close

Wirausaha : Pengertian, Ciri, Tujuan dan Contohnya

Wirausaha Adalah – Pengertian wirausaha dapat dipahami dari kata ‘entrepreneur’ dalam bahasa inggris yang berarti orang yang melakukan aktivitas atau mengelola wirausaha.

Mengelola wirausaha ini meliputi menentukan cara produksi baru, menyusun managemen operasi untuk pengadaan produk baru, cara memasarkan dan mengatur permodalan operasinya.

Lihat juga : 19 Usaha Franchise Dengan Modal Kecil

Wirausahawan dapat diartikan sebagai orang yang menciptakan kegiatan usaha. Ia tak hanya menciptakan saja, tapi juga harus mengenali produk baru yang ia kembangkan.

Untuk bisa memahami mengenai pengertian wirausahawan, beserta penjelasan lainnya seperti tujuan, karakteristik dan contoh wirausahawan berikut ulasan lengkapnya yang dapat kamu simak.


Pengertian wirausahawan

Pengertian wirausahawan adalah orang yang melakukan suatu aktivitas wirausaha, mulai dari menentukan cara produksi baru, menyusun managemen operasi untuk pengadaan produk baru, cara memasarkan dan mengatur permodalan operasinya.

Wirausahawan adalah orang yang berani berusaha secara mandiri dengan mengerahkan sumber daya yang dimiliki untuk menghasilkan sesuatu yang memiliki nilai tinggi, dengan segala risiko yang akan dihadapinya.

Seorang wirausahawan akan menggabungkan faktor produksi seperti sumber daya alam, tenaga kerja, material dan peralatan lainnya.

Ia juga akan melakukan sebuah proses yang disebut creative destruction untuk bisa menghasilkan suatu nilai tambah guna menghasilkan nilai yang lebih tinggi.

Wirausaha sejati berusaha dengan keras untuk menciptakan sesuatu yang inovatif, memiliki orientasi uang tetapi tidak menjadikan uang sebagai tujuan akhir.

Lihat juga : 23 Usaha Sampingan Di Rumah Dengan Modal Kecil


Ciri – Ciri Wirausahawan

Seorang wirausahawan dapat dikenali dari ciri-ciri yang dimilikinya. Terlebih bagi wirausaha yang benar. Oleh karena itu, penting bagi kamu yang ingin memulai usaha pastikan jenis wirausaha yang akan dibuat benar dan tidak menyalahi aturan.

Selalu Berpikir Positif

Poin pertama yang menjadi ciri-ciri wirausahawan adalah selalu berpikir positif. Kamu juga harus memiliki sikap ini jika ingin menjadi seorang wirausahawan.

Dalam berwirausaha, berpikir positif sangat penting apalagi saat akan mengambil keputusan dalam sebuah usaha. Selalu berpikir positif dapat merubah rasa cemas menjadi sikap optimis dan mendorong seseorang untuk terus berusaha hingga berhasil.

Selain itu dengan berpikir positif kita akan jadi lebih semangat lagi dalam menjalankan usaha. Serta secara tidak langsung kita menyebar energi positif kepada orang lain.

Berani Mengambil Risiko

Dalam sebuah kegiatan usaha tentunya ada oportunistik di dalamnya, tetapi juga banyak mengandung peluang gagal. Sebagai seorang wirausaha yang ingin sukses, kamu harus berani mengambil risiko.

Risiko akan selalu ada pada setiap keputusan yang akan kamu ambil di kemudian hari, baik itu risiko kecil maupun besar.

Tetapi, memulai untuk menjadi wirausahawan yang tangguh adalah dengan pantang menyerah akan kegagalan, dan berani mengambil risiko.

Memiliki Jiwa Pemimpin

Wirausahawan adalah orang yang memimpin dirinya sendiri, mulai dari itu barulah ia mampu memimpin orang lain, baik itu rekan kerja dan karyawan, atau orang-orang yang mendukung kegiatan usahanya.

Pos Terkait:  Cara Jualan dan Promosi di Instagram, Pemula Wajib Coba!

Maka penting sekali bagi seseorang yang ingin menjadi wirausahawan sukses untuk memiliki jiwa pemimpin.

Apabila suatu hari ada masalah datang secara tiba-tiba, kamu harus sigap di depan dan menghadapi permasalahan tersebut. Kamu juga dituntut untuk memikirkan solusi atas masalah yang ada.


