close

Poster : Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis dan Tujuan

Poster Adalah – Rasanya hampir semua orang pasti pernah melihat sebuah poster yang ditempel di berbagai tempat.

Namun tahukah kamu apa pengertian poster? Poster menjadi salah satu media yang banyak digunakan untuk iklan, promosi, pengumuman dalam target yang luas.

Poster umumnya dibuat untuk bisa membagikan berbagai macam informasi. penyampaian informasi yang berasal dari poster memadukan antara tulisan, gambar dan juga grafis yang membuatnya terlihat atraktif.

Isi poster biasanya dibuat dengan seminim mungkin sehingga pesan utama di dalam nya bisa tersampaikan. Poster akan ditempatkan di area-area strategis sehingga banyak orang yang bisa melihatnya.

Pada artikel kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai pengertian poster, tujuan, syarat, ciri-ciri, serta aplikasi yang membantu dalam pembuatan poster.

Lihat juga : 100 Contoh Poster Beserta Gambar dan Penjelasannya


Pengertian Poster

Poster merupakan sebuah karya dalam desain grafis, dimana didalamnya terdapat gambar maupun kata-kata yang dicetak pada kertas berukuran besar.

Isinya memuat sebuah informasi dan ditempelkan di tempat-tempat umum sehingga bisa dilihat ataupun dibaca banyak orang.

Sifat poster adalah untuk mencari perhatian dari banyak orang, poster juga dapat menjadi sarana dalam mempromosikan produk, jasa, kegiatan, maupun lainnya. Karena itulah poster seringkali dibuat dengan warna-warna yang kuat dan kontras.

Poster dapat digunakan sebagai media promosi, iklan, propaganda, pendidikan, sosialisasi dan juga dekorasi. Selain itu poster juga bisa dijadikan sebagai bentuk salinan sebuah karya seni yang terkenal.


Pengertian Poster Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami mengenai pengertian poster lebih dalam, berikut ini beberapa pendapat menurut ahli mengenai pengertian poster

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai

Menurut penuturan Nana Sudjana dan Ahmad Rivai, poster merupakan kombinasi visual serta rancangan kuat, dengan warna dan pesan.

Yang mana bertujuan untuk menangkap perhatian bagi siapa saja yang melihatnya dan juga cukup lama menanamkan gagasan yang sangat berarti dalam ingatan seseorang tersebut

Sri Anitah

Menurut Sri Anitah, poster merupakan sebuah gambar yang mengkombinasikan unsur-unsur visual, mulai dari garis, gambar, serta kata-kata yang memiliki tujuan untuk menarik perhatian dan mengkomunikasikan pesan penting secara singkat

Rudi Susilana dan Cepi Riana

Pengertian poster yang dijabarkan oleh Rudi Susilana dan Cepi Riana adalah sajian kombinasi visual yang tampak jelas, menyolok, dan juga menarik. Yang dimaksudkan untuk menarik perhatian bagi siapa saja orang yang lewat

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (Depdikbud)

Menurut Depdikbud (1988:50), poster adalah sebuah media yang mana didalamnya terdiri atas lambang kata atau simbol yang sederhana. Umumnya mengandung sebuah anjuran maupun larangan.


Syarat-Syarat Poster

Bukan semua hal yang mengandung gambar dan kata-kata bisa dikatakan menjadi sebuah poster. Adapun syarat-syarat poster yang baik bisa melihat dari penjelasan dibawah ini:

Menggunakan Bahasa Yang Mudah Dipahami

Sudah wajib bagi sebuah poster harus menggunakan bahasa yang bisa mudah dipahami kebanyakan orang. Jika penggunaan bahasa sulit dimengerti, tentu saja pesan tidak akan tersampaikan ke banyak orang

Akan tetapi penggunaan kata-kata dalam poster harus tersusun atas kalimat yang singkat dan jangan bertele-tele. Singkat, jelas, dan juga bermakna, inilah yang menjadi syarat utama dalam sebuah poster.

