close

Belut Berkembang Biak Dengan Cara…

Belut Berkembang Biak Dengan Cara – Dalam artikel ini kami akan membahas materi yang cukup penting untuk diketahui bagi siswa-siwsi yang duduk dibangku sekolah, terlebih lagi bagi mereka yang sedang mempelajari ilmu pengetahuan Biologi seputar alat reproduksi pada hewan.

Untuk artikel Biologi seputar alat reproduksi yang akan kami rangkum kali ini akan mengkaji materi mengenai cara berkembang biak Belut.

Hewan yang bentuk-nya terlihat seperti ular ini memang dikenal banyak orang karena memiliki segudang manfaat yang terkandung didalamnya dimana manfatnya sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Namun tahukan kamu bagaimana cara berkembang biak hewan ini?

Bagi kamu yang sedang mengerjakan soal-soal ujian dan kebetulan menemukan soal yang ada kaitannya dengan materi kali ini, kamu akan menemukan jawabannya dalam pembahasan berikut.

Pembahasan

Belut merupakan jenis hewan yang termasuk kedalam kategori “Hermaprodit Protandri” yang berarti hewan ini memiliki dua alat kelamin, jantan dan betina. Selain itu, jenis kelamin belut juga dipengaruhi oleh usia belut itu sendiri.

Ketika seekor belut mencapai umur diatas 10 bulan, maka semua Belut akan berubah menjadi jantan. Dengan begitu, proses reproduksi belut terjadi antara belut yang berumur dibawah 10 bulan karena dengan usia tersebut setiap belut cenderung berjenis kelamin betika.

Pos Terkait:  Lumba Lumba Berkembang Biak Dengan Cara...

Dengan kata lain, sepasang belut akan bereproduksi antara belut yang sudah menginjak usia 10 bulan (Jantan) dengan belut yang berusia dibawah 10 bulan (Betina)

Belut berkembang biak dengan cara bertelur atau Ovipar. Umumnya Belut hanya dapat berkembang biak selama satu kali dalam setahun dengan masa perkawinan dari permulaan musim hujan sampai awalan musim kemarau, dengan kat lain, masa kawin delut kurang lebih selama lima bulan.

Untuk mengenali Belut jantan dan betina, kita bisa melihat dari segit ukuran Belut tersebut. Belut yang usianya muda berjenis kelamin betina, ukuran panjang tubuhnya berkisar antara 10 sampai 30 cm.

Sedangkan belut jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih panjang, ukuran panjang tubuhnya mencapai lebih dari 40 cm. Dengan ukuran tersebut menandakan bahwa belut tersebut berusia 10 bulan dan memiliki kelamin jantan.

Dikutip dalam wikipedia, Klasifikasi belut antara lain sebagai berikut :

Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Synbranchiformes
Subordo: Synbranchoidei
Famili: Synbranchidae

Kesimpulan

Belut adalam hewan Hermaprodit Protandri, yaitu jenis hewan yang memiliki dua alat kelamin (jantan dan betina). Belut berkembang biak dengan cara bertelur atau yang disebut juga dengan istilah (Ovipar).

Pos Terkait:  Amoeba Berkembang Biak Dengan Cara...

Secara garis besar, hewan ini akan berkembang biak selama satu tahun sekali dengan waktu kawin mulai dari awal musim hujan sampai permulaan musim kemarau. Dengan kata lain, Belut memiliki masa atau waktu kawin kurang lebih selama lima bulan.

Lihat juga :

Demikianlah Penjelasan mengenai cara berkembang biak belut yang bisa kami informasikan dalam artikel ini. Semoga bermanfaat