Tujuan Berwirausaha

Pengertian Kewirausahaan

Selain memiliki ciri-ciri khusus, seorang wirausahawan juga memiliki tujuan berwirausaha. Memiliki tujuan sangat penting, karena dengan menentukan tujuan seorang wirausahawan dapat dengan jelas menentukan langkah yang harus dilakukan. Berikut beberapa tujuan berwirausaha.

Lihat juga : 26 Prospek Usaha Yang Menjanjikan di Masa Depan

Menerapkan Sikap Wirausahawan dalam Diri

Tujuan yang paling sederhana bagi seorang wirausahawan adalah menerapkan sikap seorang wirausahawan itu sendiri dalam dirinya.

Wirausahawan adalah orang yang disiplin, gigih, pantang menyerah, dan terus berusaha untuk bisa mencapai keberhasilan.

Sebelum akhirnya kamu mempengaruhi orang lain dengan sikap tersebut, kamu harus lebih dulu mampu menerapkan sikap tersebut dalam diri sendiri.

Apabila kamu berhasil menerapkan sikap baik tersebut, secara tidak langsung kamu akan menjadi contoh atau teladan bagi orang lain.

Membuka Lapangan Pekerjaan

Saat menjalankan sebuah usaha apalagi jika sudah dalam skala besar, tentu seorang wirausahawan membutuhkan sumber tenaga manusia.

Dalam hal ini wirausahawan akan merekrut pekerja dan karyawan untuk membantu dalam mengembangkan bisnisnya.

Dengan kata lain, menjadi seorang wirausahawan artinya sama saja dengan membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain.

Dengan begitu, seorang wirausahawan tersebut membantu dalam memajukan dan menyejahterakan kehidupan masyarakat. Selain meraup keuntungan, tentu hal ini berdampak positif dalam kehidupan masyarakat.

Meningkatkan Jumlah Wirausaha Berkualitas

Sebagai seorang wirausahawan tentunya kamu membutuhkan sumber daya manusia untuk menjalankan usaha. Dengan begitu, kamu akan merekrut orang menjadi pegawai dan karyawan.

Selama karyawan tersebut bekerja bersama kamu, tentunya kamu akan mengajarkan atau memberdayakan mereka sehingga menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Ketika kamu berhasil menjadi wirausahawan yang sukses, para sumber daya manusia tersebut juga bisa membentuk usaha baru yang sama berkualitasnya saat mereka bekerja dengan kamu.

Itulah mengapa tujuan dari berwirausaha adalah salah satunya meningkatkan jumlah wirausahawan dengan kualitas yang baik.

Memberikan Kesadaran Tentang Kewirausahaan

Memang bukan hal yang mudah untuk bisa menjadi seorang wirausahawan yang sukses. Tetapi, bukan berarti kamu tidak bisa melakukannya.

Apabila kamu punya sikap wirausahawan, dan kamu juga bisa memberdayakan sumber daya manusia dengan baik, maka secara tidak langsung kamu juga telah menyadarkan orang lain tentang pentingnya berwirausaha.

Kamu bisa menjadi contoh atau tauladan bagi orang lain yang juga memiliki keinginan untuk menjadi seorang wirausahawan.


Karakteristik wirausaha

Selain mengetahui apa pengertian wirausahawan, kamu yang memiliki tekad kuat untuk menjadi seorang wirausahawan harus tahu apa saja karakteristik wirausaha yang harus kamu miliki. Berikut ini penjelasannya:

Jujur

Karakteristik pertama dalam diri seorang wirausaha adalah jujur. Kejujuran adalah poin penting untuk bisa menjadi pengusaha yang sukses.

Pos Terkait:  Perubahan Sosial : Pengertian, Teori dan Contohnya

Apalagi kalau kamu menjadi pemimpin dalam usaha yang kamu jalani tersebut, memiliki karyawan yang jujur akan membuat usaha dapat berkembang dengan pesat.

Disiplin

Selain jujur, untuk bisa menjadi wirausaha sukses kamu juga harus disiplin. Sifat disiplin akan menggerakkan semangat dan motivasi untuk menjalankan usaha.

Pribadi yang disiplin akan dengan mudah memanage waktu dan pekerjaan yang harus diselesaikan sesuai dengan target yang ingin dicapai.

Kreatif dan inovatif

Sudah pasti jika kamu ingin menjadi wirausahawan yang sukses kamu harus memiliki karakteristik yang satu ini, kreatif dan inovatif.

Dengan karakteristik ini kamu bisa menciptakan dan mengembangkan usaha yang kamu jalani menjadi lebih baik lagi dan tentunya bermanfaat untuk masyarakat luas.