Pos Terkait:  Pemasaran : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Strategi

Mengkombinasikan Kata dan Gambar

Seperti penjelasan mengenai pengertian poster diatas, sebuah poster harus dibuat untuk mampu menarik minat publik. Sehingga banyak orang yang ingin membacanya.

Karena itulah sebuah poster yang baik harus bisa mengkombinasikan antara kata-kata dan gambar dengan semenarik mungkin sehingga terlihat atraktif dan menarik perhatian banyak orang.

Menggunakan Media Yang Tidak Mudah Rusak

Tidak ada tempat yang khusus untuk menempatkan poster, namun akan lebih baik jika poster ditempatkan di tempat umum yang banyak dilihat orang. Sehingga tak heran jika poster banyak ditemukan di jalanan.

Karena itulah media poster yang digunakan tentunya harus mempunyai bahan yang kuat, tidak mudah rusak maupun sobek. Sehingga meskipun terkena paparan sinar matahari maupun hujan tetap akan tampil baik.

Ukuran Poster

Mengenai ukuran poster, ini bisa disesuaikan dengan tempat serta lahan pemasangan dan juga target pembaca.


Ciri-Ciri Poster

Setelah membahas mengenai syarat-syarat poster, maka kini akan dibahas mengenai ciri-ciri poster. Poster sangat berbeda dengan media publikasi yang lain terutama pada ukuran dan cara menyampaikan pesan. Berikut ini ciri-ciri poster yang bisa kamu ketahui:

Menggunakan Komposisi Huruf dan Gambar

Sebuah poster harus didesain menggunakan komposisi huruf serta gambar yang ada diatas media datar, baik kertas maupun kain yang berukuran besar. Pemberian gambar dalam poster dimaksudkan agar pesan yang ada di dalamnya lebih mudah tersampaikan.

Menggunakan Teknik Pewarnaan Kontras

Seperti ulasan diatas, poster dibuat semenarik mungkin agar terlihat atraktif bagi orang yang melihatnya. Karena itulah poster dibuat menggunakan teknik pewarnaan kontras dan menggunakan warna-warna yang berani.

Bahasa Yang Digunakan Singkat, Jelas dan Padat

Tidak ada pemilihan kata-kata yang harus digunakan dalam sebuah poster. Namun diharuskan dalam sebuah poster menggunakan bahasa yang singkat, jelas serta mudah dipahami.

Jangan menggunakan bahasa yang bertele-tele, harus bisa dibaca dengan cepat namun tetap meninggalkan kesan mendalam

Dipasang Dengan Cara Ditempel Di Permukaan Bidang

Poster umumnya dipasang dengan cara ditempelkan pada bidang permukaan rata, seperti dinding maupun papan yang ada di tempat-tempat keramaian sehingga bisa menarik perhatian banyak orang.


Tujuan Dibuatnya Poster

Sebenarnya tujuan dibuatnya poster tak berbeda jauh dengan pengertian poster. Pembuatan poster sebenarnya secara tidak langsung ditujukan pada kelompok tertentu. Karena itu pembuatan poster harus menyesuaikan dengan tujuan serta target poster tersebut.

Salah satu tujuan pembuatan poster yang paling sering ditemukan adalah tujuan komersial. Namun ada pula beberapa poster yang bertujuan untuk menghimbau masyarakat.

satu tujuan lainnya dari poster adalah untuk mendapatkan perhatian penuh dari publik tanpa terkecuali. Seperti misalnya poster orang hilang.

Karena itulah pembuatan poster dibuat semenarik mungkin agar mudah mencari perhatian sehingga tujuan poster tersampaikan.


Jenis-Jenis Poster

 

Berdasarkan Isinya

Berdasarkan isinya, poster dapat terbagi menjadi beberapa jenis antara lain adalah:

  • Poster Layanan Masyarakat
Pos Terkait:  Pelanggaran HAM : Pengertian, Penyebab dan Contoh

Jenis poster ini berisi mengenai informasi tentang pelayanan-pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Semisal poster kesejahteraan masyarakat atau poster layanan kesehatan.

