close

Variabel : Pengertian, Manfaat dan Contoh Variabel

Variabel Adalah – Pengertian variabel baik secara umum maupun menurut para ahli masih banyak yang belum mengetahuinya, meskipun pada dasarnya sebagian besar dari kita sudah sering mendengarnya.

Variabel merupakan objek penelitian atau bisa disebut juga sebagai media terfokus dari suatu penelitian yang berbentuk abstrak atau real.

Nilai dari variabel ini memiliki varian yang dapat berubah-ubah. Dengan demikian, variabel adalah sebagai salah satu objek yang ditentukan seorang peneliti dengan tujuan untuk memperoleh hasil informasi yang dapat disimpulkan.

Pada kesempatan kali ini, kamu akan lebih memahami mengenai variabel, baik itu pengertian secara umum, menurut para ahli, beserta macam-macam, manfaat dan contohnya. Berikut penjelasannya:


Pengertian Variabel

Variabel merupakan besaran yang bisa berubah dan berpengaruh pada sebuah peristiwa atau hasil dari penelitian.

Variabel ini dapat mempermudah peneliti untuk menganalisis atau mengidentifikasi masalah yang ada. Selain itu, variabel juga penting untuk dipakai khususnya pada penelitian jenis sains, salah satunya variabel bebas.

Dalam sebuah penelitian biasa digunakan beberapa jenis variabel yang terdiri dari beberapa komponen, yaitu perlakuan, faktor, dan atribut yang wajib dipelajari dan diambil dari sebuah kesimpulan hasil pengkajian dari sebuah penelitian.

Selain dari penjelasan di atas, kamu juga bisa memahami apa itu variabel dari berbagai penjelasan pengertian variabel menurut para ahli berikut ini.

Lihat juga : Rumus Luas Lingkaran Beserta Contoh Soal


Pengertian Variabel Menurut Para Ahli

Setelah mengetahui pengertian dari variabel secara umum, kamu juga perlu untuk mengetahui pengertian menurut para ahli berikut ini:

Sugiyono

Pengertian menurut ahli yang pertama adalah berdasarkan pendapat Sugiyono, yang mengatakan variabel adalah salah satu bentuk dari yang dibuat seorang peneliti hingga ia menghasilkan sebuah informasi yang bisa ditentukan kesimpulannya.

Pos Terkait:  Pancasila : Pengertian, Sejarah, Tujuan dan Makna

FN. Kerlinger

Pengertian variabel menurut Kerlinger adalah konsep yang memiliki beragam nilai, serta variabel merupakan konsep yang sudah diubah.

Freddy Rankuti

Variabel merupakan konsep yang memiliki nilai bervariasi, nilai tersebut dapat dibagi menjadi empat data yang berbeda beda, yakni skala, rasio, ordinal, serta nomina dan internal.

Sutrisno Hadi

Sedangkan variabel menurut ahli Sutrisno Hadi adalah variasi dari objek penelitian, seperti tinggi manusia, dan divariasikan dengan umur atau berat badan yang dimilikinya.

Sugiarto

Variabel diartikan sebagai karakter yang dapat diobservasi dari unit amatan yang menjadi suatu pengenal atau atribut dari sekelompok objek.

Maksudnya adalah terjadinya variasi antara objek yang satu dengan yang lainnya dalam kelompok tertentu.


Macam-Macam Variabel

Dikatakan variabel merupakan sifat suatu objek penelitian yang memiliki variasi. Berdasarkan hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya, macam-macam variabel dalam sebuah penelitian adalah sebagai berikut:

Variabel Independen

Variabel independen atau bisa disebut juga variabel bebas adalah salah satu variabel yang memiliki pengaruh besar akan variabel lainnya.

Misalnya pengaruh jumlah pupuk organik atas hasil produksi panen padi. Dalam penelitian tersebut maka variabel bebas yang berperan adalah pupuk organik.

Variabel Dependen

Variabel dependen juga disebut variabel terikat, berbanding terbalik dengan variabel independen.

Pada variabel dependen pada dasarnya dapat dipengaruhi oleh variabel bebas atau independen. Variabel ini juga disebut variabel terpengaruh, variabel output, variabel efek, dan lain sebagainya.

Contohnya pengaruh jumlah pupuk organik atas hasil produksi panen, sehingga dalam sebuah penelitian, variabel terikat adalah tanaman.

Variabel Intervening

Variabel Intervening mempengaruhi hubungan antara variabel independen dan dependen, tetapi tidak dapat diukur serta diamati.

