Teknik Gerakan Yang Lebih Dominan Digunakan Dalam Renang Gaya Bebas

Teknik Gerakan Yang Lebih Dominan Digunakan Dalam Renang Gaya Bebas

Diposting pada

Yang menjadi pertanyaannya ialah “Apa gerakan yang lebih dominan digunakan dalam renang gaya bebas?” Teknik gerakan yang lebih dominan digunakan dalam renang gaya bebas adalah Gerakan lengan serta Teknik pukulan kaki.

Seperti yang kita ketahui, berenang merupakan salah satu cabang olahraga yang banyak diminati oleh semua orang saat ini, secara teknik olahraga di lakukan di dalam air dan tidak semua orang bisa melakukannya secara sempurna, pasalnya cabang olahraga ini memiliki teknik dasar yang harus dikuasai oleh perenangnya. Jika seseorang tidak bisa menguasai teknik gerakan tersebut, maka ia tidak akan bisa menguasai olahraga ini dengan baik

Namun jika seseorang memiliki keyakinan yang tekun untuk mempelajarinya dengan benar serta didukung dengan teknik berenang melalui instruktur maka ia berkememungkinan untuk menguasai atau bisa melakukan olahraga berenang ini dengan baik dan benar tanpa dikhawatirkan oleh kedalaman air.

Seperti yang telah saya jelaskan dalam postingan sebelumnya terkait teknik dasar renang gaya bebas, gambaran gaya dalam olahraga renang merupakan sebuah cara untuk melakukan suatu gerakan renang yang terdiri dari beberapa gerakan seperti lengan dan tungkai yang dikoordinasikan dengan gerakan kaki yang dinamis disertai disertai dengan keselarasan dari gerakan-gerakan tersebut. Dengan begitu gerakan koordinasi tersebut bisa membuat seorang dapat meluncur di dalam air.

lihat juga: Renang Gaya Dada

Adapun beberapa macam gaya berenang ialah sebagai berikut:

  • Renang Gaya dada: gaya dada meruapakn teknik renang yang paling banyak digunakan gunakan oleh para perenang yang baru belajar, asal usul teknik renang gaya ini adalah terinspirasi dari hewan katak karena memiliki gerakan yang hampir sama dengan katak pada saat berenang di air maupun kolam.
  • Renang Gaya Bebas: gaya bebas adalah teknik berenang yang mempergunakan seluruh anggota tubuh untuk digerakkan, bagian tubuh yang lebih dominan digerakan ialah tangan dan kaki dalam melakukan gerakan meluncur didalam air. Gaya ini bisanya di pelajari secara otodidak bagi setiap orang yang ingin belajar dengan bertujuan agar dapat meluncur di dalam air.
  • Renang Gaya Kupu kupu: Gaya renang yang satu ini diperoleh dari gaya dada yang sudah dikembangkan sedemikian rupa. Gaya kupu-kupu memerlukan kekuatan yang cukup besar khususnya di arena lengan dan kaki untuk mendapatkan luncuran yang cepat, karena dalam mengaplikasikan gaya ini melibatkan seluruh anggota tubuh untuk digerakkan.
  • Renang Gaya Punggung: Gerakan renang dengan gaya memposisikan area punggung menghadap ke permukaan air dengan wajah menghadap ke atas atau langit. Teknik gaya punggung ini sering di perlombakan dan pada pelaksanaannya diharuska bagi setiap perenang untuk bisa mengatur posisi tangan dan kaki dengan benar agar dapat melaju di dalam air, saat melakukan renang ini perenang diharuskan untuk menghitung gerakannnya sebagai petunjuk apakah dia sudah sampai di ujung kolam..

 


Gambar Gravatar
Sangat mengutamakan relevansi, sehingga kami ter-Obsesi untuk menyajikan informasi yang berkualitas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.