tanaman cocor bebek akan menumbuhkan tunasnya pada bagian

Tanaman Cocor Bebek Akan Menumbuhkan Tunasnya Pada Bagian

Diposting pada

Tanaman Cocor Bebek Akan Menumbuhkan Tunasnya Pada Bagian – Tanaman cocor bebek atau yang memiliki nama latin “kalanchoe pinnata syn” atau yang juga disebut “bryophyllum” adalah tanaman yang aslinya berasal dari pulau Madagaskar.

Bagi kebanyakan masyarakat di Indonesia, tanaman cocor bebek ini banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias di rumah. Tanaman ini juga banyak tumbuh liar di perkebunan, parit-parit, hingga tanah berbatu didekat sungai.

Tanaman yang satu ini juga dikenal dengan cara berkembang biaknya yang melalui adventif (tunai daun) atau berkembang biak secara vegetatif.

Karena banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias, menjadikan penyebaran tanaman cocor bebek mengalami penyebaran yang sangat luas sampai hampir ke seluruh belahan bumi terutama pada belahan bumi yang cenderung beriklim tropis bahkan hingga sub tropis.

Sebagian besar habitatnya tumbuh di kawasan Asia, Selandia Baru, Indonesia, Hawaii, Australia, Galapagos, hingga Polinesia.

Di beberapa wilayah seperti di Hawaii, tanaman cocor bebek ini dianggap sebagai spesies yang invasif.

Deskripsi

Tanaman cocor menumbuhkan tunasnya pada bagian sisi daunnya dalam bentuk tunas adventif. Pengertian Tunas adventif sendiri adalah metode perkembangbiakan pada tanaman secara vegetatif dengan menggunakan tunas yang tumbuh tidak ditempat yang sebagaimana mestinya, misalnya bagian di ujung daun.

Tanaman tertentu seperti cocor bebek akan menumbuhkan tunas-tunas kecil di ujung daunnya akibat adanya hormon akusin dan hormon sitokinin di daerah tersebut.

Pertumbuhan tunas tersebut akan menghasilkan daun dan akar pada bagian daunnya. untuk tanaman jenis tertentu seperti tanaman cocor bebek akan menumbuhkan tunas di pinggir daunnya hingga puluhan calon tunas adventif yang nantinya bisa menjadi individu baru.

Klasifikasi Tanaman Cocor Bebek

Untuk mengetahui klasifikasi dari tanaman cocor bebek, anda bisa melihat dlam table berikut ini:

KerajaanPlantae
Divisi Magnoliophyta
Kelas Magnoliopsida
OrdoSaxifragales
FamiliCrassulaceae
GenusKalanchoe
SpesiesK. Pinnata

Morfologi Tanaman Cocor Bebek

Tanaman yang berkembang biak melalui adventif atau (tunai daun) atau yang juga disebut vegetatif ini biasa tumbuh di kebun, parit dan tanah berbatu. Berikut merupakan marfologi dari tanaman cocor bebek

  • Memiliki batang yang beruas
  • Memiliki daun yang berdaging, tebal,serta mengandung banyak daun.
  • Tanaman cocor bebek memiliki daun yang cenderung berwarna hijau muda, namun terkadang ada juga yang daunnya berwarna abu-abu.
  • Memiliki bunga yang bersifat majemuk, sedangkan buahnya berbentuk kotak.
  • Rasa buahnya asam dan ketika dimakan akan terasa dingin.

Lihat juga:

Demikianlah informasi yang dapat kami bagikan untuk menjawab soal yang tertera dalam judul artikel. Semoga bermanfaat.


Gambar Gravatar
Sangat mengutamakan relevansi, sehingga kami ter-Obsesi untuk menyajikan informasi yang berkualitas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.