close

Seni Budaya Adalah – Pengertian, Fungsi dan Contohnya

Seni Budaya – Seni dan kebudayaan menjadi dua hal yang tidak pernah bisa dipisahkan karena memiliki ikatan kuat satu sama lain.

Kebudayaan di suatu daerah akan menghasilkan seni yang menjadi ciri khas hingga ikonnya. Salah satu daerah yang terkenal akan kekayaan seni budaya adalah Indonesia.

Indonesia memiliki beragam seni dan kebudayaan yang tersebar ke seluruh penjuru nusantara dari Sabang hingga Merauke. Seni dan kebudayaan Indonesia tidak akan pernah habis karena selalu dilestarikan oleh masyarakatnya.

Masyarakat Indonesia masih terus menjaga kearifan lokal ini. Mereka melestarikannya dengan tujuan agar anak cucunya tidak lupa akan jati diri sebagai penghuni nusantara.

Seni dan kebudayaan Indonesia terus dipertahankan bahkan dikenalkan ke mata dunia internasional. Jika kamu ingin tahu lebih dalam tentang seni budaya, sebaiknya menyimak materi berikut ini.

Lihat juga : Seni Teater – Pengertian, Fungsi, Unsur dan Contohnya


Pengertian Seni budaya

Secara umum, pengertian seni budaya adalah segala sesuatu yang dicetuskan oleh manusia yang memiliki kaitan erat dengan metode hidup dan bertumbuh secara bersama-sama pada suatu komunitas yang memiliki komponen artistik dari generasi ke generasi.

Menurut para ahli, seni dan kebudayaan memiliki macam-macam pengertian yang tak sedikit jumlahnya. Jika kamu penasaran tentang apa yang dimaksud dengan seni dan kebudayaan berdasarkan para ahli, sebaiknya menyimak uraian di bawah ini.

  • Harry Sulastianto

Menurut Harry Sulastianto, seni budaya adalah sebuah keterampilan dengan tujuan untuk mengungkapkan gagasan-gagasan dan pola pikir artistik dalam rangka melahirkan kemajuan peradaban.

Dosen Seni Rupa dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) ini juga menambahkan bahwa seni dan kebudayaan mampu menciptakan kreativitas sudut pandang terhadap sejumlah benda atau suasana.

  • Sartono Kartodirdjo

Sejarawan asal Indonesia ini mengemukakan pendapatnya bahwa seni budaya adalah sebuah rangkaian yang terikat satu sama lain yang biasanya memiliki fungsi untuk memudahkan komunikasi lewat kesenian yang bisa menjelaskan tujuannya.

  • Ida Bagus Putu Perwita

Seorang seniman dari Bali bernama Ida Bagus Putu Perwita mengungkapkan bahwa seni dan kebudayaan merupakan alat pendukung pada sebuah acara dan ritual adat.

  • M. Thoyibi

Sedangkan M. Thoyibi berpendapat bahwa seni budaya memiliki pengertian suatu pengungkapan hasrat seni yang telah melekat pada sebuah kebudayaan serta dapat dinikmati masyarakat banyak sepanjang sejarah peradaban manusia.

Lihat juga : Batik Yang Motifnya Dibuat Dengan Hanya Menggunakan Tangan


Fungsi Seni Budaya

Seni budaya adalah
Foto:
Seni ketoprak merupakan salah satu potensi seni budaya daerah yang
dilestarikan dan dikembangkan di Klaten. (Media/Djoko Sardjono)

Sebagai sebuah kearifan lokal yang dicetuskan oleh masyarakat nusantara, seni dan kebudayaan tentu saja memiliki kegunaan. Kegunaan seni dan kebudayaan dibagi menjadi 2 jenis yang bisa kamu lihat pada uraian di bawah ini.

Fungsi Praktis

Fungsi praktis memiliki kaitan erat dengan fungsionalitas sebuah kesenian. Karya seni dan kebudayaan lebih menonjolkan nilai guna dibandingkan dengan nilai estetisnya. Berikut ini contoh fungsi praktis dari sebuah seni budaya.

  • Furniture ukiran yang dibuat oleh orang-orang Jepara
  • Perabot rotan yang diproduksi oleh masyarakat Cirebon dan Klaten
  • Kerajinan batik kayu yang diolah oleh penduduk Yogyakarta

Fungsi Estetis

Fungsi estetis berkaitan dengan keindahan yang ditonjolkan suatu karya seni dan kebudayaan. Fungsi ini memenuhi hasrat manusia sebagai penikmat keindahan, misalnya patung, arca, lukisan, lagu daerah, dan lain sebagainya.

