close

Kucing Berkembang Biak Dengan Cara…

Kucing Berkembang Biak Dengan Cara – Setiap makhluk yang hidup dan tinggal di bumi tentunya memiliki caranendiri dan cenderung berbeda-berbeda dalam mempertahankan diri serta bertahan hidup untuk melanjutkan keturunannya.

Dalam kehidupan mahluk hidup memiliki cara untuk pembentukan kembali keturunan yang baru dengan melalui beberapa cara seperti bertelur dan menetas hingga tumbuh menjadi generasi atau individu baru serta bisa dengan cara lain, yaitu membelah diri menjadi banyak seperti yang dilakukan oleh Amoeba, hingga bertunas seperti Hydra.

Seperti yang kita ketahui, dalam proses reproduksi hewan terbagi menjadi tiga kategori, yaitu Ovipar, Vipipar dan Ovovivipar.

Ovipar Merupakan sebuah proses bagi mahluk hidup untuk berkembang biak dengan cara Bertelur. Vipipar Merupakan sebuah cara berkembang biak dengan cara Melahirkan

Sedangkan Ovovivipar merupakan sebuah cara bagi mahluk hidup untuk berkembang biak dengan cara bertelur dan melahirkan.

Dalam materi kali ini, kita akan membahas mengenai proses reprodukasi salah satu hewan mamalia, yaitu kucing. Untuk makhluk mamalia seperti kucing, cara kucing berkembang biak yaitu dengan melahirkan atau beranak.

Dengan kata lain, Kucing berkembang biak dengan cara vivipar atau melahirkan. Induk kucing juga akan menyusui anak-anaknya hingga waktu yang sudah ditentukan.

Pos Terkait:  Kupu Kupu Berkembang Biak Dengan Cara...

Agar bisa membedakan jenis makhluk hidup berkembang biak dengan cara bertelur, beranak dan lai sebagainya. Dapat diketahui dengan ciri-ciri seperti makhluk yang berkembang dengan cara bertelur seperti ayam hingga kelompok burung yang tidak mempunyai ciri khusus sebagai hewan yang melahirkan.

Hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan anaknya bisanya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Tubuh yang terdapat kelenjar susu.
  • Indera pendengaran berdaun telinga.
  • Hewan Vivipar akan menyusui anaknya karena memiliki kelenjar susu dalam tubuhnya.

Ciri-ciri diatas sesuai dengan beberapa tanda pada kucing sebagai hewan yang berkembang biak dengan melahirkan, yaitu memiliki kelenjar susu dan memiliki telinga yang terdapat daun bertelinga.

Selain kucing, beberapa contoh hewan yang hamil dan melahirkan anaknya ialah :

  • Kambing
  • Kucing
  • Anjing
  • Sapi
  • Keledai
  • Tapir
  • Jerapah
  • Unta,
  • Gajah
  • Dan lain sebagainya.

Semua jenis mahluk hidup yang mengalami kehamilan seperti yang sudah sebutkan satu-persatu diatas, makhluk hidup tersebut disebut hewan mamalia. Hal tersebut diarena-kan proses perkembang biakannya dilakukan didalam tumbuh induknya

Sementara proses berkembang biak makhluk hidup dengan cara bertelur atau yang juga disebut sebagai ovipar ini dilakukan di luar tubuh induknya.

Makhluk hidup yang mampu berkembang biak dengan 2 cara diatas (Bertelur dan melahirkan) disebut dengan Ovovivipar. Contoh dari makhluk hidup yang berkembang biak dengan cara ini biasanya dilakukan oleh kadal dan hiu.

Pos Terkait:  Cocor Bebek Berkembang Biak Dengan Cara...

Cara berkembang biak lain adalah membelah diri dan bertunas. Contoh dari makhluk yang berkembang biak dengan cara tersebut ialah Protozoa, Amoba dan cacing tertentu. Proses perkembangan mereka saat membelah diri dilakukan tanpa percampuran dengan lain.

Lihat juga:

Demikian tulisan cara kucing berkembang biak, yakni dari melahirkan. Semoga bisa bermanfaat untuk pembaca.