close

Tangga Nada Musik Daerah Nusantara Didominasi Tangga Nada…

Tangga nada musik daerah nusantara didominasi tangga nada apa? Untuk mengatahui apa jawaban dari pertanyaan tersebut, kamu amu bisa lanjut membaca artikel ini untuk mencari tahu jawabannya.

Pertanyaan tersebut memang berkaitan dengan mata pelajaran SBK atau kesenian, khususnya yang mempelajari seni musik.

Tangga nada musik daerah nusantara didominasi tangga nada Pentatonis.

Jika kamu belum mengetahui mengapa harus didominasi dengan tangga nada pentatonis, kamu bisa memahaminya setelah membaca pengertian dari tangga nada pentatonis ini.

Seperti yang kita ketahui, tangga nada merupakan urutan nada yang disusun secara berurutan. Tangga nada sendiri terbagi menjadi dua, yaitu diatonis dan pentatonis.

Pengertian Tangga Nada Diatonis

Tangga nada diatonis adalah tangga nada yang memiliki dua jarak nada, yaitu satu dan setengah serta memiliki tujuh nada pokok.

Saat kamu memainkan alat musik seperti piano dan organ, maka saat itulah kalian sedang menggunakan tangga nada diatonis ini.

Pengertian Tangga Nada Pentatonis

Tangga nada pentatonis merupakan nada yang hanya memakai lima nada pokok. Pada ragam tangga nada pentatonis, jarak dan nadanya dibedakan serta adanya pilihan nada yang didengar.

Tangga nada pentatonis ini juga terbagi menjadi dua kategori, yaitu pelog (do-mi-fa-sol-si) dan slendro (do-re-mi-sol-la). Beberapa jenis alat musik yang menggunakan tangga nada ini yaitu gamelan Sunda, Bali, Madura, gamelan Jawa, dan Batak.

Pos Terkait:  Salah Satu Jenis Karya Seni Rupa Terapan Adalah Seni Kriya Yang Disebut Juga

Sedangkan salah satu lagu yang menggunakan tangga nada pelog adalah lagu Gundhul Pacul dari Jawa Tengah. Lalu contoh lagu daerah yang menggunakan tangga nada slendro yaitu pada lagu Cublak-Cublak Suweng dari daerah Jawa Tengah.

lihat juga: Alat yang digunakan untuk mengukir bahan lunak

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai pertanyaan tangga nada musik daerah nusantara didominasi tangga apa.