Pada zaman dahulu, seni dan kebudayaan berfungsi untuk sarana upacara adat atau keagamaan. Namun seiring dengan perkembangan nusantara, seni dan kebudayaan disimpan dimuseumkan agar bisa dinikmati masyarakat dan tetap terjaga keasliannya.


Macam Macam Seni Budaya

Seni dan kebudayaan terlahir dari cara hidup masyarakat nusantara. Kearifan lokal yang satu ini memiliki jenis yang beraneka ragam. Macamnya yang sangat banyak memiliki bentuk, unsur, dan fungsi masing-masing.

Pos Terkait:  5 Tarian Sunda Paling Terkenal Beserta Gambarnya

Selain itu, masing-masing jenis seni dan kebudayaan ini mengandung ciri khas tertentu. Apakah kamu penasaran tentang jenis-jenis seni dan kebudayaan? Berikut ini adalah macam-macam seni budaya beserta penjelasan lengkapnya yang bisa kamu simak.

Seni Tari

Seni tari merupakan salah satu wujud kesenian yang memanfaatkan tubuh sebagai media penghasil gerakan untuk mengungkapkan ekspresi. Fungsi dari bentuk kesenian yang satu ini bisa kamu ketahui dari uraian di bawah ini.

  • Menghibur diri dan orang lain
  • Meningkatkan kerukunan dalam pergaulan
  • Menjadi alat untuk ritual adat dan keagamaan

Perlu kamu ketahui bahwa seni tari memiliki sejumlah jenis yaitu tari tunggal, berpasangan, kelompok, dan kolosal. Sedangkan seni yang satu ini juga mengandung unsur di antaranya jenis gerakan, musik pengiring, dan kostum.

Seni Rupa

Seni rupa adalah suatu bentuk kesenian yang bisa dirasakan dengan indera penglihatan dan peraba karena mempunyai wujud dan memenuhi unsur rupa. Macam-macam seni rupa antara lain lukis, grafis, patung, gambar, poster, dan masih banyak lagi.

Selain itu, seni rupa juga memiliki banyak aliran mulai dari naturalisme, pop art, realisme, impresionisme, surealisme, dan lain sebagainya. Bentuk kesenian ini juga memiliki sejumlah fungsi yang bisa kamu simak pada poin-poin di bawah ini.

  • Menuangkan ekspresi seniman
  • Memberi kenikmatan batin kepada orang lain
  • Mengungkapkan nilai-nilai budaya
  • Sebagai penghias ruangan
  • Sebagai alat upacara adat dan keagamaan
  • Untuk mengabadikan sejarah

Seni Musik

Seni musik adalah salah satu bentuk kesenian yang terdiri dari rangkaian unsur-unsur bunyi. Unsur-unsur bunyi yang berupa irama, nada, dan lagu dipadukan sehingga membentuk suara yang harmonis.

Sedangkan unsur-unsur seni musik yakni irama, melodi, harmoni, birama, tangga nada, tempo, dinamika, dan timbre. Bentuk seni yang satu ini memiliki fungsi untuk memberi kenikmatan pada indera pendengaran sebagai ekspresi diri dan hiburan.

Menurut perkembangan zaman, jenis-jenis seni musik antara lain musik tradisional, musik klasik, dan musik populer. Namun, musik yang paling banyak diminati masyarakat adalah musik populer.

Seni Teater

Pengertian seni teater yaitu sebuah kesenian yang menyuguhkan pertunjukkan di depan orang banyak misalnya ketoprak, ludruk, wayang orang, lenong, dan lain-lain. Sama seperti bentuk kesenian lainnya, seni teater juga memiliki unsur-unsur yang bisa kamu simak di bawah ini.

  • Skenario
  • Pemain
  • Sutradara
  • Properti
  • Staf produksi
  • Desainer
  • Crew

Seni teater memiliki beragam fungsi salah satunya adalah untuk alat ritual adat dan keagamaan. Selain itu, seni teater juga bermanfaat sebagai media hiburan untuk bersenang-senang. Seni teater juga berguna sebagai media pendidikan untuk menyampaikan pesan moral.

Seni Kriya

Seni kriya diartikan sebagai kerajinan tangan yang dihasilkan oleh manusia. Kerajinan tangan yang dimaksud biasanya memiliki nilai guna untuk kegiatan sehari-hari sehingga memudahkan pekerjaan manusia.

