close

Tari Topeng Berasal Dari Daerah …

Tari Topeng Berasal Dari – Keanekaragaman buaya di tanah nusantara tidak lepas dari manusianya sendiri yang terbagai kedalam beberapa suku dimana dalam setiap suku tersebut memiliki caranya sendiri untuk mengekspresikan budayanya dalam berbagai wahana hingga menjadi warisan budaya.

Salah satu kesenian yang menjadi warisan budaya dalam kategori seni tari ialah Tari tipeng. Seni tari yang satu ini sangat populer di kalangan masyarakat.

Bahkan pertunjukan seni tari ini masih eksis hingga kini diaman dalam pentasnya akan dimainkan oleh beberapa orang penari dan pengiring yang paham betul akan karya seni tersebut dengan bertujuan untuk menghibur masyarakat sekitar.

Tari topeng adalah seni tari yang memiliki ciri khas dan menjadi pembeda dari seni tari dari daerah lainnya dimana penarinya akan memakai topeng.

Hal ini tentu bukan tanpa tujuan, dengan adanya properti tari berupa topeng ini menjadi salah satu bagian dari upacara adat atau penceritaan kembali cerita-cerita masyarakat di masa kuno dari para leluhur.

Hal ini dikarenakan pada masanya, masyarakat meyakini bahwa topeng memiliki kaitan erat dimana property tersebut berasal sebagai interpretasi dari roh-roh luhur mereka yang disebut-sebut sebagai dewa.

Dengan mendenar nama Tari topeng saja kita sudah mengetahui bahwa ini merupakan salah satu kesenian tradisional asal Indonesia.

Namun tahukah kamu Tari topeng berasal dari daerah mana ?

Dalam artikel ini kami akan membagikan beragam informasi mengenai Tari topeng ini. Artikel ini ditulis bukan hanya bertujuan untuk menjawab pertanyaan diatas saja, melainkan untuk memberi pemahaman mendalam mengenai Kesenian tersebut.

Pos Terkait:  Contoh Dari Kerajinan Bahan Lunak Buatan

Berikut pembahasannya kami rangkum untuk anda.

Pembahasan

Tari topeng berasal dari daerah

Thomas Stamford Raffles menuliskan dalam sebuah buku yang berjudul The History of Java, dijelaskan bahwa tarian tradisional yang berasal dari Cirebon ini merupakan bentuk penjabaran dari cerita Panji.

Cerita sendiri Panji merupakan sekumpulan cerita yang berasal dari daerah Jawa pada era Kerajaan Kadiri. Pada cerita Panji tersebut menceritakan berbagai kisah tentang kepahlawanan dan cinta dari dua orang tokoh utamanya.

Dalam sejarahnya tertulis bahwa Tari topeng atau yang juga dikenal dengan sebutan kedok ini telah berkembang di beberapa suku Nusantara baik di Jawa, Kalimantan, Sumatra, Sulawesi, bahkan hingga Papua. Tentu dengan ciri khas serta dengan ritual yang sesuai dari masing-masing suku.

Tari topeng merupakan kesenian yang lahir dan berkembang di sekitar wilayah Provinsi Jawa Barat tepatnya di daerah Cirebon.

Namun karya seni yang menjadi salah satu warisan budaya ini berkembang tidak hanya di Cirebon saja, melainkan juga di Subang, Majalengka, Losari, Indramayu, Jatibarang, hingga Brebes di Jawa Tengah.

Untuk topeng yang digunakan dalam seni tari topng di Cirebon biasanya terbuat dari kayu yang lunak sehingga dalam pembuatannya cenderung mudah ketika dibentuk, misalnya seperti kayu jaran, kayu waru, kayu dari pohon mangga, atau bisa juga menggunakan kayu lame.

Meski terbuat dari kayu yang bahan cenderung lunak, namun tetap saja dibutuhkan ketekunan dan ketelitian dalam proses pembuatannya.

Pos Terkait:  Tari Piring Berasal Dari Daerah...

