close

ASEAN Didirikan Pada Tanggal…

ASEAN adalah singkatan dari (Association of Southeast Asian Nations) yang merupakan sebuah organisasi geopolitik dan ekonomik dari negara-negara asia tenggara. Organisasi ini beranggotakan 10 negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Brunei darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja. Namun tahukah kamu ASEAN berdiri pada tangal berapa..?

Tentunya kita suda mempelajarinya sejak duduk di bangku SD, namun karena manusia merupakan mahluk yang tidak luput dari kesalahan, maka sering kali kita lupa terhadap beberapa ilmu yang sudah dipelajari sejak duduk di bangku SD.

Maka dari itu kami akan mengulas mengenai sejarah beririnya ASEAN. Berikut penjelasannya.

Sejarah Berdirinya ASEAN

Seperti yang kita ketahui, Indonesia merupakan salah satu negara yang tergabung kedalam anggota ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) atau (Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara).

ASEAN sendiri merupakan sebuah organisasi yang mencakup negara-negara di asia tenggara dan menjadi wadah kerjasama antara 10 negara di yang tergabung didalamnya.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, negara-negara anggota ASEAN masih aktif hingga saat ini ialah Indonesia, Malaysia, Thailand, Brunei Darussalam, Filipina, Singapura, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja.

ASEAN didirikan pada tanggal 8 Agustus tahun 1967 di Bangkok, Thailand. Dengan diwakili oleh lima wakil negara dari masing-masing negara Asia Tenggara. Yaitu:

  1. Adam Malik : Menteri Luar Negeri Indonesia
  2. Tun Abdul Razak : Wakil Perdana Menteri Malaysia
  3. Narciso Ramos : Menteri Luar Negeri Filipina
  4. S. Rajaratnam : Menteri Luar Negeri Singapura
  5. Thanat Khoman : Menteri Luar Negeri Thailand
Pos Terkait:  Pohon ek atau oak banyak dijumpai dan tumbuh dengan baik di negara

Kelima wakil negara dari Asia Tenggara tersebut menandatangani Deklarasi ASEAN (The ASEAN Declaration. Atau lebih dikenal dengan Deklarasi Bangkok.

Kesimpulan

Sebutan Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) atau yang juga dikenal dengan (Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara) merupakan sebuah organisasi geopolitik dan ekonomi dari negara-negara di kawasan Asia yang didirikan tanggal 8 Agustus 1967.

Jadi, ASEAN didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di kota Bangkok (Thailand)

Lihat juga : Batas wilayah asean berdasarkan letak geografisnya

Demikianlah penjelasan mengani sejarah berdirinya organisasi ASEAN, semoga bermanfaat.