close

Bunglon Berkembang Biak Dengan Cara…

Bunglon Berkembang Biak Dengan Cara  – Dari gambaran bunglon secara menyeluruh, kita bisa memahami bahwa bunglon adalah hewan yang termasuk atau sejenis dengan reptil yang berdarah dingin.

Artinya suhu tubuh dari kebanyakan jenis hewan bunglon cenderung dingin, namun suhu bunglon juga cukup bervariativ tergantung dari suhu daerah dab varietasnya juga mereka.

Deskripsi

Hewan yang satu ini terkenal karena karakteristiknya memiliki kemampuan unik, yaitu bisa merubah warna kulitnya sendiri dengan warna atau corak yang tergantung dari tempat yang di diaminya. Misalnya jika bunglon berada di dedaunan hijau, maka warna kulitnya akan berubah menjadi hijau.

Seperti hewan yang hidup disiang hari lainnya, Hewan ini juga beristirahat dan tertidur pada malam hari, mereka menghangatkan tubuhnya sendiri saat di saing hari dengan cara berjemur di bawah sinar matahari.

Jika hewan ini merasa bahwa tubuhnya terlalu hangat, biasanya mereka akan menurunkan suhu tubuhnya dengan berdiam diri di tempat yang teduh. Semua kegiatan yang dilakukan oleh hewan ini, mulai dari mencari makan, hingga proses kamin hewan ini berlangsung selama siang hari.

Cara Bunglon Berkembang Biak

Cara berkembang biak bunglon

Kebanyakan jenis bunglon lebih memilih untuk tetap single atau hidup sendiri (tidak memiliki pasangan). Bunglon jantan lebih protect terhadap wilayahnya sendiri atau ia akan melindungi daerahnya dari gangguan bunglon lainnya.

Pos Terkait:  Lebah Berkembang Biak Dengan Cara...

Yang terjadi sesungunya ialah Jantan dan betina saling bertoleransi hanya sebentar saja selama musim kawin.
Saat musim kawin tiba, bunglon jantan akan mencoba untuk menarik perhatian bunglon betina untuk dapat berkembang biak.

Bunglon jantan akan mencari perhatian dari bunglon betina dengan cara menganggukan kepalanya, menggembungkan tenggorokannya serta menampilkan warna kulit mereka yang terang untuk menarik perhatian betina.

Namun keputusan tetap ada ditangan bunglon betina, bunglon betina dapat menerima atau menolak si pejantan.
Jika betina menolak, ia akan melarikan diri atau mungkin juga dapat menghadapi si pejantan dan mendesis dengan mulut yang terbuka sebagai tanda penolakan.

Selain mendesis, bahkan si betina juga mungkin menyerang dan menggigit bunglon jantan. Yang lebih parah, gigitan serius dari bunglon betina ternyata ini bisa membunuh bunglon jantan.

Meski jenisnya terdapat banyak dan tersebar di berbagai penjuru dunia, namun sebagian besar spesies bunglon ini akan berkembang biak dengan cara bertelur atau yang juga disebut dengan “Ovipar”.

Telur-telur yang dihasilkan nantinya akan ditempatkan di semacam terowongan atau lubang-lubang yang mereka buat sendiri di dalam tanah atau di bawah bebatuan/dedaunan.

Hal ini membuat telur-telur bunglon menjadi dominan dingin dan lembab. Setelah bunglon betina bertelur, mereka akan menutupi area atau telur-telur tersebut dengan kotoran berupa tanah atau dedaunan kering untuk menyembunyikannya dari predator.

Pos Terkait:  Tanaman Cocor Bebek Akan Menumbuhkan Tunasnya Pada Bagian

Bunglon biasanya bertelur setelah melalui periode kehamilan selama kurang lebih 3 sampai 6 minggu pasca mereka kawin.

Meski demikian, ada juga spesies bunglon yang berkembang biak dengan cara beranak dan bukan bertelur, namun hal ini terjadi hanya pada spesies tertentu saja.

Spesies ini sering tinggal di daerah-daerah yang cuacanya sangat dingin atau sedang memasuki musim dingin. Hal tersebut mengharuskan telur-telurnya didalam tubuh indukannya karena jika ditempatkan langsung di tanah mungkin tidak menetas karena dingin dan cendeung membeku.

Sama halnya seperti anak kadal, setelah lahir anak bunglong harus mencari makan sendiri dan mencari tempat tinggalnya sendiri. Sedangkan makanan-makanan bunglon adalah serangga-serangga dan ulat kecil yang hidup di alam bebas.

Kesimpulan:

Dari penjelasan diatas, kita bisa mengutip kesimpulan bahwa bunglon berkembang biak dengan cara bertelur atau Ovipar, prosesnya sendiri melaui yang seksual atau perkawinan antara pejantan dan betina.

Telur-telur yang dihasilkan biasanya akan ditempatkan di lubang-lubang tanah yang mereka buat sendiri atau bahkan sela-sela bebatuan.

Lihat juga:

Demikianlah kajian mengenai perkembangbiakan yang dialami oleh bunglon, semoga informasi tersebut bisa menambah wawasanmu, terimakasih dan semoga bermanfaat.