  • Poster Niaga

Poster yang berisikan mengenai menjual ataupun mempromosikan sebuah barang atau jasa yang dijual oleh sebuah perusahaan

  • Poster Kegiatan

Jenis poster ini memiliki isi mengenai informasi sebuah kegiatan yang akan dilaksanakan. Dengan tujuan agar kegiatan tersebut bisa diketahui oleh banyak orang sehingga semakin banyak orang yang nantinya bisa menghadiri kegiatan tersebut

  • Poster Karya Seni

Poster ini memiliki sifat yang ekspresi dan bisa memiliki arti yang berbeda satu sama lainnya bagi orang yang melihatnya.

  • Poster Pendidikan

Poster ini berisikan mengenai informasi yang bisa memberikan pengarahan serta pendidikan kepada masyarakat luas

Berdasarkan Tujuannya

Jika berdasarkan tujuannya, poster dibagi menjadi beberapa kategori yaitu:

  • Poster Propaganda

Poster ini memiliki tujuan memberikan motivasi maupun semangat yang ditujukan bagi masyarakat umum. Biasanya dibuat dengan tujuan untuk tetap bisa bersemangat dalam menjalani kehidupan dan lainnya.

Poster ini juga bisa menjadi poster yang isinya dapat mempengaruhi orang lain.

  • Poster Kampanye

Biasanya jenis poster ini akan sering terlihat pada masa-masa pilkada maupun pemilu. Tujuannya tentu saja agar bisa meraih simpati di kalangan masyarakat sebanyak mungkin. Sehingga masyarakat dapat memilihnya ketika waktu pencoblosan tiba

  • Poster Afirmasi

Pengertian Poster ini memiliki tujuan memberikan motivasi kepada yang membacanya dengan penggunaan kalimat-kalimat yang dapat mempengaruhi

  • Poster “Dicari”

Poster ini memiliki tujuan untuk mencari orang atau benda yang dibutuhkan oleh pembuat poster. Misalnya saja poster tentang orang hilang, poster sebuah perusahaan sedang mencari pekerja, dan lainnya.

  • Poster Film

Sesuai namanya, pengertian poster ini memiliki tujuan mempromosikan film-film terbaru yang nantinya akan ditayangkan. Sehingga banyak orang yang melihat dan tertarik untuk menontonnya

  • Poster Komik

Poster ini memiliki tujuan mempopulerkan komik-komik kepada banyak orang atau masyarakat umum.

  • Poster “Cheesecake”

Poster ini memiliki tujuan mencari perhatian kepada orang banyak orang atau masyarakat umum. Biasanya jenis poster ini akan memuat gambar dari orang terkenal seperti artis, penyanyi, maupun lainnya yang bisa menarik perhatian banyak orang

  • Poster Riset

Poster ini memiliki tujuan menginformasikan kegiatan penelitian atau riset kepada banyak orang. Biasanya jenis poster ini paling banyak ditemukan di sekolah maupun kampus.

  • Poster Komersial

Poster ini bertujuan mempromosikan produk/jasa yang dijual sebuah perusahaan. jenis poster ini juga sering dikenal sebagai poster niaga.

