close

4 Keuntungan Menggunakan WhatsApp CRM Untuk Bisnis Anda

Combinesia.web.id – Aplikasi WhatsApp CRM memang sudah semakin marak digunakan oleh bisnis-bisnis di Indonesia, termasuk yang memiliki fitur WhatsApp CRM integration.

Meskipun begitu, biasanya hanya bisnis-bisnis di level tertentu yang terbiasa menggunakan fitur ini, padahal, mengintegrasikan aplikasi CRM dengan WhatsApp bisa sangat membantu mengembangkan bisnis Anda tanpa perlu menambah pengeluaran signifikan.

Apa itu WhatsApp CRM?

CRM WhatsApp merupakan integrasi aplikasi WhatsApp dengan CRM untuk mengelola berbagai macam hal terutama dalam mengelola interaksi pelanggan agar lebih efisien. Integrasi ini dapat membantu pertumbuhan bisnis, membantu mengembangkan hubungan dengan pelanggan, dan meningkatkan loyalitas.

CRM WhatsApp integration with WhatsApp ini bisa dengan menggunakan WhatsApp Business API. Sementara untuk WhatsApp API sensiri dapat bekerja sama dengan provider WhatsApp. Selain itu, WhatsApp API juga memiliki fitur-fitur yang tidak kalah canggih untuk meningkatkan layanan pelanggan.

Fitur tersebut adalah integrasi antara WhatsApp dengan aplikasi Sales serta Customer Service, atau sering disebut sebagai software sales WhatsApp.

4 Manfaat Menggunakan WhatsApp CRM

Apa sajakah keuntungan-keuntungan yang bisa didapatkan dengan menggunakan WhatsApp CRM? Berikut 4 di antaranya.

1. Komunikasi dengan pembeli menjadi lebih efektif dan efisien

Semua komunikasi antara pembeli dan Anda yang dilakukan melalui WhatsApp otomatis tercatat dalam sistem CRM. Saat pembeli menghubungi bisnis Anda melalui WhatsApp, informasi lengkap tentang mereka (seperti riwayat pembelian, preferensi, dan catatan interaksi sebelumnya) langsung tersedia di CRM.

Pos Terkait:  Download Kinemaster Pro Mod APK Full Unlock Unlimited

Ini memungkinkan tim Anda untuk memberikan respons yang lebih cepat dan relevan, sehingga meningkatkan kepuasan pembeli Anda. Dengan mengintegrasikan WhatsApp dan aplikasi CRM pilihan Anda, pesan yang masuk juga dapat diarahkan secara otomatis ke tim atau agen yang tepat berdasarkan kriteria tertentu (misalnya, jenis pertanyaan atau tingkat prioritas).

Setiap pesan yang masuk ditangani oleh orang yang paling sesuai, yang membantu mengurangi waktu tunggu pembeli dan meningkatkan efisiensi operasional.

2. Personalisasi interaksi pembeli

Dengan menganalisis riwayat pembelian yang tercatat dalam CRM, Anda dapat mengirimkan penawaran khusus yang relevan. Misalnya, jika seorang pembeli sering membeli produk tertentu, bisnis Anda dapat mengirimkan penawaran untuk produk terkait atau memberikan diskon untuk pembelian berikutnya.

Ini membantu mendorong pembelian berulang dan meningkatkan pendapatan usaha Anda. Dengan memberikan pesan yang dipersonalisasi dan relevan, Anda dapat membangun hubungan yang lebih kuat dengan pembeli setia Anda. Mereka yang merasa dihargai dan diperhatikan cenderung lebih loyal dan lebih mungkin untuk kembali melakukan pembelian di masa mendatang.

3. Manajemen data terpusat

Fitur ini adalah salah satu keuntungan utama dari integrasi WhatsApp dengan sistem Customer Relationship Management (CRM). Dengan data yang terpusat, usaha Anda dapat memastikan bahwa semua informasi pelanggan tersedia dalam satu platform yang mudah diakses oleh seluruh tim.

Pos Terkait:  Kenapa VIU Tidak Bisa Dibuka? Ini Sebab dan Cara Mengatasinya

Setiap kali pembeli berinteraksi dengan usaha Anda melalui WhatsApp, baik itu pertanyaan, keluhan, atau permintaan informasi, data tersebut secara otomatis disimpan dalam CRM. Ini mencakup pesan teks, gambar, video, dan dokumen yang dibagikan selama percakapan.

Data yang tersimpan dalam CRM dapat diakses oleh seluruh tim yang memerlukan informasi tersebut, termasuk tim sales, marketing, dan customer service. Akses yang mudah ini memastikan bahwa setiap anggota tim memiliki informasi terkini dan lengkap tentang setiap pembeli, yang membantu dalam memberikan layanan yang konsisten dan responsif.

4. Membuka ruang untuk analisis data

Dengan menggunakan teknik analisis data yang tepat, usaha Anda dapat memperoleh wawasan mendalam tentang interaksi pembeli dan kinerja tim, yang membantu dalam meningkatkan layanan dan efisiensi operasional.

WhatsApp CRM yang terintegrasi dengan WhatsApp memungkinkan bisnis untuk melacak berapa banyak pesan yang dikirim dan diterima melalui platform tersebut. Data ini memberikan gambaran tentang volume komunikasi dan dapat membantu mengidentifikasi periode puncak aktivitas pelanggan.

Akhir Kata 

CRM WhatsApp merupakan solusi terbaik untuk bisnis Anda. Sebab seperti yang dijelaskan diatas, integrasi WhatsApp membantu memberikan respon secara cepat terhadap seluruh pertanyaan yang diajukan pelanggan, memberikan notifikasi pesanan, serta menganalisis seluruh percakapan.

Pos Terkait:  6 Aplikasi Baterai Tahan 2 Hari di HP Android & iPhone

Anda bisa menggunakan analisis data untuk memahami pola dan tren dalam interaksi pembeli. Misalnya, bisnis dapat melihat jenis pertanyaan atau masalah yang paling sering muncul, waktu puncak interaksi, dan preferensi komunikasi pembeli. Informasi ini membantu dalam perencanaan dan pengoptimalan layanan.