close

Contoh Gambar Ilustrasi, Fungsi dan Pengertian

Contoh Gambar Ilustrasi – Kata ilustrasi ini sering sekali kita jumpai dalam berbagai bentuk penggunaan, kata ilustrasi sendiri ditujukan untuk memberikan gambaran terkait sebuah peristiwa atau keadaan yang diceritakan dalam sebuah buku atau media lainnya.

Gambar Ilustrasi merupakan sebuah gambaran yang kerap digunakan untuk membantu memperjelas isi dalam buku. Gambarannya sendiri dapat berupa desain, diagram, penjelasan hingga gambar dan khiasan.

Beberapa gambaran ilustrasi tersebut biasanya dibuat oleh pencipta atau penulis sebauh buku yang nantinya disajikan dalam badan tulisan sebagai khiasan atau untuk memperjelas alur atau cerita bagi si pembaca.

Untuk lebih memahami lagi mengenai gambar ilustrasi berikut kami rangkum ulasan mengenai definisi, fungsi, tujuan lengkap dengan contoh gambar ilustrasi. Berikut penjelasannya.

Baca juga : Contoh Seni Rupa 3 Dimensi Beserta Penjelasannya

Pengertian Gambar Ilustrasi

Kata ilustrasi berasal dari Bahasa latin, yaitu “Illustrare”. Kata “Illustrare” ini berarti memperjelas atau menerangkan. Dengan begitu, arti atau definisi dari gambar ilustrasi ini merupakan sebuah gambar yang bersifat dan befungsi sebagai subjek untuk memperjelas sebuah peristiwa.

Namun ada juga yang menganggap bahwa kata ilustrasi ini berasal dari kata “Ilusi” yang dapat di artikan sebagai sebuh gambaran fiksi atau angan-angan saja dimana sifatnya hanya sebagai khiasan belaka. Hal ini dikarenakan penggunaannya sebagai subjek pelengkap guna untuk memperjelas sebuah tulisan.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian ilustrasi ini dijelaskan dengan gambaran sebagai berikut :

  • Gambar yang digunakan untuk memperjelas isi karangan atau penjelasan pada sebuah buku.
  • Dapat berupa gambar, desain, atau diagram guna untuk hiasan.
  • Terdapat keterangan tambahan didalamnya.

Sedangkan menurut wikipedia, Pengertian gambar ilustrasi adalah visualisasi yang tertera dalam sebuah tulisan yang digambarkan dengan teknik fotografi, lukisan, drawing atau dengan penggunaan teknik lainnya yang lebih mengutamakan hubungan subjek dengan sebuah alur dalam sebuah tulisan.

Baca juga : 10 Contoh Seni Rupa Murni dan Penjelasannya

Contoh Gambar Ilustrasi

gambar ilustrasi memiliki beberapa jenis sehingga dengan penggunaan ilustrasi yang beraga, mak sebuah tulisan tidak akan terlihat monoton. Berikut beberapa jenis dan contoh gambar ilustrasi.

Pos Terkait:  Seni Rupa Terapan - Pengertian, Fungsi & Contohnya

Karikatur

Karikatur merupakan gambar ilustrasi yang bersifat lucu, namun mengandung tujuan yang mengkritik. Dengan kata lain, gambar karikatur cenderung bersifat sindiran sosial dari sebuah peristiwa yang sedang hangat diperbincangkan dan bertujuan agar mendapat perhatian dari banyak orang.

Contoh gambar ilustrasi karikatur
Contoh gambar ilustrasi karikatur

Kartun

Gambar ilustrasi kartun, yaitu berupa sebuah subjek gambar yang dibumbui dengan unsur kelucuan atau kejenakaan dari suatu tokoh serta peristiwa yang sedang digambarkan secara humor.

Gambar ilustrasi kartun
Contoh gambar ilustrasi kartun

Komik

Komik juga termasuk kedalam salah satu jenis atau contoh gambar ilustrasi. Kata komik sendiri berasal dari kata “comic” yang berarti lucu atau sesuatu yang bersifat jenaka.

Komik adalah sebuah karya seni yang penggunaannya dilakukan dengan rangkaian gambar tidak bergerak dan disusun sehingga membentuk sebuah salinan cerita.

Gambar ilustrasi komik
Contoh gambar ilustrasi komik

Reklame

Gambar ilustrasi reklame merupakan suatu gambaran yang didalamnya menyertai reklame yang bertujuan untuk lebih menjelaskan pesan dalam sebuah produk yang ditawarkan.

Lihat juga : Contoh reklame

Gambar karikatur reklame
Contoh gambar karikatur reklame

Vignatte

Dalam sebuah majalah atau surat kabar yang beredar terdapat sebuah gambar gambar yang biasanya tertera di bagian badan tulian atau sesudah tulisan.

Gambar ilustrasi tersebut sering disebut dengan nama Vignette. Vignate merupakan gambar pengisi pada suatu halaman kosong dalam majalah atau surat kabar yang memiliki fungsi sebagai menghias.

Gambar ilustrasi vignatte
Contoh gambar ilustrasi vignatte

Sampul buku

Sampul buku atau cover bisa juga disebut dengan baju buku atau penutup dari isi sebuah buku atau majalah. Gambar cover ini dibuat untuk mewakili dan mendeskripsikan isi buku sehingga terlihat menarik.

