close

Kunyit Berkembang Biak Dengan Cara…

Kunyit Berkembang Biak Dengan Cara – Perkembang biakan tumbuhan sering kali dipelajari dan dipahami oleh siswa-siswi yang mengkaji ilmu biologi, salah satunya ialah proses perkembangbiakan pada tanaman kunyit seperti yang akan kami bahas kali ini.

Mungkin sudah banyak yang memahami bagaimana cara tanaman kunyit berkembang biak, namun bagi sebagian orang yang masih awam tentunya belum mengetahui akan hal ini.

Maka dari itu, kami akan membagikan informasi mengenai cara kunyit berkembang biak serta fase perkembangbiakan tanaman kunyit yang bisa kamu pahami dengan baik. Berikut informasinya kami bagikan.

Cara Berkembang Biak Kunyit

Cara berkembang biak kunyit
Cara berkembang biak kunyit

Seperti yang kita ketahui, Kunyit merupakan tanaman yang termasuk kedalam kategori tanaman obat-obatan. Kunyit berkembang biak dengan cara vegetatif alami atau tanpa adanya campur tangan manusia.

Cara kunyit berkembang biak ini terbagi dalam beberapa jenis, mulai dari pembentukan Mata tunas -> berkembang menjadi Rizoma -> hingga tahap terakhir adalah spora dan membelah.

Fase Perkembang Biakan Kunyit

Untuk memahami secara rinci tentang proses perkembang biakan kunyit, bisa kamu pahami dalam penjelasan fase perkembang biakan yang kami rangkum dibawah ini.

Tahap 1 : Pertumbuhan tunas

Sama halnya seperti tanaman lain, yang paling pertama terjadi dalam proses perkembang biakan kunyit ialah tumbuhnya mata tunas pada umbi kunyi. Proses ini terjadi setelah umbi mengalami dormansi.

Pos Terkait:  Jangkrik Berkembang Biak Dengan Cara...

Lamanya proses pertumbuhannya sendiri tergantung dari beberapa hal seperti kelembapan media tanam, hingga tingkat intensitas cahaya matahari.

Tahap 2 : Pertumbuhan brangkasan

Setelah tumbuhnya tunas pada umbi kunyit, selanjutnya ialah pertumbuhan brangkas. Fase ini dimulai sejak daun pertama kali muncul dan terbuka di permukaan tanah.

Dalam tahapan ini juga proses fotosintesis mulai terjadi untuk yang pertama kalinya. Dengan begitu peran utama umbi pada induk tanaman yang bekerja untuk memproduksi karbohidrat pun mulai berkurang fungsinya.

Tahap 3 : Pertumbuhan umbi

Tahapan terakhir yang terjadi dalam proses perkembangbiakan tanaman kunyi ialah tumbuhnya umbi pada individu baru. Dalam fase akhir ini setiap umbi dan brangkasan akan saling bersaing untuk mementukan siapa yang akan menjadi penerima dan penyedia.

Ketika brangkasannya sudah tumbuh dan mencapai pertumbuhan yang optimum, maka kegiatan untuk memproduksi makanan akan diambil alih oleh brangkasan melalui proses yang disebut fotosintesis.

Sedangkan umbi kunyit hanya akan menjadi penerima makanan saja yang nantinya akan di simpan sebagai cadangan makanan berupa karbohidrat

Lihat juga:

Demikianlah pembahasan mengenai proses perkembangbiakan yang dialami oleh tanaman kunyit serta fase perkembang biakan kunyit. Semoga bermanfaat