Setidaknya seorang perajin topeng membutuhkan waktu sehari dalam menciptakan satu topeng. Kenapa disebut tari topeng? Pasalnya, penari menggunakan topeng atau kedok sebagai asesoris tariannya, yang berfungsi untuk menutupi wajah penari.

Penggunaan topeng ini juga terkait dengan jenis tarian yang dimainkan, yang tentunya sesuai dengan karakter topeng atau kedok yang dipergunakan.

Sesuai perkembangannya, tari ini mulai beragam ceritanya. Bisa ditampilkan secara solo maupun berkelompok lima sampai tujuh penari.

Dalam pementasannya, dalam satu kelompok tarian terdiri dari satu orang yang berperan sebagai dalang yang menarasikan kisah tarian ini,selanjutnya terdapat enam pemuda sebagai penari topeng dan empat orang pemain gamelan untuk mengiringi pagelaran tarian tersebut.

Pagelaran tari topeng

Dalam pagelarannya, (Dulu) tarian ini biasanya akan diselenggarakan di tempat-tempat yang terbuka seperti di panggung, lapangan terbuka, di blandongan (tenda pesta) dan lain sebagainya dimana panggungnya berbentuk setengah lingkaran dengan penerangan obor.

Namun seiring perkembangan zaman dan teknologi, tari topeng ini mulai dipertontonkan di dalam gedung-gedung menggunakan lampu listrik sebagai tata cahayanya.

Jika merujuk pada tujuan dari pagelaran tari topeng ini secara garis besar terbagi dalam tiga tujuan utama, yakni :

  • Pagelaran Komunal : sebuah pagelaran yang akan diselenggarakan ketika ada kepentingan-kepentingan tertentu bersama masyarakat. Pagelaran yang dipertunjukkan juga sangat menyenangkan dengan tampilan, atraksi seni, arak-arakan dalang, dan lain sebagainya. Acara ini berlangsung kurang lebih dari satu malam.
  • Pagelaran Individual : sebuah pagelaran yang akan diselenggarakan guna untuk memeriahkan acara hajatan yang diselenggarakan perorangan seperti acara pernikahan dan khitanan.
  • Pagelaran Bebarangan : sebuah pagelaran yang dilakukan dengan caa berkeliling kampung yang merupakan inisiatif dari dalang topeng itu sendiri. Pagelaran ini biasa diadakan oleh dalang topeng menuju ke wilayah-wilayah desa yang telah memasuki musim panen.
Pos Terkait:  Tari Reog Berasal Dari Daerah...

Gambar Tari Topeng

Dibawah ini beberapa gambar atau foto tarian topng yang diambil dalam beberapa pementasannya. Bagi kamu yang lupa bagaimana tarian topeng ini dimainkan semoga foto-foto berikut bisa menjadi gambaran.

 

gerakan tari topeng
Gerakan tari topeng

 

gambar tari topeng
gambaran tari topeng

 

Gambar tari topeng

Tari Topeng Berasal Dari

Tari topeng merupakan kesenian yang lahir dan berkembang di sekitar wilayah Provinsi Jawa Barat tepatnya di daerah Cirebon. Dengan kata lain, Tari topeng berasal dari daerah Cirebon (Jawa barat).

Meski begitu, Tarian tradisional ini ada dan lahir juga di beberapa daerah. Umumnya tarian ini memiliki kemiripan dari satu daerah dengan daerah lainnya, yaitu menggunakan topeng dalam pementasannya. beberapa daerah yang juga sebagai tempat lahirnya tarian ini ialah 

  • Tari topeng betawi
  • Tari topeng bali
  • Tari topeng cirebon
  • Tari topeng magelang
  • Tari topeng malang

Sedangkan untuk Tari topeng kuncaran berasal dari daerah Pasundan arau Sunda.

Lihat juga : Tari merak berasal dari daerah…

Demikianlah pembahasan singkat dari kami mengenai gambaran tari topeng. Semoga bermanfaat