Gambar ilustrasi sampul buku
Contoh gambar ilustrasi sampul buku

Fungsi Gambar Ilustrasi

Gambar Ilustrasi memiliki beberapa fungsi peranannya cukup penting dalam sebuah karya tulisan. Beberapa fungsi ilustrasi ialah sebagai berikut :

Baca juga : Contoh Seni Rupa 2 Dimensi Beserta Penjelasannya

Fungsi ilustrasi secara umum

  1. Gambar ilustrasi yang umumnya terdapat pada buku, koran, majalah, dan media lain sebagainya biasanya memuat informasi di setiap tulisanya sehingga media tersebut menjadi lebih menarik untuk dibaca. Dengan begitu, ilustrasi dapat berfungsi untuk menarik perhatian pembaca.
  2. Sering kali pembaca akan lebih mudah memahami isi pada sebuah informasi jika didalamnya sudah dilengkapi dengan gambar ilustrasi. Maka gambar ilustrasi juga berfungsi untuk mempermudah orang dalam memahami isi tulisan
  3. Gambar ilustrasi juga dapat menggambarkan sesuatu, pasalnya gambar ilustrasi dapat membuat pembaca untuk memahami suatu informasi tanpa harus membaca keseluruhan isi tulisan tersebut.
  4. Selain dapat menggambarkan sesuatu, gambar ilustrasi juga memudahkan pembaca dalam mengungkap sebuah kejadian. Hal tersebut dikarenakan setiap peristiwa akan lebih mudah dipahami oleh setiap orang apa bila dijelaskan dengan ilustrasi.
  5. Fungsi lain dari gambar ilustrasi yang diterapkan secara umum ialah terlihat lebih menarik karena mengandung nilai estetika. informasi yang terkandung dalam bentuk teks yang mungkin akan terlihat membosankan bisa menjadi lebih menarik jika dilengkapi dengan gambar ilustrasi.
Pos Terkait:  Tari Jaipong Berasal Dari Daerah...

Fungsi ilustrasi secara khusus

  1. Sebagai deksriptif : Gambar ilustrasi dapat memberikan penjelasan yang ringkas terhadap suatu karya tulis sehingga akan lebih cepat dipahami oleh setiap pembacanya.
  2. Sebagai Ekspresif : Ilustrasi dapat menyampaikan ide dan gagasan yang dikemas dalam bentuk gambar. Sehingga hal ini merupakan fungsi ekspresif dari penggunaan gambar ilustrasi.
  3. Sebagai Kualitatif : Dalam menyampaikan sebuah informasi sangat penting serta dapat dilakukan dengan penggunaan ilustrasi ang dibuat dalam bentuk grafik, tabel, simbol, dan lain sebagainya.
  4. Sebagai Analitis : seperti yang kita ketahui, dalam proses analitis gambar ilustrasi dapat digunakan sebagai media yang dapat menjelaskan bagian-bagian tertentu secara rinci.

Tujuan Gambar Ilustrasi

Sedangkan untuk tujuan dalam penggunaan gambar ilustrasi ialah senagai berikut:

  1. Menarik Perhatian Pembaca : Karya tulis akan terlihat lebih menarik perhatian pembaca jika seorang penulis menempatkan ilustrasi di tulisan yang ia buat. Sehingga dengan adanya ilustrasi tersebut akan membuat pembaca merasa penasaran sehingga tertarik untuk membaca.
  2. Menonjolkan Keunikan : Gambar Ilustrasi merupakan gambaran seni yang mengandung unsur keunikan. Semakin uniknya suatu ilustrasi, maka akan membuat orang semakin penasaran terhadap isi tulisan yang dibumbui dengan adanya ilustrasi tersebut. Misalnya saja ketika kita hendak menawarkan suatu produk dengan penggunaan berbahan alami, maka gambar ilustrasi yang disajikan harus mengandung unsur yang sesuai dengan konsep alami itu sendiri seperti pepohonan ataupun hewan-hewanan.
  3. Komunikasi Produk : Dengan adanya ilustrasi, produsen akan semakin mudah ketika hendak memperkenalkan produk yang mereka miliki kepada konsumen tanpa perlu menjelaskan secara rinci. Tidak dapat dipungkiri bahwa kemasan produk yang mengandung ilustrasi yang menarik cenderung lebih mempengaruhi minat konsume daripada kemasan produk yang tidak menghadirkan unsur ilustrasi disetiap kemasannya.
  4. Memperjelas Makna Tulisan : Dengan adanya ilustrasi, selain dapat menjadikan sebuah tulisanterlihat lebih menarik, adanya visualisasi melalui ilustrasi dapat membantu untuk menjelaskan makna yang akan disampaikan didalam badan tulisan. Disisi lain, dengan adanya ilustrasi juga dapat membantu pembaca untuk mengembangkan imajinasinya terhadap tulisan yang mereka baca.
Pos Terkait:  Seni : Pengertian, Fungsi dan Ciri-Ciri

Demikianlah penjelasan mengenai gambar ilustrasi mulai dari definisi, tujuan, fungsi hinggacontoh gambar ilustrasinya. Semoga bermanfaat