close

Kuda Laut Berkembang Biak Dengan Cara…

Kuda Laut Berkembang Biak Dengan Cara – Kuda laut memiliki kepala yang bentuknya seperti kepala kuda dengan moncong yang agak panjang. Bentuk tubuhnya pun tergolong unik karena membentuk huruf “S” dan
terdapat sebuah mahkota di kepalanya.

Kuda laut memiliki tubuh yang lunak terbungkus oleh eksoskeleton yang keras dan juga beduri. kuda laut merupakan hewan dari Family ikan Pisces yang bergerak dengan anggun di kedalaman air. Panjang tubuh Kuda Laut dewasa umumnya bisa mencapai 30 centimeter dan memiliki ekor panjang yang panjang dan digunakan sebagai “berpegangan” pada terumbu karang di dalam air agar ia tak terseret atau terbawa arus.

Selain itu, kuda laut juga memiliki sirip kecil dan terdapat dibagian punggungnya yang dapat digunakan sebagai motor penggerak saat ia hendak berpindah tempat. Keunikan lain yang terdapat pada Kuda Laut adalah pada proses berkembang biak atau proses reproduksinya, dimana yang melahirkan anak-anaknya adalah Kuda Laut jantan dan bukan kuda laut betina.

Cara Berkembang Biak Kuda Laut

Kuda Laut jantan dan betina akan saling bekejaran saat musim kawin tiba. Ketika kuda laut menemukan pasangan yang cocok, Kuda Laut jantan dan betina akan saling mengaitkan ujung ekornya antara satu sama lain, hingga sangat mirip dengan gandengan tangan pada manusia.

Pos Terkait:  Ikan Paus Berkembang Biak Dengan Cara…

Proses kawin ini di mulai dengan Kuda Laut betina yang akan mentransfer telur-telurnya terlebih dulu ke sebuah kantung khusus yang terdapat pada perut Kuda Laut jantan yang disebut sebagai kantung pengeraman (Brood Pouch).

Kuda Laut betina umumnya telah bertelur sebelum ia kawin dengan pejantan, sedangkan telur-telur tersebut dihasilkan secara otomatis ketika Kuda Laut betina tersebut telah mencapai usia kematangan seksual. Telur yang ditransfer Kuda Laut betina ke dalam kantung pengeraman Kuda Laut jantan dapat mencapai ratusan bahkan ribuan butir telur.

Setelah betina selesai mentransfer telur-telurnya, Kuda Laut jantan akan segera melepaskan sperma untuk proses pembuahan. Pembuahan ini dikenal dengan pembuahan di luar tubuh atau (Fertilisasi Eksternal).

Proses Perkembangbiakan Kuda Laut

Setelah proses perkawinan selesai, Kuda Laut jantan akan mengerami telur-telur yang ada pada kantung pengeraman di perutnya dengan bantuan semacam plasenta yang berfungsi sebagai tempat pertukaran oksigen. Pengeraman telur oleh Kuda Laut jantan berlangsung selama 10 sampai 14 hari

Kuda Laut jantan kemudian akan melahirkan anak-anaknya dalam waktu sekitar 30 menit. Jumlah bayi yang dilahirkan dapat mencapai ratusan hingga ribuan. Saat dilahirkan bayi Kuda Laut memiliki ukuran tubuh sekitar 6 hingga 12 milimeter dan masih sangat rentan terhadap ancaman predator. Makanannya bayi Kuda Laut berupa Krustasea yang sangat kecil, sementara Kuda Laut dewasa memakan Zooplankton dan Udan kecil.

Pos Terkait:  Dugong Berkembang Biak Dengan Cara…

Kesimpulan:

Kuda laut berkembang biak dengan cara bertelur dan melahirkan (ovovivipar) Kuda laut adalah kelompok 45 spesies ikan laut kecil dalam genus Hippocampus. Kuda laun memiliki ciri khas yaitu bentuk kepala dan leher yang mirip kuda. Kuda laut juga memiliki kulit keras, postur tegak dan ekor yang dapat melengkung.

Kuda laut terutama ditemukan di lautan tropis dan dangkal di seluruh dunia. Mereka tinggal di daerah terlindung seperti padang lamun, muara, terumbu karang, dan hutan bakau. Dalam berkembang biak, kuda laut memiliki cara yang unik dan jauh berbeda dengan ikan pada umumnya.

Tidak seperti pada ikan lain yang berkembang biak dengan bertelur (ovipar) dengan pembuahan di luar tubuh (fertilisasi eksternal), kuda laut berkembang biak dengan bertelur, namun telur berkembang dalam tubuh kuda
laut jantang hingga melahirkan (ovovivipar) dengan pembuahan di dalam tubuh (fertilisasi internal).

Kuda laut jantan dilengkapi dengan kantong di sisi perut, atau sisi depan. Saat reproduksi dengan kawin, kuda laut betina akan menaruh dan menyimpan hingga 1.500 telur di kantong pada tubuh kuda laut jantan.

Kuda laut jantan akan membuahi telur lalau membawa telur selama 9 hingga 45 hari sampai kuda laut anakan tumbuh. Kemudian anakan ini akan keluar, tetapi masih sangat kecil. Anakan kuda laut kemudian dilepaskan ke dalam air, untuk tumbuh di sela-sela bakau atau terumbu karang yang terlindung.

Lihat juga :

Demikian artikel tentang cara Kuda Laut berkembang Biak. Semoga bermanfaat.