Nilai guna yang dimaksud antara lain sebagai perabot sehari-hari, dekorasi, hingga mainan. Sedangkan jenis-jenis seni kriya dibedakan menjadi 2 kategori yang bisa kamu lihat pada uraian di bawah ini.

1. Berdasarkan Materialnya

  • Kriya kayu
  • Kriya tekstil
  • Kriya logam
  • Kriya keramik
  • Kriya batu
  • Kriya kulit

2. Berdasarkan Teknik Pembuatannya

  • Kriya batik
  • Kriya pahat
  • Kriya anyaman
  • Kriya bordir
  • Kriya tenun

Contoh Seni Budaya Indonesia

Banyaknya seni dan kebudayaan di Indonesia tak lepas dari campur tangan beragam suku bangsa. Suku bangsa yang tersebar di berbagai daerah di seluruh kawasan nusantara memiliki beragam gagasan cemerlang dalam menciptakan seni budaya.

Pos Terkait:  Contoh Gambar Ilustrasi, Fungsi dan Pengertian

Tak sedikit pula seni dan kebudayaan Indonesia mendapat pengakuan di kancah internasional. Selain itu, beberapa seni dan kebudayaan Indonesia juga telah tercantum sebagai aset dunia oleh UNESCO. Berikut ini adalah contoh seni dan kebudayaan Indonesia yang perlu kamu ketahui.

Tari Saman

Tari yang berasal dari suku Gayo di Aceh Tenggara ini telah tercatat sebagai kekayaan dunia oleh UNESCO pada tahun 2011. Tari tradisional ini terbilang unik karena hanya menyuguhkan gerakan tangan dan tubuh yang meliuk.

Tari Saman semakin unik karena diiringi lantunan syair-syair Islami yang mengandung pesan moral. Oleh karena itu, tari tradisional yang satu ini biasanya dijadikan sarana dakwah untuk menyampaikan ajaran-ajaran Islam.

Reog Ponorogo

Seni pertunjukkan asal Ponorogo ini terbilang unik karena dipentaskan oleh penari yang menggunakan topeng kepala singa dengan hiasan bulu-bulu merak. Cara memasang topeng raksasa bernama Singo Barong ini dengan cara digigit sehingga sarat akan nuansa mistis.

Nuansa magis sangat terasa ketika kesenian ini dipentaskan dengan atraksi Singo Barong yang menggunakan ilmu kebatinan. Kemistisan Reog Ponorogo juga memiliki kaitan erat dengan sejarah terbentuknya kesenian ini pada masa kerajaan.

Kesenian yang satu ini dilengkapi dengan sejumlah penari bujang ganong yang bertopeng dan penari kuda lumping. Atraksi dan tarian penari Reog Ponorogo terlihat semakin menarik karena iringan musik gamelan.

Angklung

Alat musik tradisional khas Jawa Barat ini terbuat dari pipa-pipa bambu yang dimainkan dengan cara menggoyangkannya. Bunyi merdu angklung dihasilkan oleh benturan antar pipa yang bergetar dalam harmonisasi nada.

Pertunjukkan musik angklung selalu menuai decak kagum masyarakat nusantara hingga dunia. Tak heran jika alat musik tradisional yang satu telah tercatat sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO pada November 2010.

Angklung masih terus dilestarikan hingga saat ini dengan cara dipentaskan dan dijadikan bahan ajar di sekolah. Tak hanya itu, di Jawa Barat kini telah bermunculan tempat wisata edukasi yang menawarkan kegiatan memainkan dan mementaskan pertunjukkan alat musik tradisional ini.

Batik

Salah satu contoh seni dan kebudayaan Indonesia yang paling populer adalah Batik. Keunikan batik Indonesia tak hanya dilihat dari kainnya saja, namun ada sejumlah unsur di baliknya yang luar biasa mengagumkan.

Batik mengandung unsur-unsur yang membuatnya dikagumi masyarakat dunia yaitu teknik membatik, inovasi motif, hingga teknologinya. Tak heran jika batik telah diakui sebagai aset budaya oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009.

Setiap tanggal 2 Oktober kemudian diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Orang yang pertama kali mengenalkan batik ke mancanegara adalah Presiden Republik Indonesia yang kedua. Bapak Soeharto memakai batik untuk diperlihatkan ke mata internasional di konferensi PBB.

Seiring dengan perkembangan zaman, batik terus dikembangkan dengan beragam inovasi terbaru. Inovasi yang dilakukan sangat beragam mulai dari penambahan varian motif hingga penggunaan teknologi untuk teknik pembuatannya.

