close

Jelaskan Mengapa Negara Singapura Lebih Berfokus Pada Perdagangan Dan Industri

Seperti yang kita ketahui, Singapura merupakan negara terdekat Indonesia dan termasuk ke dalam salah satu negara yang berfokus pada perdagangan dan industri untuk memajukan perekonomian negaranya.

Dalam artikel ini akan kami jelaskan mengapa negara singapura lebih berfokus pada perdagangan dan industri. Jadi kamu bisa mengetahui jawabannya dalam rangkuman penjelasan ini.

Pembahasan

Singapura merupakan negara yang terletak dalam posisi geografis yang sangat strategis. Posisi Negara Singapura dekat dengan Selat Malaka yang merupakan penghubung antara Asia Timur dengan India, Timur Tengah, Eropa dan Afrika.

Dengan kata lain, letak geografis negara Singapura terletak di semenanjung Malaya dan menjadi bagian dari Asia Tenggara. Pernyataan ini disebutkan dalam buku berjudul 300 Wonderful Destinations yang disusun oleh Maria Fransiska Merinda (2017:307).

Dengan posisi strategis inilah, banyak perusahaan dari negara asing yang mendirikan perusahaan-nya di Singapura dengan alasan sebagai pusat distribusi untuk bahan baku dan produk industri.

Lihat juga : Negara Yang Terletak Paling Utara di ASEAN

Dibawah ini merupakan beberapa pemaparan dari pertanyaan mengapa negara singapura lebih berfokus pada perdagangan dan industri :

  • Letak geografis Singapura yang strategis, yaitu berada di Selat Malaka dan Selat Singapura, yang merupakan penghubung antara Asia Timur dengan India, Timur Tengah, Eropa dan Afrika sehingga memungkinkan bagi ini untuk menjalankan sektor industri dan perdagangan
  • Singapura tidak memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang cukup besar untuk diolah.
  • Singapura Memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang cukup kompeten di bidangnya

Kesimpulan

Alasan mengapa negara Singapura lebih fokus pada perdagangan dan industri yaitu karena lokasinya yang strategis dan berada pada jalur perdagangan Selat Malaka dan Selat Singapura.

Pos Terkait:  ASEAN Didirikan Pada Tanggal...

Jadi jawaban dari soal “Jelaskan mengapa negara singapura lebih berfokus pada perdagangan dan industri ialah” karena letak geografis Singapura yang strategis.

Disisi lain, Singapura tidak memiliki sumber daya alam yang banyak untuk dikelola, itulah mengapa negara Singapura lebih berfokus pada industri dan perdagangan