Pohon ek atau oak banyak di jumpai dan tumbuh dengan baik di negara

Pohon Ek Atau Oak Banyak Dijumpai Dan Tumbuh Dengan Baik Di Negara…

Diposting pada

Pohon Ek Atau Oak Banyak Di Jumpai Dan Tumbuh Dengan Baik Di Negara Pohon Ek adalah istilah yang berasal dari bahasa Belanda yaitu Eik, sebagai penyebutan untuk nama dari ratusan spesies pohon dan semak dalam genus “Quercus”.

Dalam bahasa Inggris tanaman ini disebut dengan nama Oak “Tarbantin” dan beberapa genus yang masih satu keluarga dengan tanaman ini terutama “Cyclobalanopsis” dan “Lithocarpus”.

Tanaman ini berasal dari belahan bumi utara, dan termasuk kedalam spesies tanaman peluruh dan hijau abadi yang menyebar dari kawasan yang dingin hingga kawasan Asia dengan tropis dan Amerika.

Spesies tanaman dari genus Quercus yang tersebar di Indonesia ialah tanaman mempening “Quercus argentata” dan pasang jambe “Quercus gemelliflora”.

Deskripsi

Berikut merupakan tabel klasifikasi dari tanaman Ek atau Oak:

KerajaanPlantae
DivisiMagnoliophyta
KelasMagnoliopsida
OrdoFagales
FamiliFagaceae
GenusQuercus L.

Pohon Ek atau Oak banyak di jumpai tumbuh dengan baik di negara Inggris, tepatnya di Benua eropa. Pohon oak atau ek ini merupakan salah satu jenis pohon yang hidup di bumi belahan Utara.

Pohon ini dapat hidup dan tumbuh dengan baik di berbagai hutan, termasuk pada daerah beriklim sedang, Mediterania serta kawasan yang beriklim tropis.

Pohon oak biasanya dapat tumbuh tinggi mencapai 70 meter. Berdasarkan habitatnya pohon oak dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:

  1. Quercus: Jenis pohon yang dapat tumbuh di bumi bagian utara yaitu Benua Eropa, dan Amerika. Contohnya adalah pohon oak jurupa yang termasuk dalam spesies “quercus palmeri” atau palem.
  2. Cyclobalanopsis: Jenis pohon yang dapat tumbuh di daerah Asia seperti Jepang, Taiwan, dan Korea.
  3. Cork oak: Jenis pohon yang tumbuh dengan baik di Portugis, Spanyol, dan Maroko. Jenis pohon yang memiliki karakter batang yang kokoh daun yang rindang, daya tahan batang dari tanaman serta kekuatan cabang cabangnya sangat kuat dan sistem akarnya-pun sangat besar serta sensitif terhadap karakteristik tanah dengan pH tertentu dan kadar air yang cukup. Tanaman ini juga memiliki karakteristik yang unik, yaitu ponoh ini akan menggugurkan daunnya ketika musim gugur tiba meskipun warnanya tetap berubah kecoklatan.

Pohon oak juga dapat dijadikan sebagai bahan dalam pembuatan bangunan, seperti pembuatan kapal, furniture dengan bahan dasar kayu, dan lain sebagainya.

Sedangkan buahnya juga bisa dimanfaatkan sebagai tepung untuk membuat kue. Berikut ini informasi mengenai tempat atau lokasi yang biasanya ditumbuhi oleh tanaman Aok.

  1. Canbera merupakan sebuah lokasi yang berada di Australia dan berada pada iklim sedang
  2. Australia Bagian Utara yang beriklim tropis ialah: Australia barat bagian utara, Pulau Natal, Australia utara, Queensland, dan Keeling
  3. Sedangkan kawasan Australia yang beriklim Subtropis ialah: New South Wales, Tasmania, Australia Selatan, Wilayah ibukota, Victoria

lihat juga:

Demikianlah informasi mengenai karakteristik dan tempat tumbuhnya pohon Oak atau Ek. semoga bermanfaat


Gambar Gravatar
Sangat mengutamakan relevansi, sehingga kami ter-Obsesi untuk menyajikan informasi yang berkualitas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.