Strawberry Berkembang Biak Dengan Cara…

Strowberry Berkembang biak dengan cara – Srauberry merupakan jenis tumbuhan berbuah yang dapat berkembang biak dengan dua cara, yaitu vegetatif dan Geberatif. Dan pada dasarnya semua proses perkembangbiakan yang dilakukan oleh petani untuk membudidayakan tanaman strawberry dilakukan dengan dua cara pula yaitu secara vegetatif atau dengan cara generatif.

Perkembangbiakan vegetatif yang sudah dikenal secara luas ialah dengan cara vegetatif alami yaitu dengan melalui akar tanaman, gragih, umbu lapis, umbi batang, hingga tunas atau adventif.

Melakukan perkembangbiakan dengan cara vegetatif alami dilakukan dengan cara yang alami sesuai dengan varietas tanaman tertentu. Namun ketika manusia ikut campur dalam suatu proses perkembangbiakan tumbuhan maka proses ini disebut dengan cara vegetatif buatan.

Beberapa contoh tanaman yang berkembang biak dengan cara vegetatif alami diantaranya yaitu : sproa, akar tinggal, tunas, umbi lapis, umbi batang dan geragih.

Sedangkan untuk tanaman yang berkembang biak dengan vegetatif buatan atau yang dilakukan oleh campur tangan manusia terhadap tumbuhan dapat melalui beberapa cara seperti melakukan cangkok dan stek batang.

Cara Berkembang Biak Strawberry

Tanaman yang kita bahas kali ini, yaitu straouberry dapat berkembang bia dengan dua acara. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, tanaman strawberry dapat berkembang biak dengan du acara yaitu vegetative dan Generatif. Untuk perkembangbiakan strawberry dengan cara vegetative terbagi menjadi dua yaitu Vegetatif alami (Geragih, stolon) dan vegetative buatan.

Pos Terkait:  Kunyit Berkembang Biak Dengan Cara...

Perkembangbiakan strawberry (Vegetatif alami)

Untuk perkembangbiakan strawberriu dengan vegetatif alami dilakukan dengan cara menumbuhkan tunas batang dan menjalarkan batang tenaman tersebut ke permukaan tanah disekitaran induk tanaman tersebut.

Ketika batang tersebut sudah menjalar cukup jauh dari induknya maka proses selanjutnya akan menumbuhkan akar dan menjadi individu baru.

Perkembangbiakan dengan cara vegetatif alami bisa dilakukan oleh tanaman stroberi, itu karena setiap ruas pada tanaman ini akan menjalar dan membentuk akar baru sehingga dapat memberikan nutrisi bagi calon tanaman yang cukup untuk membentuk tunas baru.

Oleh karena itulah sebagian besar tanaman strawberry memiliki ruas dan membentuk akar baru sehingga calon individu baru tidak akan bergantung kepada induknya lagi.

Perkembangbiakan strawberry (Vegetatif buatan)

Seperti yang kita ketahui, banyak tanaman strawberry yang sengaja dibudidayakan untuk dipanen dan dimanfaatkan buahnya baik untuk dimakan langsung maupun diolah menjadi berbagai olahan makanan/minuman.

Selain dengan cara vegetative alami, tanaman strawberry juga dapat dibudidayakan dengan cara vegetative buatan.
Ketika kita hendak membudidayakan tanaman strawberry ini dengan cara vegetative buatan harus memperhatikan media atau area yang akan ditanamai tumbuhan strawberry.

Cara membudidayakan stroberi secara vegetatif buatan bisa sukses dilakukan ketika area yang akan ditanami memiliki suhu yang tepat untuk habitatnya, seperti kawasan yang beriklim sub tropis atau di daerah yang berada di dataran tinggi serta memiliki curah hujan dengan intensitas sedang.

Pos Terkait:  Cocor Bebek Berkembang Biak Dengan Cara...

Perkembangbiakan strawberry (Generatif)

Seperti yang kita ketahui bersama, proses perkembangbiakan generatif merupakan sebuah proses bagi tanaman untuk memperbanyak keturunan yang dilakukan dengan adanya proses perkawinan antara kelamin jantan dan betina.

Metode generatif ini sering terjadi pada tanaman yang berbiji atau bagi tanaman yang bunga dan menghasilkan biji melalui proses penyerbukan.

Beberapa hal yang mendukung proses penyerbukan ini umunya lewat perantara seperti bantuan serangga (lebah) atau hal-hal lainnya seperti tertiup angina, dialirkan oleh air hujan, dan lain sebagainya.

Lihat juga :

Demikian pembahasan mengenai proses perkembangbiakan yang dialami oleh tumbuhan strawberry dengan proses perkembangbiakan secara vegetatif alami, vegetative buatan hingga proses perkembangbiakan dengan cara generative. Semoga bermanfaat.