close

Tari Saman Berasal Dari Daerah…

Tari Saman Berasal Dari – Tari saman merupakan salah satu seni tari tradisional asal indonesia yang sangat terkenal, bukan hanya familiar di telinga warna negara indonesia saja melainkan sudah dikenal seluruh manca negara.

Hal tersebut dibuktikan dengan berita baik mengenai Tari Saman yang telah ditetapkan UNESCO sebagai Daftar Representasi Budaya Tak Benda Warisan Manusia (Intagible Elements of World Curtular Heritage) sejak tangga 24 November tahun 2011 lalu.

Namun tahukan kamu dari mana tari saman ini berasal.. ?

Dalam artikel ini kami akan membahas secara singkat mengenai tari saman guna untuk menjawab pertanyaan “Tari sama berasal dari daerah mana..?”. Berikut pembahasannya.

Tari saman berasal dari
src: indonesiabaik.id

Pembahasan

Tari Saman adalah seni tari (tarian) yang berasal dari Suku dataran tinggi, yaitu Gayo pada abad ke-XIV Masehi yang dimana tarian ini biasa akan ditampilkan ketika perayaan atau dalam peristiwa-peristiwa penting di dalam adat suku tersebut.

Dalam beberapa literatur menyebutkan bahwa Tarian Saman ini dikembangkan oleh seorang seniman yang bernama Syekh Saman yang juga merupakan seorang ulama asal Gayo dari Aceh Tenggara.

Suku Gayo sendiri berasal dari Provinsi Aceh. Selain dari Tari Saman, Suku Gayo ini dikenal juga dari seni bertutur yang disebut dengan nama Didong.

Pos Terkait:  10 Contoh Seni Rupa Murni dan Penjelasannya

Seperti yang kita ketahui. Saat ini, Tari Saman sudah menjadi salah satu tarian yang paling popoler dari Indonesia bahkan hingga dikenal seluruh mancanegara dengan nama tarian athousand hand dance (seribu tangan).

Fungsi dari tarian ini, selain sebagai media dakwah, tari saman juga menjunjung aspek-aspek pendidikan, yang didalamnya terdapat unsur-unsur penting kehidupan seperti sopan santun, kekeluargaan, kebersamaan, dan beranian.

Tarian ini ditampilkan dengan cara duduk rapi, dan berjajar bersaama penari-penari lainnya dan dilakukan secara teratur, hal ini menjadi pembeda dengan tarian lainnya yang biasanya melakukan gerakan bebas.

Gerakan menepuk dan tempo syair yang khas menjadikannya sangat istimewa karena semua gerakan yang dilakukan oleh para penari bisa berjalan seirama.

Oleh karena itulah, gerakan Tari Saman ini tidak dilakukan hanya oleh satu orang saja. Para penari yang memadukan gerakan menepuk pundak dan tangan ini pasti dilakukan beramai-ramai, biasanya lebih dari dua orang bahkan bisa sampai ratusan orang.

Lihat juga : Tari Reog Berasal dari daerah

Gambar Tari Saman

Berikut merupakan koleksi foto/gambar tarian saman yang diambil dari beberapa pentas tari tersebut.

gambar tari saman
gambar tari saman

 

Foto tari saman
Foto tari saman yang dimainkan oleh pria

 

Gambarkan tarian saman
Gambarkan tarian saman

 

Gambar tarian saman
Gambar tarian saman

 

gambar tari saman dari aceh
gambar tari saman dari aceh