Chest Pass Adalah Teknik Mengoper Bola Dari
Chest Pass adalah teknik mengoper bola dari...

Chest Pass Adalah Teknik Mengoper Bola Dari?

Diposting pada

Untuk mengetahui Chest Pass adalah teknik mengoper bola dari cabang olahraga apa tentunya kita harus mengetahui apa yang dimaksud dengan chest pass itu sendiri.

Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan diatas silahkan lanjut baca materi berikut tentang teknik passing dalam permainan bola basket.

Teknik Passing Bola Basket

Passing merupakan teknik dasar dalam permainan bola basket yang paling sering dipakai oleh para pemain dalam suatu tim atau regu. Secara teknis, passing merupakan teknik untuk memberikan bola kepada teman satu tim guna untuk menggocek lawan.

Dengan adanya teknik passing ini menjadi bukti bahwa permainan bola basket merupakan cabang olahraga yang dimainkan secara beregu atau dimainkan oleh dua tim yang saling berlawanan.

Namun untuk melakukan teknik ini tentunya tidak dilakukan dengan cara asal lempar saja, dalam melakukan teknik passing diperlukan keakuratan atau ketepatan serta Timming yang tepat agar passing yang dilakukan bisa bekerja sebagaimana mestinya.

Selain itu, teknik mengoper bola ini dilakukan dengan sangat cepat dan akurat. Teknik passing juga harus dilakukan dengan cara yang tidak terlalu keras karena jika operan dilakukan dengan cara yang terlalu keras maka bola akan sulit untuk diterima oleh pemain lain.

Namun terkadang teknik ini juga dilakukan dengan lemparan yang lambat. Namun semua itu disesuaikan dengan kebutuhan situasinya saja. Sedangkan untuk teknik passing dalam permainan bola basket terbagi manjadi tiga, yaitu:

  • Chest Pass
  • Bounce Pass
  • Over Head Pass
  • Base Ball Pass
  • Hook Pass

Chest Pass

Pengertian chest pass adalah teknik mengoper bola dalam permainan bola basket yang dilakukan dengan cara melempar bola setinggi dada.

Operan ini paling sering dilakukan oleh setiap pemain dalam permainan bola basket karena tergolong mudah untuk dikontrol.

Selain itu teknik mengoper bola dengan cara ini cukup simpel dan mudah dilakukan, terutama untuk operan-operan jaraknya pendek.

Cara melakukan chest pass adalah :

  1. Pegang bola dengan kedua tangan di depan dada.
  2. Lalu didorong ke depan seraya melecutkan kedua pergelangan tangan (kiri dan kanan) ke arah depan menuju pemain lain.
  3. Untuk mencoba berlatih gerakan ini, coba kamu lakukan gerakan tersebut secara berulang-ulang dengan jarak yang berbeda.

Chest Pass Adalah Teknik Mengoper Bola Dari

Kelebihan teknik chest pass  ini adalah lebih akurat, cepat dan lebih kuat untuk mencapai rekan kita dan cocok untuk tim dengan tipe quick passing.

Bounce Pass

Bounce pass adalah gerakan mengoper atau memberikan bola ke teman satu tim dengan kedua tangan yang dilakukan dengan cara memantulkan bola tersebut ke lantai.

Over Head Pass

Overhead pass adalah gerakan mengoper bola mengunakan kedua tangan yang dilakukan di atas kepala. Teknik overhead pass ini digunakan untuk mengoper bola dari post tinggi ke post rendah.

Base Ball Pass

Baseball pass adalah gerakan Mengoper bola ke teman satu tim yang dilakukan dengan cara menggunakan satu tangan. Untuk melakukan tekni ini, pemain harus memiliki feeling keakuratan yang tinggi saat mengoper bola.

Hook Pass

Hook pass Adalah teknik mengoper bola yang sering disebut juga dengan operan kaitan. Teknik ini sering digunakan pada saat situasi yang sulit karena penjagaan dari pemain lawan, sedangkan teknik operan lainnya sudah tidak mungkin lagi dilakukan.


Kesimpulan:

Chest pass adalah teknik atau gerakan memberikan bola ke rekan satu tim dengan cara passing di depan dada dan dilecutkan ke target. Jenis passing ini paling sering digunakan dalam permainan bola basket jika pemain sedang dalam keadaan bebas.

Jika diartikan secara bahasa, Chess artinya dada, sedangkan Pass artinya oper, jadi chest pass adalah teknik memberikan bola ke rekan dengan cara dipassing tepat di arah depan dada pemain. (Lihat gambar diatas untuk lebih jelas)

Demikianlah informasi mengenai teknaik chest pass dalam permainan bola basket yang bisa kami bagikan, semoga bermanfaat.


Gambar Gravatar
Sangat mengutamakan relevansi, sehingga kami ter-Obsesi untuk menyajikan informasi yang berkualitas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.