close

Tari Pendet Berasal Dari Daerah…

Tari Pendet Berasal Dari – Beberapa watu lalu, tari pendet sempat menjadi sorotan media di Indonesia setelah tampil dalam program televisi “Enigmatic Malaysia Discovery Channel”.

Pihak pemerintah Malaysia sendiri merasa tidak bertanggung jawab atas tampilnya iklan tersebut karena dibuat oleh Discovery Channel Singapura.

Meski begitu, pihak Discovery TV telah mengirimkan surat permohonan maaf terhadap kedua belah pihak, dan mau bertanggung jawab.

Insiden penayangan tari pendet dalam program televisi Malaysia ini sempat memicu sentimen Anti-Malaysia di Indonesia.

Kita semua memang sama-sama tau bahwa Tari pendet ini merupakan salah satu dari sekian banyaknya warisan budaya dari Indonesia, (Namun tahukan kamu tari pendet ini berasal dari daerah mana?)

Sebagai warga negara +62 yang cinta tehadap Nusantara, tentunya kita harus terlibat dalam menjaga keanekaragaman di Tanah Air agar tidak diambil oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Secuil pengetahuan saja mengenai asal-usul sebuah kaya seni terutama yang menjadi warisan budaya tentunya menjadi salah-satu bentuk kita untuk mempertahankannya.

Untuk itu, kami akan merangkum pembahasan mengenai Tari pendet ini dengan rangkuman penjelasan yang singkat namun padat informasi.

Tujuan dari dipublikasikannya rangkuman ini bukan hanya untuk menjawab pertanyaan diatas saja, melainkan untuk memberi pemahaman mengenai Tarian tradisional Indonesia ini.

Pos Terkait:  Tari Merak Berasal Dari Daerah...

Berikut penjelasannya kami rangkum untuk anda.

Definisi Tari Pendet

Tari Pendet pada awalnya merupakan tarian pemujaan yang banyak diperagakan di pura, tempat ibadah umat Hindu di Bali, Indonesia. Makna dibalik peyelenggaraan Tarian ini yaitu melambangkan penyambutan atas turunnya dewata ke alam dunia.

Namun seiring perkembangan zaman, para seniman di Bali mengubah Pendet menjadi “ucapan selamat datang”, meski demikian, tarian tradisional ini tetap mengandung makna yang religius.

Tari yang berasal dari pulau Dewata ini memiliki pola gerak yang lebih dinamis daripada seni Tari lainnya seperti Rejang yang dibawakan secara berkelompok atau berpasang-pasangan.

Biasanya tari Pendet ditampilkan setelah Tari Rejang di halaman pura dan biasanya menghadap ke arah suci (pelinggih).

Dalam pagelarannya, para penari akan mengenakan pakaian upacara dan masing-masing membawa property yaitu sangku, kendi, cawan, dan perlengkapan sesajen lainnya. Pencipta dan koreografer bentuk modern dari tarian ini adalah “I Wayan Rindi”.

Gambar Tari Pendet

Sebagai gambaran saja, berikut kami cantumkan pula beberapa foto atau gambar tari pendet yang diambil dari pementasannya.

Tari Pendet, Tarian Penyambutan Tamu khas Pulau Bali
gambar tari pendet bali
Gambar tari pendet bali

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas, kita bisa mengutip kesimpulan bahwa Tari Pendet berasal dari daerah (Pulau Dewata Bali).

Pos Terkait:  Tari Kecak Berasal Dari Daerah...

Tarian ini merupakan seni tarian pemujaan di pura atau tempat ibadat umat Hindu di Bali Indonesia. Disisi lain, tarian ini melambangkan penyambutan atas turunnya dewata ke alam dunia.

Tari Pendet yang berasal dari daerah Bali ini menggunakan beberapa properti tari berupa bokor, yaitu semacam nampan yang berisi bunga-bungaan yang nantinya bunga-bunga tersebut akan ditaburkan kepada para tamu.

Selain Bokor, property tari pendukung dalam Tarian Pendet ini meliputi mahkota, tapih, selendang, serta gelang.

Lihat juga :

Demikianlah pembahasan mengenai Tari pendet yang berasal dari pulau dewata bali, semoga bermanfaat