close

Keberadaan Gurun Di Australia Terjadi Karena…

Keberadaan Gurun Di Australia Terjadi Karena – Gurun di Australia memiliki area yang sangat luas, yaitu sekitar 1.371.000 km2. Dengan kata lain, gurun di australia ini meliputi 18% dari luas daratan benua tersebut. Perlu kita ketahui bahwa 35% dari benua Australia hanya sedikit yang mengalami hujan.

Gurun di Australia termasuk gurun yang hanya menerima curah hujan dengan intensitas yang rendah. Curah hujan di gurun tersebut jika dihitung berdasarkan frekuensi tahunan rata-ratanya kurang dari 100 mm. intensitas hujan disana juga tidak signifikan pada saat musim panas terutama di pedalamannya.

Meski intensitas curah hujannya yang begitu rendah, bukan berarti gurun ini tida ditumbuhi tanaman sama sekali, ada beberapa jenis tanaman yang tumbuh disana, namun varietas tanaman yang tumbuh di gurun tersebut masih sangat terbatas.

Benua Australia memiliki luas daratan yang begitu besar, (Luas daratan negara tersebut hampir empat kali luas daratan di Indonesia), akan tetapi tidak semua kawasan di Benua tersebut dipenuhi dengan pepohonan dan tanaman lain layaknya di nusantara.

Sebaliknya, sebagian besar dari benua Australia ini cenderung ditutupi oleh gurun yang begitu luas. Nah, yang jadi pertanyanya ialah “Mengapa Australia memiliki wilayah gurun yang sangat luas”, padahal posisinya cukup dekat dengan negara Indonesia dengan iklim tropis yang membuatnya sangat subur?

Pos Terkait:  34 Provinsi di Indonesia dan Ibukotanya Secara Berurutan

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kami akan membagikan informasinya dengan rangkuman penjelasan yang singkat, namun padat. Berikut penjelasannya.

Keberadaan Gurun Di Australia

Keberadaan gurun di Australia terjadi karena Australia terletak di kawasan yang mengalami penurunan massa udara. Semakin rendah massa udara, maka akan semakin banyak pula udara yang akan memanas sehingga menyebabkan kekeringan di kawasan tersebut.

Sebaliknya, semakin tinggi massa udara maka semakin tinggi pula massa airnya. inilah yang menyebabkan wiliayah Australia cenderung kering, karena memang hal tersebut disebabkan oleh massa udara yang rendah.

Fakta Tentang Gurung Australia

Beberapa gurun di Australia menawarkan pemandangan yang begitu indah seperti bebatuan hingga ngarai yang cukup indah serta dapat memanjakan mata setiap orang, terlebih lagi gurun ini memiliki pasir yang berwarna.

Itulah mengapa banyak wisatawan yang rela datang jauh-jauh ketempat ini. disisi lain mereka bisa menemukan berbagai tanaman yang unik serta hewan-hewan yang hanya bisa ditemukan di padang pasir.

Gurun di australia juga beberapa fakta unik dibalik, yaitu :

  • Gurun di Australia terdiri dari sekitar 18% total gurun di benua tersebut, sekitar 35% dari benua Australia ini menerima curah hujan yang sedikit, sehingga diklasifikasikan sebagai gurun.
  • Hanya 3% dari penduduk benua Australia yang tinggal di lahan yang kering, sedangkan 70% sisanya cenderung memilih untuk memilih tinggal di daerah pesisir pantai.
  • 70% dari luas wilayah benua ini diklasifikasikan sebagai wilayah yang gersang atau kering, hal tersebut ditandai dengan curah hujan kurang dari 500 mm per tahun-nya.
  • Data di atas membuat benua Australia disebut sebagai benua yang terkering. (FYI, Antartika adalah benua terkering di dunia).
Pos Terkait:  Pohon ek atau oak banyak dijumpai dan tumbuh dengan baik di negara

Kini gurun di Australia ini menjadi tempt yang opuler karena banyaknya wisatawan yang berkunjung untuk mencari berlibur dan mencari sesuatu yang berbeda.

Mereka datang untuk menikmati pemandangan menakjubkan yang mungkin tidak ada di negara asal mereka. Australia juga tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang indah saja. Di benua tersebut juga ada beberapa kota dan pantai yang sangat indah dan juga kerap dikunjungi oleh wisatawan diberbaga negara.

Lihat juga : Batas wilayah asean berdasarkan letak geografisnya

Demikianlah penjelasan mengenai alasan dibalik keberadaan gurun di australia. Semoga artikel yang kami rangkum bisa menambah wawasan anda. Semoga bermanfaat