NISN (nomor induk siswa nasional)

NISN: Nomor Induk Siswa Nasional (Panduan Lengkap)

Diposting pada

Nomor Induk Siswa Nasional atau yang disingkat dengan NISN merupakan nomor induk yang secara otomatis akan dimiliki oleh seorang anak saat ia mulai menempuh pendidikan jenjang SD (Sekolah Dasar).

Dengan kata lain, NISN ini merupakan sebuah kode pengenal Identitas siswa yang bersifat unik dan standar yang berlaku di Indonesia saat seorang anak menempuh pendidikan.

Selain itu, Kode angka tersebut juga menjadi pembeda antara siswa satu dan yang lainnya, baik sekolah Indonesia yang terdapat diluar negeri dan dalam negeri. Namun sekolah harus ikut berpartisipasi terlebih dahulu dalam program-program kemendibud agar masing-masing murid memiliki Nomor induk siswa nasional ini.

lihat juga : Panduan Lengkap Dapodikdasmen

Agar lebih jelas lagi untuk memahami apa itu NISN, dibawah ini akan saya jelaskan deskripsinya dan bagaimana melakukan pengecekan Nomor induk siswa nasional secara daring.

Berikut kami bagikan rangkuman penjelasannya.

Mengenal Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)

NISN-nomor induk siswa nasional

Untuk mengenal apa itu NISN, kami akan mendeskripsikannya melakui beberapa pertanyaan dan jawaban dibawah ini. Agar tidak salah paham, silahkan baca secara seksama.

Apa Itu NISN ?

Dikutip dari situs resmi, Pengertian NISN Adalah kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia yang berdomisili di Luar Negeri.

Nomor Induk Siswa Nasional atau yang disingkat NISN ini diberikan kepada setiap siswa atau peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di referensi Kemendikbud (kementrian, Pendidikan dan Kebudayaan).

Lalu apa manfaat dan tujuan NISN ?

Ada tiga tujuan dan manfaat dari pemberian Nomor Induk Siswa nasional bagi siswa/siswi ini yakni :

  1. Mengidentifikasi tiap-tiap individu peserta didik di seluruh sekolah se Indonesia secara standar dan konsistensi serta berkelanjutan.
  2. Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan NIS “Nomor Induk Siswa” berbasis online bagi Unit unit Kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu serta akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terupdate.
  3. Sebagai sistem pendukung untuk tiap program Dapodik dalam prosses pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan serta program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti halnya: Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, hingga SNMPTN.

Penjelasan berikut dikutip dari sitis resmi. Lumayan agak membingungkan memang! Namun sederhananya tujuan dari Nisn ini ialah :

  1. Sebagai identifikasi setiap siswa maupun siswi di sekolah yang terdapat diseluruh Indonesia secara berkesinambungan.
  2. Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk secara Online.
  3. Sebagai sistem pendukung program perencanaan dan statistik pendidikan di Indonesia.

Sedangkan Manfaatnya ialah :

  1. Sangat berguna untuk pendaftaran ke jenjang yang lebih tinggi lagi.
  2. Penyaluran BOS (Bantuan Operasional Sekolah).
  3. Sebebagai penerimaan rapor hasil belajar bagi siswa.
  4. Agar siswa dapat mengikuti UN (Ujian Nasinal).
  5. Agar siswa dapat mengikuti SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi)
  6. Dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Bagaimana jika siswa tidak memiliki NISN ?

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa NISN ini berperan penting dalam proses pembelajaran bagi seorang murid.

Pasalnya Nomor Induk Siswa Nasional ini digunakan untuk beragam kepentingan administrasi. Salah satunya adalah untuk pendaftaran melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi seperti halnya dari SD ke SMP, SMP ke SMA, bahkan hingga jenjang Universitas.

Dari pernyataan berikut anda bisa menyimpulkan sendiri apa yang akan terjadi jika seorang murid tidak memiliki NISN.

Beberapa penyebab yang memungkinkannya seorang murid tidak memiliki Nomor Induk ialah terjadinya kelalaian dari Pihak sekolah dalam melakukan Input data, kesalahan penulisan tempat tanggal lahir, ejaan nama siswa/siswi, dan lain sebagainya.

Faktor lain yang juga menjadi penyebab ialah tidak validnya Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) siswa karena tidak diterbitkan Oleh PDSK.

Kenapa Siswa Mempunyai dua NISN ?

Hal tersebut mungkin saja disebabkan oleh adanya data siswa yang ganda karena satuan satuan pendidikan yang baru belum ter-sinkronisasi atau belum memutasi data yang lama.

Apa yang harus dilakukan jika kartu NISN hilang?

