close

Bagian Bunga Yang Merupakan Sel Kelamin Jantan

Bagian bunga yang merupakan sel kelamin jantan adalah Serbuk sari. Disisi lain bagian bunga yang merukana sel kelamin betina ialah ovum (telur). Putik merupakan alat kelamin betina, sedangkan benangsari adalah alat kelamin jantan.

Meski bunga memiliki bentuk, warna dan susunan yang beragam dan cenderung berbeda antara tanaman satu degan yang lainnya, namun umumnya bagian-bagian yang dimiliki bunga sama dengan fungsi yang sama pula.

Bagian-bagian bunga

Bagian bagian bunga

Berikut adalah bagian-bagian bunga:

  1. Putik: Bagian ini merupakan alat kelamin betina. Ciri-cirinya terdiri dari kepala putik, tangkai putik, dan bakal buah.
  2. Kepala Putik: Bagian bunga ini berfungsi sebagai tempat untuk penempelan serbuk sari atau penyerbukan.
  3. Tangkai Putik: Bagian ini berfungsi untuk jalannya inti sel gamet jantan menuju ke ovarium.
  4. Bakal Buah: Merupakan calon terbentuknya daging buah.
  5. Bakal Biji (ovarium): Bagian ini merupakan tempat terbentuknya ovum dan sel gamet lainnya. Pada bakal biji ini nantinya akan terbentuk biji.
  6. Kelopak Bunga: Merupakan bagian bunga yang paling luar yang posisinya cenderung menyelimuti mahkota ketika masih kuncup. Fungsinya yaitu melindungi mahkota bunga ketika bentuknya masih kuncup. Kelopak bunga akan terbuka saat mahkota bunganya mekar.
  7. Tangkai Bunga: Posisi tangkai bunga berada pada bagian bawah bunga. Fungsinya untuk menopang bunga dan menghubungkannya dengan bagian tumbuhan lainnya.
  8. Benang Sari: Adalah alat kelamin jantan yang terdiri atas tangkai sari, kepala sari, dan serbuk sari.
  9. Tangkai Sari: Bagian ini merupakan penghubung kepala benang sari dengan dasar bunga.
  10. Kepala Sari: Tempat pembentukan serbuk sari (gamet jantan).
  11. Mahkota Bunga: Merupakan bagian bunga yang memiliki bentuk yang paling indah karena memiliki warna dan bentuk yang beragam. Bagian ini berfungsi untuk menarik serangga. Keberadaan serangga yang hinggap pada bunga akan membantu proses penyerbukan.

Lihat juga: Tanaman cocor bebek akan menumbuhkan tunasnya pada bagian

Demikianlah penjelasan singkat mengenai bagian-bagian pada bunga. Semoga bermanfaat

Pos Terkait:  Katak Berkembang Biak Dengan Cara...