Jumlah Pemain Bola Basket Dalam Satu Regu Adalah

Jumlah Pemain Bola Basket Dalam Satu Regu Adalah

Diposting pada

Jumlah Pemain Bola Basket – Bola basket merupakan salah satu permainan yang dianggap unik oleh masyarakat karena dimainkan oleh beberapa orang yang tergabung dalam satu regu.

Namun setiap pemain juga harus memiliki skil atau keahlian dalam menguasai teknik dasar dalam permainan bola basket ini. Dengan memiliki skil dan kerja sama yang baik tentunya regu tersebut disa mengumpulkan poin dengan begitu mudahnya.

Selain mengetahui tentang ukuran lapangan bola basket, kita juga harus mengetahui berapa jumlah pemain inti dan pemain cadangan serta apa saja tugas dari para pemain tersebut. Untuk mengetahui akan hal itu, kami sudah menyediakan informasinya dibawah ini.

Jumlah Pemain Bola Basket

Jumlah pemain bola basket dalam satu regu adalah 10 orang pemain. 10 pemain tersebut dibagi menjadi dua, yaitu:

  • 5 pemain inti berada di lapangan
  • 5 pemain lainnya sebagai cadangan.

Namun dalam kompetisi-kompetisi berkelas seperti NBA, pemain cadangannya bisa bertambah 2 orang lagi, jadi maksimal pemain penggantinya ialah 7 orang, sedangkan untuk pemain inti jumlahnya tetap sama yaitu 5 orang. Jadi jika ditotalkan keseluruhan pemain inti dan cadangannya jumlah menjadi 12 orang.

Lima pemain yang bertugas sebagai starter memiliki posisinya sendiri dan tugasnya masing-masing, begitu pula dengan 5/7 para pemain cadangan, mereka juga harus menyesuaikan dengan posisi pemain starter.

Karena olahraga bola basket ini memiliki intensitas yang tinggi dan berpacu pada gerakan, maka sistem pergantiannya pun menjadi lebih bebas.

Artinya para pemain yang sudah diganti bisa diikut sertakan kembali kapan pun sesuai dengan keadaan dan keputusan sang pelatih.

Tugas dan Posisi Pemain

Sebetulnya posisi pemain pada olahraga basket umumnya dikategorikan menjadi tiga posisi utama yakni Forward, Center, dan Guard. Namun dikarenakan jumlah pemainnya ada 5 maka untuk posisi forward dan guard ini dibagi lagi menjadi dua, yakni Power Forward-Small Forward dan Point Guard-Shooting Guard.

Untuk lebih jelasnya lagi dari tiap posisi yakni sebagai ialah sebagai berikut:

Point Guard

Pemain ini bisa dikatakan sebagai yang bertindak dan jadi jantung dalam satu regu atau tim, dengan kata lain, pemain ini biasa disebut sebagai playmaker dalam olahraga basket.

Pemain yang menempati posisi ini cenderung paling sering membawa bola, melakukan dribbling, passing, dan mengatur ritme dalam permainan sesuai perintah dari pelatih.

Maka dari itulah, Point guard ini diisi oleh pemain-pemain dengan IQ basketball tertinggi dalam sebuah tim dan biasanya menjadi kapten.

Center

Center adalah pemain yang postur tubuhnya paling besar dan paling tertinggi di sebuah tim. Fungsi utamanya ialah sebagai defender terakhir dalam strategi bertahan.

Umumnya pemain yang menempati posisi center ini menjadi pemain yang paling sering melakukan block dan rebound,

Selain itu, dalam permainan pick and roll pemain ini bertugas sebagai screener untuk para guard dalam mencari ruang tembak bagi tim.

Shooting Guard

Shooting guard merupakan backcourt yang memiliki untuk melakukan tembakan dan memperoleh poin dari berbagai situasi.

Pemain yang berada dalam posisi Shooting guard ini harus memiliki kemampuan menembak yang bagus, baik dari segi jarak yang dekat maupun tembakan 3 angka dari jarak jauh.

Pemain dalam posisi Shooting guard juga harus memiliki keterampilan bertahan yang baik terlebih lagi dalam melindungi parimeter area terhadap ancama serangan lawan.

Small Forward

Small Forward adalah posisi yang biasanya dikuasai oleh scorer utama dalam tim, pemain yang ada dalam posisi ini harus memiliki keterampilan offensive yang bagus seperti lay-up, post-up, dunk, fadeaway jumper, hingga 3-point shoot.

Small Forward juga harus mampu menjadi second-line defender seperti layaknya shooting guard saat fase bertahan.

Power Forward

Power Forward adalah pemain ini bertugas untuk menjadi pelindung area center serta menjadi pemain yang banyak bermain di paint area untuk membendung serangan lawan. Selain itu pemain ini bertugas untuk menangkap rebound baik saat fase defensive maupun offensive. Pemain yang berada dalam posisi ini biasanya memiliki fisik yang cenderung kuat dan mampu berduel dengan forward di tim lawan.

Demikianlah informasi mengenai Jumlah pemain serta beberapa posisi pemain dan tugasnya yang bisa kami bagikan disini, semoga bermanfaat


Gambar Gravatar
Sangat mengutamakan relevansi, sehingga kami ter-Obsesi untuk menyajikan informasi yang berkualitas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.