close

Cicak Berkembang Biak Dengan Cara…

Cicak Berkembang Biak Dengan Cara – Cicak atau yang sering juga disebut dengan nama cecak adalah salah satu hewan yang termasuk kedalam golongan hewan reptile seperti kadal, dan bunglon.

Namun berbeda dengan kadal yang sering di jumpai di alam bebas, Cicak sering sekali kita jumpai hinggap di tembok-tembok dirumah dan pepohonan.

Biasanya hewan ini memiliki warna yang dominan abu-abu atau coklat bagi setiap cicak. Sama halnya seperti hewa bunglon atau kadal, cicak juga memiliki banyak spesies, dan masing masing dari spesies tersebut memiliki ciri khas dan karakternya sendiri.

Perlu kita ketahui, bahwa sistem reproduksi pada hewan terbagi menjadi 3 cara, yaitu dengan cara Vipar, vivipar, dan ovovivipar. Ketiga cara perkembang biakan ini memiliki proses yang berbeda-beda, yaitu:

  • Ovipar Adalah jenis perkembang biakan hewan dengan cara bertelur
  • Vivipar Adalah jenis perkembang biakan hewan dengan cara beranak
  • Ovovivipar Adalah jenis perkembang biakan hewan dengan cara penggabungan antara ovipar dan vivipara, yaitu bertelur dan melahirkan.

“Lalu cicak berkembang biak dengan cara apa?”.

Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, dapat and abaca rangkuman dibawah ini yang membahas tentang proses reproduksi pada cicak.

Pos Terkait:  Kepiting Berkembang Biak Dengan Cara...

Cara Berkembang Biak Cicak

cara berkembang biak cicak (1)
cara berkembang biak cicak

Kebanyakan cicak akan bereproduksi atau berkembang biak dengan cara bertelur, seperti yang dijelaskan diatas, cara ini disebut juga dengan proses reproduksi ovipar.

Meski begitu, terdapat pula beberapa jenis cicak yang berkembang biak dengan cara bertelur dan beranak atau “ovovivipar”.

Seperti yang telah disinggung sebelunya bahwa perkembangbiakan cicak hampir sama dengan jenis reptil lainnya seperti ular dan buaya.

Cicak betina biasanya akan mengeluarkan dua atau kebih telur saat memasuki satu kali vase kehamilan, Namun jumlah telur tersebut bisa saja lebih banyak, namun hal tersebut tergantung dari jenis cicak itu sendiri.

Bagi kebanyakan jenis cicak biasanya hanya akan bertelur dengan frekuensi sekali dalam setahun, namun pada spesies tertentu proses reproduksinya bisa lebih banyak, yaitu dengan frekuensi empat hingga enam kali bertelur dalam setahun.

Proses Reproduksi Cicak

Sejauh ini ada lebih dari 2000 jenis spesies cicak yang berbeda di seluruh dunia yang diketahui hingga saat ini. Seperti kebanyakan mashluk hidup, cicak juga melakukan reproduksi dengan cara seksual yaitu dengan mekelakukan kopulasi antara cicak jantan dengan cicak betina.

Lalu hasil dari kopulasi tersebut adalah zigot yang nantinya akan berkembang menjadi telur didalam tubuh induknya.

Pos Terkait:  Bintang Laut Berkembang Biak Dengan Cara...

Ada telur yang langsung dikeluarkan oleh induknya, dan ada juga telur yang didiamkan didalam tubuh indukannya hingga telur tersebut menetas, namun terjadinya hal tersebut tergantung dari spesies cicak itu sendiri.

Cara Cicak Melindungi Telur

cara berkembang biak cicak
cara cicak berkembang biak

Berbeda dengan kadal yang menyembunyikan telurnya dibalik batu atau dibawah tanah yang mereka gali, cicak biasanya akan menyembunyikan telur-telur mereka di belakang-belakang lemari, didalam kulit kayu dan dilubang dan tempat-tempat lainnya yang tida dijangkau oleh manusia atau hewan predator lain.

Telur cicak memiliki bentuk yang hampir sama dengan telur burung piput, yaitu berwarna putih dan berukuran kecil.
Lamanya perkembangan telur cicak dari pasca dikeluarkan hingga menetas biasanya membutuhkan waktu sekitar 30 sampai 80 hari, namun tergantung dari spesies cicak itu sendiri.

Meski hewan ini juga bisa berkembang biak dengan cara bertelur dan beranak, namun hanya sebagian kecil dari jenisnya saja yang bisa bereproduksi dengan cara ovovivipar ini.

Itu artinya seekor cicak bisa bertelur dan menyimpan telurnya didalam tubuh indukan hingga menetas yang kemudian akan dilahirkan.

Reproduksi Tanpa Cicak Jantan

Namun pada kondisi, situasi dan jenis cicak tertentu, mereka juga dapat menghasilkan telur tanpa melakukan pembuahan dengan cicak jantan. Dengan begitu, seekor cicak betina bisa melakukan cloning dirinya dalam bentuk telur tersebut sehingga cicak yang dihasilkan akan sangat mirip dengan induknya. Dengan adanya proses ini maka kemungkinan hewan ini unuk punah akan menjadi berkurang.

Pos Terkait:  Karakteristik Kelinci dan Klasifikasinya

Kesimpulan:

Dari penjelasan diatas, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa Cicak adalah hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur (ovipar).

Namun sebagian jenis cicak lainnya bisa bereproduksi dengan cara Ovovivipar atau bertelur dan melahirkan. Meski begitu, hanya sedikit cicak yang bisa bereproduksi dengan cara ini, itupun tergantung dari situasi dan jenis cicaknya sendiri.

Lihat juga:

Demikianlah informasi mengenai proses reproduksi yang dialami oleh cicak, semoga informasi yang kami rangkum bisa menambah wawasan anda. Terimakasih dan semoga bermanfaat.