  • Poster Kelas

Jenis poster yang secara umum memiliki tujuan memberikan motivasi dan pengetahuan kepada siswa. Poster ini seringkali kita lihat ditempatkan dalam kelas-kelas di sekolah


Aplikasi Membuat Poster

Saat ini bukanlah hal yang sulit untuk membuat poster, ada banyak aplikasi baik yang bisa diunduh di komputer maupun handphone yang bisa digunakan untuk membuat poster seperti aplikasi-aplikasi dibawah ini

Corel Draw

Aplikasi editing ini menjadi salah satu yang direkomendasikan sebagai aplikasi membuat poster terbaik. Melalui aplikasi ini, kamu bisa menggambar berbagai macam ilustrasi yang menarik. Cara editing menggunakan corel draw cukup mudah termasuk untuk pemula

Pos Terkait:  Observasi : Pengertian, Jenis-Jenis, dan Contoh

Kamu hanya perlu menggabungkan beberapa bangun 2 dimensi yang kemudian menjadi gambar ilustrasi berkarakter. Dari gambar 2 dimensi tersebut juga bisa diubah menjadi gambar 3 dimensi

Untuk font yang pun kamu juga dapat menggabungkan bangun 2 dimensi ataupun memanfaatkan jenis font yang ditawarkan. Jenis poster yang sesuai untuk dibuat menggunakan corel draw ini adalah jenis poster edukasi, propaganda, riset dan afirmasi

Adobe Photoshop

Bisa dikatakan jika photoshop menjadi salah satu aplikasi desain poster terbaik yang direkomendasikan. Dan cara membuatnya mungkin akan sedikit rumit bagi pemula dalam mengoperasikan aplikasi ini.

Membuat poster menggunakan photoshop harus dengan memiliki beberapa gambar terlebih dahulu. Sehingga kumpulkan gambar-gambar yang nantinya bisa kamu gabungkan menjadi satu gambar ilustrasi berkarakter

Photoshop juga menawarkan efek-efek yang bisa menambah kesan gambar ilustrasi yang bisa memberikan pesan yang mudah dicerna bagi yang melihatnya. Rasanya hampir semua jenis poster bisa dibuat menggunakan adobe photoshop.

Canva

Ingin membuat poster yang keren dan unik namun kamu tak memiliki skill dalam desain grafis? Mungkin kamu bisa menggunakan aplikasi yang satu ini. Tak seperti aplikasi lainnya, Canva memiliki tampilan antarmuka yang rapi dan mudah dicerna

Aplikasi pembuat poster ini memang dikenal sebagai alat desain yang multifungsi, yang mana menargetkan pengguna awam yang memiliki skill desain minim.

Disini kamu dapat memanfaatkan berbagai tools yang ditawarkan gratis dan template poster keren yang bisa dicustom sesuai dengan kebutuhan.

Sehingga pekerjaan jadi mudah terselesaikan dengan cepat. Selain gratis, Canva juga menawarkan banyak template berbayar dan pastinya dengan desain yang sangat keren

Corel Photo Paint

Aplikasi ini adalah satu paket bersama aplikasi coreldraw. Untuk membuat poster menggunakan corel photo paint sebenarnya hampir sama seperti menggunakan photoshop.

Hanya saja pada Corel Photo Paint tidak memiliki efek seperti yang terdapat pada photoshop. meskipun begitu hasil poster editan corel photo paint cukup memuaskan seperti aplikasi-aplikasi lainnya

Office Word / MS Word

Software ini umumnya digunakan sebagai aplikasi pengolah data. namun juga dapat digunakan untuk menyusun poster. Karena sebagai software yang digunakan mengolah data, office word memiliki banyak keterbatasan dalam hal editing

Sehingga poster yang dibuat menggunakan office word hanya jenis poster afirmasi saja. Sedangkan untuk poster lainnya membutuhkan proses editing terlebih dahulu menggunakan photoshop atau coreldraw.


Contoh Poster Pendidikan

Contoh Poster Pendidikan
Contoh Gambar Poster Pendidikan

Contoh Poster Lingkungan

Contoh poster lingkungan
Contoh gambar poster lingkungan

Lihat juga : Sistem Informasi Adalah – Pengertian Fungsi dan Tujuan

Sehingga bisa disimpulkan jika pengertian poster merupakan kombinasi gambar dan kata-kata dalam sebuah media yang digunakan sebagai iklan yang dapat menarik perhatian banyak orang dengan berbagai tujuan tertentu di dalamnya.