Variabel ini adalah variabel penyela yang letaknya di antara variabel independen dan dependen. Sehingga, variabel independen dan dependen tidak langsung mempengaruhi berubahnya atau timbulnya variabel terikat.

Pos Terkait:  Nasionalisme : Pengertian. Tujuan, dan Contohnya

Variabel Nominal

Fungsi dari variabel nominal ini adalah untuk membedakan data dari individu yang dikemas jadi bentuk kategori. Misalnya kategori berupa jenis kelamin, pekerjaan, status pernikahan, dan lain sebagainya.

Variabel Moderator

Macam variabel lainnya adalah variabel moderator yang dapat berpengaruh sebagai variabel yang memperkuat atau melemahkan hubungan yang ada di variabel independen dan variabel dependen.

Kamu bisa menemukan variabel dalam bentuk penelitian kualitatif atau kuantitatif.

Contoh dari variabel moderator ini hubungan motivasi dan prestasi belajar akan semakin baik jika peranan guru juga baik, dan sebaliknya.

Variabel Ordinal

Variabel Ordinal adalah cara menentukan bisa menggunakan berdasarkan rank atau urutan. Misalnya seperti yang diterapkan pada saat mengurutkan ranking siswa di suatu kelas.

Variabel Interval

Fungsi dari Variabel Interval adalah untuk membantu mengurutkan data. Itulah mengapa variabel jenis ini juga disajikan dalam bentuk interval.

Variabel Ratio

Variabel Ratio adalah salah satu variabel yang bentuknya hampir sama dengan variabel interval. Tetapi dalam variabel ratio ini memiliki data nol mutlak.


Manfaat Variabel Penelitian

Variabel dalam sebuah penelitian tentunya memiliki manfaat tersendiri. Selengkapnya mengenai manfaat variabel dalam sebuah penelitian, dapat disimak dalam poin-poin berikut ini:

  • Variabel dalam sebuah penelitian berguna untuk meyiapkan alat dan juga metode sebaik mungkin. Supaya lebih ringkas saat digunakan untuk mengumpulkan data, dan menganalisa dengan tepat.
  • Variabel juga memiliki peran penting dalam sebuah penelitian, khususnya pada tahap hipotesis yang menjadi dasar dari sebuah penelitian.

Contoh Variabel

Pengertian variabel

Setelah mengetahui pengertian dari variabel, beserta macam macamnya dan juga manfaat variabel dalam sebuah penelitian. Sekarang kita cari tahu seperti apa contoh dari berbagai variabel yang ada.

Pos Terkait:  Tabel Perkalian 1 Sampai 10 - 100 & Gambarnya

Contoh Variabel Independen

Contoh variabel independen ini dalam pelajaran matematika. Umumnya variabel digunakan dalam sebuah persamaan.

Contoh penggunaan variabel dalam persamaan:

y=7+4x

Y memiliki fungsi sebagai variabel independen karena besar nilainya bergantung pada besaran nilai x. Semakin besar x, maka semakin besar nilai y, dan sebaliknya.

Contoh Variabel Dependen

Sementara contoh dari variabel dependen adalah sebagai berikut:

Misalnya mengenai pengaruh kafein terhadap nafsu makan. Maka pengaruh kafein berperan sebagai variabel independen. Sementara nafsu makan berperan sebagai variabel dependen.

Kopi mengandung kafein, sehingga dapat digunakan untuk menekan selera makan. Tetapi, ketika efek kafein hilang. Maka, otomatis bagi yang mengonsumsinya, akan merasa lapar kembali.

Contoh Variabel Intervening

Misalkan diterapkan sebuah kebijakan baru terkait harga diikuti peningkatan volume penjualan, karena pembeli bersifat rasional.

Maka yang menjadi variabel intervening dalam hal itu adalah karena pembeli bersifat rasional. Hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen dan loyalitas. Maka yang menjadi variabel intervening adalah kepuasan konsumen.

Pengertian variabel adalah objek penelitian atau bisa disebut juga sebagai media terfokus dari suatu penelitian yang berbentuk abstrak atau real.

Pengertian variabel juga dikemukakan menurut ahli seperti Sugiyono, Kerlinger, dan lain sebagainya yang mengartikan variabel dari sudut pandangnya.

Ada beberapa macam variabel yang ada dan digunakan dalam sebuah penelitian, seperti variabel independen, dependen, intervening, nominal, moderator, ordinal, interval, dan ratio.