close

Tari Saman Menggunakan Pola Lantai…

Pola Lantai Tari Saman – Pola lantai yang digunakan pada tarian Saman adalah… 

Dalam artikel ini kita akan sama-sama mengupas materi mengenai pola lantai yang digunakan dalam Tarian yang berasal dari aceh, yaitu Tari Sama.

Pola lantai sendiri merupakan sebuah pola atau denah yang dilakukan oleh para penari dengan perpindahan, pergerakan, dan pergeseran posisi dalam sebuah ruang (space) untuk menari.

Pola lantai sendiri berfungsi untuk membuat dan mengatur posisi dalam sebuah ruang gerak para penari. Dengan kata lain, dalam sebuah tarian (terutama tari kelompok) pola lantai dibuat untuk memperindah sebuah pertunjukan karya tari dengan mengutamakan estetika gerak yang serasi.

Oleh karena itu dalam pembuatan pola lantai harus memperhatikan beberapa hal, antara lain bentuk pola lantai, maksud atau makna pola lantai, jumlah penari, ruangan atau tempat pertunjukan, dan gerak tari.

Penampilan gerak tari tidak terlepas dari desain garis dan desain pola lantai. Ada dua jenis desain garis yaitu garis lurus dan garis lengkung.

Pada desain garis lurus memberikan kesan lembut tetapi juga lemah. Garis-garis mendatar memberikan kesan istirahat, sedangkan garis-garis yang tegak lurus memberi kesan ketenangan dan keseimbangan.

Pos Terkait:  Seni Ukir - Pengertian, Jenis-Jenis dan Fungsi Seni Ukir

Garis melingkar atau melengkung memberi kesan manis, sedangkan garis menyilang atau diagonal memberikan kesan dinamis atau kuat.

Desain-desain garis tersebut di atas, tidak hanya dapat dibuat dengan garis-garis tubuh dan tangan serta kaki penari, tetapi dapat juga dibentuk dari jejak atau garis-garis yang dilalui oleh seorang penari atau garis di lantai yang ditinggalkan oleh penari.

Pola lantai juga dapat menggunakan properti yang digunakan oleh penari baik jenis penyajian tari tunggal, berpasangan maupun kelompok. Properti yang digunakan penari dapat membentuk desain atas maupun desain bawah.

Pola lantai vertikal (lurus) seperti pada Tari Saman menampilkan kesan sederhana tapi kuat. Pada pola lantai ini, penari membentuk garis vertikal, yaitu garis lurus dari depan ke belakang atau sebaliknya. Pola lantai ini banyak dipakai pada tari klasik.

Pola Lantai Tari Saman

Pola lantai yang digunakan dalam tari saman ialah pola lantai garis luru, lebih tepatnya lagi ialah menggunakan Pola lantai Hotizontal. Dengan pola lantai ini para penari akan berjajar rapi membentuk garis luru memanjang seperti garis horizontal.

Dalam tari saman, gerakan khas yang dilakukan adalah gerakan tangan dan juga dinamika gerak tubuh yang kompak antara satu dengan lainnya. Maka dari itu untuk dapat melakukan tari Saman, tiap penari perlu banyak melakukan latihan untuk melatih konsentrasi dan juga kekompakan antar penari.

Pos Terkait:  12 Senjata Tradisional Jawa Barat dan Penjelasannya

Untuk lebih jelasnya lagi dapat anda lihat dalam gambar dan keterangannya yang kami cantumkan dibawah ini.

Gambar Pola Lantai Tari Saman

Lihat juga : Tari Saman Berasal Dari Daerah…

Demikianlah pembahasan mengenai pola lantai yang digunakan dalam kesenian tari saman. Semoga bermanfaat dan bisa menjawab pertanyaanmu.