singkong berkembang biak dengan cara

Singkong Berkembang Biak Dengan Cara…

Diposting pada

Perkembangbiakan Singkong – Singkong merupakan tanaman yang mempunyai nama ilmiah “Manihot utillissima” Tanaman ini merupakan salah satu dari jenis tanaman yang bisa tumbuh dengan baik di berbagai daerah, tanaman ini juga termasuk tumbuhan perdu tahunan tropika serta subtropika.

Umbi singkong juga sering dijadikan sebagai makan pokok yang berguna karena sebagai sumber karbohidrat nomor 3 setelah padi dan jagung.

Itulah mengapa umbi singkong ini sering dijadikan sebagai sebuah sumber karbohidrat bagi masyarakat. Sama halnya seperti ubi jalar, singkong juga merupakan salah satu jenis tanaman umbi-umbian yang mempunyai cadangan makanan yang banyak didalam umbinya.

“Namun tahukah kamu bagaimana cara tanaman singkong berkembang biak?”

Pada kesempatan ini kami akan membagikan sedikit rangkuman mengenai proses perkembangbiakan pada tanaman singkong, informasi ini biasanya sangat dicari oleh para murid yang yang sedang mempelajari ilmu biologi mengenai proses reproduksi pada tumbuhan. Berikut informasinya.

Cara Berkembang Biak Singkong

Cara berkembang biak singkong

Singkong adalah tanaman yang berkembang biak dengan cara vegetatif alami melalui umbi akar. Selain itu, umbi yang terdapat pada akar tanaman ini juga berperan dalam menyimpan cadangan makanan.

Selain dengan cara vegetatif alami, singkong atau yang juga dikenal dengan sebutan ubi kayu ini dapat pula berkembang biak dengan cara vegetatif buatan dengan melalui stek batang. Cara perkembang biakan vegetatif ini akan menghasilkan sifat anakan yang sama dengan induknya.

Klasifikasi Tanaman Singkong

Berikut merupakan tabel klasifikasi dari tanaman singkong.

KingdomPlantae
DivisiMagnoliophyta
KelasMagnoliopsida
OrdoEuphorbiales
FamiliaEuphorbiaceae
GenusManihot
SpeciesManihot esculenta Crantz

Morfologi Tanaman Singkong

Meskipun singkong memiliki umbi layaknya ubi jalar, namun tanaman singkong memiliki ciri-siri atau marfologi tanaman yang berbeda dari tanaman lainnya, berikut marfologi dari tanaman singkong yang dapat kamu ketahui. 

Batang

Manihot utillissima atau yang biasa lebih dikenal dengan sebutan nama singkong ini mempunyai batang yang berbentuk bulat panjang, berbuku-buku, berkayu serta tumbuh dengan cara memanjang. Batang dari tanaman singkong ini bisa tumbuh sekitar 2 sampai 3 cm.

Selain itu untuk ukuran batang tanaman singkong ini berbeda-beda tergantung dari varietas atau jenisnya, misalnya besar serta mempunyai batang yang berwarna kecoklatan.

Umbi

Umbi yang dihasilkan oleh tanaman singkong ini mempunyai bentuk panjang dengan berat umbinya sekitar 500 gram dan bahkan beratnya tersebut bisa lebih. Umbi dari tanaman singkong mempunyai warna coklat keputih-putihan dengan kulit yang terlihat sangat tipis.

Daun

Tanaman singkong mempunyai daun yang berbentuk seperti 5 jari dan juga berbentuk lonjong yang mempunyai garis pada setiap daun dengan tepi yang terlihat rata.

Sedangkan pada bagian ujung dari daun tanaman singkong tersebut terlihat seperti cukup sangat tajam. Daun singkong mempunyai warna hijau tua dan ada juga daun yang mempunyai warna agak kekuningan.

Singkong merupakan salah satu dari tanaman yang umbinya bisa dikonsumsi. Apabila Anda lihat dari kandungan yang ada terdapat di dalam singkong, maka tanaman ini mempunyai gizi yang cukup sangat tinggi.

Tanaman yang berasal di Sumatera ini dikenal dengan nama ubi kayu dan juga mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

Salah satunya yaitu untuk mengatasi berbagai macam penyakit rematik. Cara untuk mengobatinya hanya dengan mengambil 5 lembar dari daun singkong, kapur sirih, serta 15 gram jahe merah.

Lihat juga:

Itulah informasi yamg dapat kami rangkum dan bagikan mengenai cara berkembang biak tanaman singkong, semoga bermanfaat.


Gambar Gravatar
Sangat mengutamakan relevansi, sehingga kami ter-Obsesi untuk menyajikan informasi yang berkualitas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.