close

Rumput Teki Berkembang Biak Dengan Cara…

Rumput teki berkembang biak dengan cara – Dalam artikel kali ini kita akan mengkaji materi yang cukup penting dipelajari, terlebih lagi bagi siswa-siswi yang sedang mempelajari bagaimana proses reproduksi pada tumbuhan.

Berbeda dari pembahasan sebelumnya yang kebanyakan membahas tentang perkembang baiakn tanaman berupa sayuran dan buah-buahan hingga hewan-hewanan, kali ini kita akan membahas mengenai proses reproduksi pada tumbuhan rumput teki dimana tumbuhan ini merupakan salah satu tamana hama yang susah untuk dikendalikan. Berikut pembahasannya kami rangkum untuk anda.

Cara Berkembang Biak Rumput Teki

Kita mungkin sering menemukan tanaman rumput teki dimana-mana, karena memang tumbuhan ini bisa tumbuh secara liar dengan begitu cepat serta dapat hidup di lahan terbuka.

Rumput teki berkembang biak dengan cara Geragih atau “Stolon” Dimana Pengertian dari geragih sendiri merupakan sebuah modifikasi alami dari sebuah batang yang tumbuh menyamping di ruas-ruasnya sehingga menjadi individu baru.

Tanaman ini merupakan salah satu gulma adaptif, berarti tanaman ini merupakan hama yang dapat dengan mudah beradaptasi sehingga bisa berkembang biak dengan begitu cepat. Selain itu, tanaman ini cukup kuat bertahan dalam tanah dengan kondisi apapun, seperti lingkungan yang kering hingga lingkungan yang berair sekalipun.

Pos Terkait:  Organ Pada Burung Yang Dapat Menyimpan Sadangan Udara Saat Terbang Adalah

Itulah mengapa tanaman ini menjadi salah satu musuh petani karena keberadaannya tidak menguntungkan bagi tanaman yang dibudidayakan. Pasalnya, keberadaan gulma akan mencuri nutrisi serta air mineral yang seharusnya diserap oleh tanaman utama.

Rumput teki juga bisa menumbuhkan umbi yang sebenarnya umbi tersebut merupakan modifikasi dari batang tanaman tersebut. Geragih yang tumbuh dari rumput teki biasanya dapat tumbuh dengan ukuran yang relative panjang sehingga mencapai kedalaman sekitar satu meter didalam tanah.

Dengan kedalaman tersebut tentunya akan sulit dikendalikan oleh para petani jika bisa maka akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit hanya untuk menghilangkan eksistensi rumput teki secara keseluruhan.

Meski rumput teki merupakan salah satu hama tanaman atau gulma yang sangat sulit untuk di kendalikan. Meski begitu, di Indonesia ada juga yang memanfaatkan tanaman gulma ini sebagai obat herbal.

Kesimpulan

Cara berkembang biak rumput teki
Cara berkembang biak rumput teki

Dari penjelasan diatas, kita bisa mengutip kesimpulan bahwa rumput Teki merupakan tanaman yang tergolong kedalam tanaman semak-semak, namun memiliki batang yang tipis serta berwarna hijau nan gelap, daun dari tumbuhan ini biasanya memanjang dan sedikit tajam dibagian ujungnya serta tinggi-nya bisa mencapai 140 cm.

Rumput teki juga bisa digunakan sebagai bahan baku obat sehingga bisa dimanfaatkan sebagai kesehatan diantaranya dapat mengobati penyakit kulit, mengobati gejala sakit mata, mengobati luka, diare, dan juga dapat meredakan demam.

Pos Terkait:  Kadal Berkembang Biak Dengan Cara...

Rumput teki berkembang biak secara vegetative, yaitu menggunakan GERAGIH atau yang disebut juga dengan nama STOLON.

Lihat juga :

Demikianlah pembahasan mengenai proses perkembangbiakan rumput teki, semoga bermanfaat.