkait:  Gambar Lapangan Softball Beserta Ukurannya

Dalam penamaannya, tenis meja mempunyai beberapa penyebutan, salah satunya ialah “whiff whaff”. Dalam beberapa sumber tercatat bahwa permainannya pertama kali dikembangkan oleh tentara Inggris di India atau Afrika Selatan, di mana mereka membawanya kembali ke Inggris untuk dikembangkan lagi.

Kala itu, permainan ini dimainkan dengan meletakkan sebaris buku yang disusun ditengah meja sebagai net, lalu dua buku lainnya digunakan untuk memukul bola golf.

Penyebutan “ping-pong” sendiri digunakan hampir di semua negara sebelum pada tahun 1901 dimana perusahaan Inggris bermana J. Jaques & Son Ltd menjadikannya merek dagang.

Nama “ping-pong” kemudian digunakan untuk permainan yang secara teknis dimainkan dengan peralatan Jaques, lalu perusahaan lain menyebutnya tenis meja.

Situasi yang sama terjadi juga di Amerika Serikat, di mana Jaques menjual hak nama “ping-pong” kepada Parker Brothers.

Kemudian Parker Brothers menjadikanya merek dagang tahun 1920-an, hal ini menjadikan organisasi lainnya mengubah nama menjadi “tenis meja”.

Pelajari juga : Gambar lapangan bola basket beserta ukurannya

Ukuran Lapangan Tenis Meja

Gambar lapangan tenis meja beserta ukurannya

Informasi mengenai ukuran tenis meja ini akan sangat bermanfaat bagi siswa dan siswi yang sedang mendapatkan tugas dari gurunya untuk meng-gambarkan ukuran lapangan tenis meja beserta ukurannya.

Selain itu, informasi ini akan sangat berguna jika anda hendak membuat lapangan tenis meja sendiri, berikut ukran dan gambarnya dapat anda lihat di atas.

Panjang: 274 cm
Lebar: 152,5 cm
Tinggi meja dari lantai lapangan:  76 cm
Ukuran tebal garis sisi: 2 cm
Luas: 4,1785 meter persegi
Lebar meja tenis: 152,5 cm
Ketebalan meja/papan: 3 cm
Pos Terkait:  Gambar Kolam Renang Beserta Ukurannya

Ukuran Bola Tenis Meja

Bukan hanya lapangan dan bet tenis meja saja yang dapat membedakan antara tenis meja dengan tenis lapangan, namun ukuran bola yang di pakai juga jauh berbeda.

Pada dasarnya bola yang digunakan untuk tenis meja berwarna putih atau oranye dan terbuat dari bahan selulosa yang ringan. Selain itu, di bagian tertentu pada bola tenis meja kadang terdapat gambar bintang, mulai bintang 1 sampai bintang 3.

Hal ini menandakan di mana bola yang mempunyai bintang banyak merupakan bola dengan kualitas yang terbaik. Berikut adalah detail mengenai ukuran bola yang di gunakan untuk pertandingan tenis meja:

Diameter bola tenis meja: 40 mm
Berat bola: 2,7 gram
Warna bola: Putih/oranye.

Ukuran Bet Tenis Meja

Ukuran bet yang di gunakan pemain tenis meja untuk memukul bola tenis meja sesuai dengan standar Nasional dan Internasional yaitu sebagai berikut:

Panjang bet long handle: 25,5 cm
Panang bet short handle: 24 -24,5 cm
Lebar bet: 15 cm

Cara Bermain Tenis Meja

Ada dua teknik untuk memukul bola tenis, yaitu teknik Pukulan Forehand dan Pukulan Backhand. Berikut informasi mengenai 2 teknik bermain tenis meja ini.

Pukulan Forehand

pukulan forehand merupakan sebuah teknik memukul bola dimana posisi telapak tangan yang memegang raket menghadap ke depan. Untuk melakukan teknik pukulan ini dapat dilakukan dengan cara:

  • Sikap awal dalam gerakan ini ialah dengan memposisikan lengan atas membentuk sudut kecil dengan tubuh, namun tidak rapat dengan tubuh serta posisinya jangan terlalu horizontal. Kemudian posisi lengan bagian bawah membentuk sudut sekitar 90 dengan siku ditekan ke depan.
  • Selanjutnya ialah gerakan memukul. Secara teknis, gerakan memukul bola dilakukan dari belakang ke depan, dari atas ke bawah dan dari kanan ke kiri, pada saat yang sama posisi lengan direntangkan.
  • Sikap akhir gerakan lengan dalam teknik pukulan forehand ini dilakukan setelah bet mengenai bola, gerakan lengan digerakkan secara rileks sehingga bet berada didepan. Sebaiknya perkenaan bet dengan bola dilakukan ketika bola berada dititik tertinggi barulah pukulan forehand dilakukan. Akan tetapi, jika pantulan bola terlalu tinggi maka pukulan dilakukan setelah bola melewati titik tertingginya.
Pos Terkait:  Jumlah Pemain Bola Basket Dalam Satu Regu Adalah

Pukulan Backhand

Pukulan backhand adalah teknik memukul bola yang dilakukan pada saat memukul bola posisi telapak tangan yang memegang bet menghadap ke belakang. Sederhananya posisi punggung tangan yang memegang bet menghadap ke depan.

Dengan gambaran tersebut hendaknya anda sudah dapat memahami bagaimana teknik pukulan ini dilakukan serta dapat membedakan antara pukulan forehand dan backhand.

Pelajari juga : Gambar lapangan bulu tangkis beserta ukurannya

Itulah rangkuman penjelasan mengenai cabang olahraga tenis meja, informasi yang anda cari mengenai gambar lapangan tenis meja beserta gambarnya sudah kami tulis secara singkat dan padat dalam subheading ukuran lapangan meja tenis.

Terimakasih dan semoga bermanfaat, jangan sungkan untuk kembali lagi ketika anda membutuhkan informasi lainnya.

 

Gambar Lapangan Tenis Meja Beserta Ukurannya Yang Mudah Digambar