pohon pisang berkembang biak dengan cara
cara berkembang biak pohon pisang

Pohon Pisang Berkembang Biak Dengan Cara…

Diposting pada

Pohon Pisang Berkembang Biak Dengan Cara – Pisang merupakan salah satu buah yang banyak di konsumsi oleh manusia karena memiliki rasa yang begitu enak serta mengandung segudang manfaat.

Bahkan sebagian masyarakat di Indonesia mengolah pohon pisang menjadi makanan seperti doplah menjadi sayur hingga diolah menjadi keripik dari pokok pisang.

Selain memiliki rasa yang manis, buah pisang juga diketahui memiliki banyak sekali serat dan karbohidrat.
Dalam dunia kesehatan ternyata pisang mampu memberikan nutrisi denga jumlah yang luar biasa bagi tubuh manusia.

Bukan hanya buahnya, tetapi juga bagian-bagian lainnya seperti akar, daun, batang hingga bonggolnya juga dapat membantu untuk memelihara kesehatan tubuh.

Buah ini juga dapat diolah menjadi berbagai olahan makanan yang enak seperti selai pisang, pisang bakar, pisang goreng dan lain sebagainya.

“Namun tahukah anda bagaimana cara pohon pisang berkembang biak.?” Informasi ini sangat penting untuk diketahui bagi anda yang tertarik untuk menanam pohon pisang.

Informasi ini juga harus diketahui dengan baik bagi siswa yang mempelajari ilmu biologi tentang proses reproduksi pada tumbuhan. Untuk mengetahui jawabannya, betikut kami rangkum informasinya dibawah ini.

Cara Berkembang Biak Pohon Pisang

Pada dasarnya pohon pisang lebih sering berkembang biak dengan cara aseksual yaitu dangan tunas, dan jarang sekali terdapat pohon pisang yang berkembang biak melalui bijinya. Dengan kata lain, pohon pisang berkembang biak dengan cara vegetatif melalui tunasnya.

Pisang merupakan salah satu tumbuhan yang dapat tumbuh di daerah dengan iklim tropis, namun pohon pisang juga memerlukan pancaran sinar matahari yang penuh.

Pohon pisang dapat tumbuh di tanah yang memiliki air yang cukup, selain itu pohon pisang juga dapat hidup pada daerah dengan ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut.

Tunas pisang biasanya akan tumbuh dari pohon pisang yang sudah dewasa yang nantinya akan tumbuh menggantikan tanaman yang sebelumnya karena setiap pohon pisang akan mati setelah berbuah.

Tunas inilah yang nantinya juga akan mejadi individu baru hingga tumbuh dewasa menjadi pohon pisang yang juga akan berbuah.

Deskripsi

pisang berkembang biak dengan cara
Cara berkembang biak pohon pisang

Tunas yang tumbuh pada proses perkembangbiakan pisang ini berasal dari tunas ketiak yang ada pada bagian tanaman di dalam tanah.

Ketika pohon pisang sudah dewasa biasanya akan berbuah banyak dan berkelompok dimana dalam kelompok-kelompok tersebut sebut sisir.

Ketika buahnya sudah matang, biasanya buah pisang ini akan di makan secara langsung. Namun terkadang ada juga sebagian orang yang mengolahnya terlebih dahulu, hal ini biasanya tergantung dari jenis pohon pisang tersebut.

Penyakit Tanaman Pisang

Ketika pohon pisang ditanam dan sudah mulai berbuah, tanaman ini juga sangat rentan terkena penyakit yang mengakibatkan buahnya menjadi rusak.

Oleh karena itu, petani pisang harus bisa menjaga siklus penanaman terus menerus untuk memastikan hasil panen yang stabil.

Karena penyakit pada tanaman pisang sering mengurangi jumlah buah yang dihasilkan. Tentu saja hal tersebut sangat merugikan para petani.

Selain dapat mengurangi jumlah buahnya, penyakit pada tanaman pisang juga dapat mengurangi jumlah tanaman pisang baik yang ditanamn secara individual maupun yang ditanam di perkebunan pisang.

Bahkan bibit tanaman pisang juga dapat terkena infeksi jamur ketika melakukan perkembangbiakan dari tunas di pangkal pohonnya seperti spora jamur dalam jumlah kecil dari tanah yang digunakan sebagai media tanam.

Lihat juga:

Demikianlah materi yang bisa kami rangkum dan bagikan mengenai proses perkembang biakan pohon pisang. Semoga bermanfaat.


Gambar Gravatar
Sangat mengutamakan relevansi, sehingga kami ter-Obsesi untuk menyajikan informasi yang berkualitas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.