Tenun

Selain batik, ada satu jenis kain dari Indonesia yang termasuk ke dalam wujud seni dan kebudayaan yaitu tenun. Sejumlah suku yang tersebut di seluruh nusantara memproduksi kain yang satu ini.

Tak heran jika kain tenun memiliki sebutan dan motif yang berbeda-beda di tiap daerah. Kain tenun di setiap daerah juga memiliki fungsi beraneka ragam mulai dari upacara adat hingga sebagai penolak bala.

Pos Terkait:  Seni Rupa Yang Memiliki Panjang, Lebar dan Tinggi

Sebagai contoh di Sumatera Utara, kain tenun dinamakan Ulos. Ulos biasanya digunakan sebagai kostum tari Tor Tor. Tak hanya itu, Ulos tak jarang dipakai untuk ritual adat dan keagamaan daerah setempat.

Wayang Kulit

Salah satu seni dan kebudayaan dari Pulau Jawa yang terkenal hingga mancanegara adalah wayang kulit. Wayang kulit telah diakui oleh UNESCO sebagai kekayaan budaya pada tahun 2003.

Wayang kulit merupakan sebuah seni pertunjukkan yang menampilkan kisah tokoh-tokoh pewayangan dengan narasi dan iringan musik gamelan. Narasi dan dialog antar wayang disampaikan oleh dalang sekaligus menggerakkan tokoh-tokoh pewayangan.

Pertunjukkan semakin menarik karena diiringi musik gamelan yang dimainkan oleh para nayaga. Pementasan terasa semakin syahdu dengan lantunan tembang dari pesinden. Pertunjukkan klasik ini memadukan seni peran, seni pahat, seni lukis, seni sastra, hingga seni musik secara harmonis.

Gamelan

Seperangkat alat musik tradisional yang satu ini dimainkan dengan cara dipukul dan ditabuh. Alat musik yang terbuat dari material kayu atau gangsa ini biasanya digunakan sebagai iringan tari dan pertunjukkan wayang.

Selain itu, gamelan juga tak jarang dipentaskan sendiri dengan lantunan tembang dari sinden. Alat musik tradisional yang satu ini memiliki 2 versi yaitu Gamelan Jawa dan Gamelan Bali. Kedua jenis gamelan ini tentu saja memiliki ciri khas masing-masing.

Keris

Keris merupakan senjata tradisional yang menjadi salah satu seni dan kebudayaan daerah Jawa Tengah. Senjata tradisional yang satu ini berbentuk meliuk-liuk dengan pangkal lebar lalu meruncing pada ujungnya.

Senjata tradisional yang satu ini pada zaman dahulu biasanya dijadikan benda pusaka oleh bangsawan. Oleh sebab itu, kerajaan di Jawa Tengah sering mengadakan ritual memandikan keris untuk disucikan.

Keunikan dibalik senjata tradisional yang satu ini membuatnya terkenal di kancah internasional. Tak heran jika keris telah diakui sebagai warisan budaya oleh UNESCO pada tahun 2005.

Tari Kecak

Tari tradisional yang satu ini terbilang unik karena menampilkan sendratari disertai atraksi. Keunikan tari ini juga didukung oleh suara 70 penari pria yang mengiringi tokoh utama beraksi. Tari tradisional yang satu ini masih digunakan sebagai upacara adat dan keagamaan.

Selain itu, tari Kecak juga digunakan sebagai sarana hiburan. Tari yang satu ini berasal dari Bali ini biasanya juga dipentaskan pada acara penyambutan wisatawan. Tak heran jika tari Kecak terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Kolintang

Seni dan kebudayaan yang satu ini berasal dari Minahasa, Sulawesi Utara. Alat musik yang satu ini biasanya dimainkan dalam acara ritual adat dan keagamaan. Selain itu, alat musik kulintang tak jarang digunakan sebagai pengiring lagu dan tarian.

Indonesia memiliki beraneka ragam suku budaya yang melahirkan kesenian sebagai lambang daerahnya. Seni dan kebudayaan Indonesia pun masih terjaga kelestariannya meski telah memasuki era globalisasi.

Tak sedikit pula keindahan dan keunikan seni budaya Indonesia yang telah diakui sebagai kekayaan dunia. Macam-macam seni dan kebudayaan Indonesia pada artikel di atas tentu saja bisa kamu jadikan motivasi untuk lebih mencintai dan melestarikannya.