Hilangnya NISN sudah menjadi permasalahan yang sering dialami oleh setiap murid “Walau hanya beberapa”, namun hal tersebut sangat menghwaatirkan. Untuk mengatasi masalah tersebut, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan.

  1. Yang pertama melapor ke pihak sekolah. Setelah itu, kamu harus mengunjungi laman kemen dikbud untuk menghafal nomor NISN mu sebab nomor tersebut akan banyak digunakan untuk keperluan akademis.
  2. Selanjutnya kamu hanya perlu menunggu tindakan dari sekolah karena sudah melapor. Biasanya sekolah akan memberikan solusi yang berbeda bagi kasus kehilangan kartu NISN yang berbeda.

Bagaimana Cara Cek NISN?

Setelah mengetahui penjelasan diatas, mungkin kamu juga bertanya Bagaimana Cara Mengecek NISN Nomor Induk Siswa Nasional ?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut kami telah merangkum penjelasannya dibawah. Silahkan simah rangkumannyadengan baik.

 

Cara Cek Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)

Sebetulnya untuk melakukan pengecekan Nomor Induk Siswa Nasional bagi anak yang sedang menempuh pendidikan pada jenjang tertentu sangatlah mudah, anda bisa melakukan pengecekan dengan cara berikut :

Cek NISN Berdasarkan Nama siswa

Untuk cara mengecek nisn berdasarkan nama siswa dapat anda lakukan dengan cara berikut :

  1. Kunjungi situs resmi untuk mengecek NISN kamu melalui tautan ini.
  2. Isikan Nama kamu di kolom yang telah disediakan.
  3. Selanjutnya isi Tempat Tanggal Lahir.
  4. Selanjutnya masukkan juga Nama Ibu kandung/Wali murid.
  5. Biasanya kamu akan diminta untuk melakukan verifikasi captcha atau “Saya bukan robot”.
  6. Jika ada sudah mengisi biodata sebelumnya dan telah melakukan verifikasi captcha kamu dapat langsung mengklik tombol Cari Data yang terdapat dibagian bawah kolom isian kode captcha disitus tersebut
  7. Jika semua data yang di Input pada fom login sudah benar maka akan menuju ke halaman selanjutnya yang berupa data yang berisikan NISN, Nama, Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, Tempat Lahir, dan juga keterangan Status Aktif.

Kurang lebih seperti gambar dibawah ini :

Contoh Nomor Induk Siswa Nasional
Contoh Nomor Induk Siswa Nasional

Cara mencari NISN berdasarkan nama sekolah

Untuk cara mencari NISN berdasarkan nama sekolahnya, kamu bisa lihat dengan secara online pada laman Dapodik dasmen NISN, caranya ialah :

  1. Buka browser pada komputer Anda lalu kunjungi Laman Ini.
  2. Setelah laman pencarian NISN berdasarkan sekolah tersebut terbuka, maka pilih menu pencarian berdasarkan NISN.
  3. Selanjutnya ialah masukkan nomor NISN siswa yang akan kita cari Nomor Induknya.
  4. Masukkan nama ibu kandung secara lengkap dan sesuai.
  5. Kemudian tekan tombol “Cari“.

Maka pencarian NISN berdasarkan sekolah yang kamu cari akan sesuai dengan data yang kamu lihat.

Cek Identitas Peserta Didik dengan NISN

Cara ini diperuntukan bagi kamu yang sudah mengetahui NISN yang kamu miliki, namun ingin memastikan bahwa data peserta didik sudah sesuai.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan ialah mengunjungi situsnya terlebih dahulu dengan cara Klik disini.
  2. Selanjutnya Isi kotak formulir yang tersedia, seperti memasukan NISN, nama ibu kandung, serta kode capthcha untuk mem-verifikasi bahwa anda bukan robot.
  3. Jika sudah, klik tombol “Cari data” di pojok kiri bawah (Tepat dibawah kolom isian kode captcha).
  4. Jika NISN, dan kode captcha yang diinput sudah sesuai, maka akan muncul kota berisi informasi lengkap sesorang siswa.

Demikianlah rangkuman mengenai Cara Cek Nomor Induk Siswa Nasional atau NISN yang dapat saya bagikan kepada kalian semua. Semoga artikel ini dapat dipahami dengan mudah tanpa kekeliruan sedikpun.

NOTE

Jika ada tautan yang tidak aktif atau tidak berfungsi dengan baik silahkan berkomentar di kolom yang tersedia.

Terimakasih dan semoga bermanfaat


Gambar Gravatar
Sangat mengutamakan relevansi, sehingga kami ter-Obsesi untuk menyajikan informasi yang berkualitas

4 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.