kentang berkembang biak dengan cara

Kentang Berkembang Biak Dengan Cara…

Diposting pada

Kentang Berkembang Biak Dengan Cara – Berkembang biak secara vegetatif adalah sebuah proses perkembangbiakan yang terjadi secara alami tanpa melalui proses penyerbukan atau juga pembuahan.

Tanaman yang berkembang biak dengan cara ini akan menumbuhkan tumbuhan baru yang terbentuk berasal dari perkembangan bagian tubuh tertentu dari induknya.

Perkembangbiakan vegetative ini dikelompokkan menjadi dua kategori, yaitu perkembangbiakan vegetatif alami dan perkembangbiakan vegetatif buatan.

Perkembangbiakan vegetatif alami merupakan perkembangbiakan yang tumbuhan tanpa memerlukan bantuan dari serangga ataupun manusia.

Perkembangbiakan vegetatif alami dapat terjadi melalui spora, akar tinggal, umbi batang, umbi lapis, tunas, geragih, dan tunas adventif.

Cara Berkembang Biak Kentang

kentang berkembang biak dengan
kentang berkembang biak dengan

Kentang adalah tanaman yang berkembang biak dengan cara vegetatif alami melalui umbi batang. Umbi batang sendiri merupakan modifikasi tumbuhan pada bagian batang yang dijadikan sebagai tempat untuk menumpuk cadangan makanan sehingga pada bagian batang pun akan membesar dan membentuk seperti umbi.

Jenis tanaman lain selain kentang yang juga berkembang biak dengan cara vegetative alami melalui umbi batang ialah Talas, Jahe, Kunyit, Lengkuas, Kencur Topinambu, Dahlia, dan lain sebagainya.

Deskripsi Perkembangbiakan Vegetatif

Tanaman yang berkembang biak dengan secara vegetative ini maksudnya adalah proses memperbanyak keturunan dari induk tanaman tertentu yang berlangsung dengan tanpa melibatkan pertemuan antara sel kelamin jantan dengan sel kelamin betina.

Oleh karena itulah, dalam proses perkembangbiakannya tidak melibatkan perkawinan. Maka perkembangbiakan vegetative ini juga dikenal dengan istilah perkembangbiakan aseksuaal.

Perkembangbiakan vegetatif ini dibagi ke dalam dua jenis yakni: Vegetatif alami dan Vegetatif buatan.

  • Vegetatif alami: proses perkembangbiakan yang berlangsung tanpa campur tangan manusia. Contohnya Umbi batang, tunas adventif, umbi akar, umbi lapis, merunduk, geragih dan lain sebagainya.
  • Vegetatif buatan: proses perkembangbiakan yang berlangsung dengan melibatkan campur tangan manusia. Contohnya ialah stek batang, stek daun, okulasi, cangkok dan lain sebagainya.

Umbi Batang

Pengertian umbi batang adalah batang yang tumbuh di dalam tanah. Ujung batangnya akan menggembung dan membentuk umbi.

Umbi merupakan tempat untuk menyimpan cadangan makanan yang mengandung karbohidrat pada sebuah tanaman. Contoh tumbuhan tersebut adalah ubi jalar dan kentang.

Pada tanaman umbi kentang atau ubi jalar biasanya terdapat sebuah lekukan umbi yang disebut dengan mata tunas. Mata tunas inilah yang nantinya dapat tumbuh menjadi individu baru.

Lihat juga:

Itulah informasi yang bisa kami rangkum dan bagikan mengenai proses perkembangbiakan pada tanaman kentang. Terimakasih dan semoga bermanfaat


Gambar Gravatar
Sangat mengutamakan relevansi, sehingga kami ter-Obsesi untuk menyajikan informasi yang berkualitas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.