close

Gambar Lapangan Lompat Jauh Beserta Ukurannya

Gambar Dan Ukuran Lapangan Lompat Jauh – Contoh gambar lapangan lompat jauh beserta ukurannya sering kali menjadi sebuah materi yang dipelajari oleh siswa-siswi dalam pelajaran olahraga.

Sesuai dengan namanya, Lompat jauh merupakan salah satu cabang olahraga atletik dimana olahraga ini dimainkan dengan tujuan melompat sejauh mungkin.

Olahraga lompat jauh diawali dengan start dengan posisi siap lalu berlari pada landasan pacu untuk melompat di udara pada titik peluncuran yang telah di tentukan, kemudian atlit akan lompat dengan kekuatan penuh untuk mencapai titik mendarat terjauh. Setelah mendarat, jarak tempuh kemudian diukur mulai dari titik loncatan hingga titik mendarat di pasir.

Pada pelaksanaannya, olahraga lompat juah ini merupakan perpaduan antara kecepatan, ketepatan, dan daya tahan.

Dengan begitu, tujuan utama yang diharapkan ialah mencatatkan jarak paling panjang antara balok tumpuan (titik awal melompat) atau tolakan dengan titik jatuh seorang pelompat pada bak pasir.

Ada beberapa faktor yang berpengaruh terhadap lompatan yang di hasilkan, yaitu:

  • Faktor Pertama: tentu saja yang menjadi factor utama yang mempengaruhi lompatan seorang atlit ialah teknik lompatan yang dilakukan mulai  dari kecepatan lari, awalan lompatan saat melayang di udara hingga cara mendarat yang dihasilkan.
  • Faktor kedua: Lalu yang menadi factor selanjutnya adalah kondisi fisik termasuk kekuatan otot tungkai yang mengkoordinasikan antara semua gerakan dalam teknik lompat jauh yang dilakukan.

Baca juga: Gambar lapangan bola voli beserta ukurannya

Ukuran lapangan Lompat Jauh

Sama halnya seperti olahraga lainnya, Induk Organisasi Internasional Lompat Jauh telah mengatur panjang dan ukuran standar dari lapangan lompat jauh, induk organisasi cabang olahraga ini ialah International Association of Athletics Federations (IAAF).

Pos Terkait:  Gambar Lapangan Softball Beserta Ukurannya

Berikut ukuran lapangan lompat jauh berdasarkan standar nasional dan internasional

  • Panjang bak lompat jauh: 9 meter
  • Lebar bak lompat jauh: 2,75 meter
  • Panjang lintasan untuk lari sebelum melompat: 13-45 meter
  • Lebar lintasan untuk lari sebelum melompat: 1,22 meter
  • Panjang papan tumpuan: 1,22 meter
  • Lebar papan tumpuan: 20 cm
  • Bentuk bak lompat jauh: persegi panjang
  • Pada area bak diisi dengan pasir

Gambar Lapangan Lompat Jauh

Tidak lengkap rasanya jika menuliskan tentang ukuran lapangan lompat jauh tanpa contoh gambarnya, oleh karena itu, berikut kami bagikan uga contoh gambarnya untuk memudahkan anda ketika sedang menggambarkan lapangan lompat jauh di buku tulis.

Gambar lapangan lompat jauh beserta ukurannya

Mengenai keterangan dan ukuran lapangan yang terdapat pada gambar telah kami tuliskan di atas.

Baca juga: Gambar Lapangan Bola Kasti Beserta Ukurannya

Teknik Dasar Lompat Jauh

Lompat jauh pada dasarnya memiliki beberapa teknik dasar dalam pelaksanaannya. Teknik-teknik ini kemudian harus di pelari oleh para pelompat, ketika akan melakukan olahraga lompat jauh teknik dasar yang digunakan antara lain sebagai berikut:

Teknik awalan

Jumper atau Pelompat hendaknya melakukan ancang-ancang terlebih dahulu sekitar 20 sampai 30 meter dari garis lompatan, lalu berlari mendekati garis tersebut sambil meningkatkan kecepatan ketika berlari.

Pos Terkait:  10 Komponen Kebugaran Jasmani dan Contohnya

Baiknya pelompat juga harus bisa mengendalikan kecepatan lari mereka, terutama dalam jarak 3 sampai 5 meter akhir sebelum garis lompatan serta bersiap untuk melakukan pengalihan dari kecepatan larinya dengan gerakan awalan (gerak horizontal) menuju tolakan atau loncatan (gerek vertikal).

Teknik Tolakan atau Loncatan

Selanjutnya yaitu teknik tolakan yang merupakan tahap di mana kaki melakukan lompatan dari garis awal lompat untuk mengangkat tubuh dan melayang di udara sebelum nanti mendarat di titik pendaratan.

Teknik Tolakan atau Loncatan Lompat jauh

Ketika melakukan tolakan, alangkah baiknya kaki sedikit di bengkokan lalu kaki di tapakan dan tungkainya di luruskan.

Pada gerakannya, dalam teknik ini cenderung memerlukan kekuatan, kecepatan serta konsentrasi agar kaki tidak melewati batas garis loncat.

Teknik Melayang

Ketikan teknik gerakan melayang dilakukan, posisi kami seperti berjalan ketika posisi tubuh melayang, dengan begini akan memudahkan dan memperluas jarak pendaratan pelompat.

Selain itu, ada beberapa hal yang perlu di perhatikan ketika tubuh pelompat sedang berada dalam posisi melayang, yaitu:

  • Menjaga keseimbangan tubuh.
  • Berusaha untuk tetap melayang di udara dengan waktu selama mungkin
  • Lalu mempersiapkan kaki untuk melakukan pendaratan.

Teknik Pendaratan

Dalam pelaksanaan teknik pendaratan dapat dilakukan dengan cara mengayunkan lengan, menundukan kepala, serta menggerakan pinggang ke depan.

Pos Terkait:  Kebugaran Jasmani: Pengertian, Komponen dan Manfaat

Hal ini di lakukan untuk bertujuan ketika proses pendaratan dilakukan, anggota badan kita yang lain tidak menyentuh pasir lebih belakang daripada kaki. Dengan begitu, pendaratan anda akan mendapatkan posisi terjauh yang yang dapat anda lakukan.

Untuk mengasah 4 teknik lompat jauh ini, ada pula beberapa hal yang perlu anda lakukan, di antaranya yaitu:

  • Menentukan jarak ancang-ancang yang baik dan tepat sebelum melompat.
  • Menentukan cara berlari di awal.
  • Mencoba serta mengasah beragam teknik tolakan, melayang hingga teknik pendaratan.

Baca juga: Gambar Lapangan Lempar Lembing Beserta Ukurannya

Demikianlah informasi mengenai gambar dan ukuran lapangan lompat jauh yang dapat kami rangkum dan bagikan kali ini. Terimakasih dan semoga bermanfaat