Kamu bisa menarik minat para pelanggan dengan beragam kekreatifitasan yang kamu miliki. Baik itu dari strategi pemasaran, ataupun dari menciptakan produk dari kegiatan usahamu.

Berkomitmen tinggi

Berusahalah untuk bisa berkomitmen saat akan berwirausaha. Dengan memiliki komitmen yang tinggi dan selalu memegang prinsip, maka usaha yang kamu jalankan akan mudah berkembang.

Dengan begitu, kamu akan lebih mudah mencapai tujuan dalam berwirausaha dan berhasil menjadi wirausahawan yang sukses. Tidak mudah memang untuk bisa komitmen, tetapi jangan mudah menyerah untuk mencobanya.

Memiliki keterampilan personal

Selain beberapa poin di atas, ada juga karakteristik lain yang dimiliki wirausaha, yakni memiliki keterampilan personal.

Memiliki keterampilan personal ini penting karena kamu harus mencari, memanfaatkan setiap peluang, berkomunikasi, dan juga bekerja sama dengan pihak lain.

Semua itu dilakukan untuk mengembangkan usaha yang kamu jalani, tanpa memiliki keterampilan personal, kamu akan kesulitan sendiri dalam menjalankan usaha.


Hal Yang Perlu Dilakukan oleh Wirausahawan

Setelah mengetahui karakteristik wirausaha, mungkin kamu bertanya-tanya lalu apa yang perlu dilakukan oleh seorang wirausahawan? Berikut penjelasannya:

Memikirkan Merk Dagang

Merk atau brand menjadi sebuah identitas utama dari sebuah kegiatan usaha. Tidak ada merk maka tidak ada identitas.

Oleh karena itu langkah pertama yang perlu dilakukan oleh wirausahawan adalah memikirkan merk dagang.

Mulai dari menentukan nama dari usahanya, jenis kegiatan usahanya, produk apa yang akan dipasarkan, dan lain sebagainya.

Merk dagang sangat berguna supaya konsumen mengenal bisnis kamu dengan baik, secara tidak langsung akan meningkatkan brand awareness, yang akan berdampak pada peningkatan trafik penjualan.

Survei Audiens

Ketika seseorang melakukan kegiatan usaha, tentunya harus lebih dulu mengetahui siapa audiens yang akan menjadi targetnya. Dengan begitu, wirausahawan akan lebih mudah dalam menciptakan produk, dan memasarkan produk tersebut.

Survei audiens bisa dilakukan dengan mengumpulkan data atau melakukan penelitian hingga kamu menemukan ide atau gagasan terkait produk dan pemasarannya.

Tidak hanya mengetahui siapa audiensnya, tetapi juga bagaimana karakternya, apa yang menjadi masalah mereka, dan apa solusinya.

Karena wirausaha yang baik tidak hanya menjual produk, tetapi hadir dengan memberikan solusi kepada konsumen terkait masalah yang konsumen hadapi.

Pos Terkait:  18 Jenis Usaha Jasa Mengutamakan di Era Milenial

Strategi Pemasaran

Setelah menentukan siapa target audiensnya, dan kamu sudah memiliki produk yang sesuai dengan pangsa pasar, barulah kamu membuat atau merencanakan strategi pemasaran.

Penting sekali untuk merencanakan strategi pemasaran produk kamu. Tanpa tahu strategi yang tepat, maka akan sulit untuk menjual produk atau jasa.

Supaya strategi pemasaran yang kamu gunakan menjadi lebih efektif, maka kamu harus menyesuaikannya dengan karakter dari audiens yang sebelumnya sudah kamu lakukan survei.


Contoh Wirausahawan

Ketika ingin menjadi seorang wirausahawan, kamu pasti butuh motivasi tinggi, baik itu yang muncul dari diri sendiri, dari orang di sekitar maupun dari kisah wirausahawan sukses yang sudah terjun lebih dulu dalam dunia bisnis. Seperti beberapa nama berikut ini:

Wiliam Tanuwijaya (Tokopedia)

Wiliam adalah pengusaha sukses yang berhasil mendirikan marketplace Tokopedia. Tokopedia hingga kini menjadi tempat belanja yang paling banyak dikunjungi.

Namun, tentunya tidak lah mudah bagi Wiliam untuk bisa sukses mengembangkan Tokopedia hingga seperti saat ini. Tentunya butuh usaha, kerja keras, dan kerelaan untuk meluangkan waktu dalam berkegiatan usaha.

Achmad Zaky (Bukalapak)

Selain Wiliam, adapula Achmad Zaky yang menjadi sosok di balik besarnya nama Bukalapak. Pasti kamu juga sudah tak asing dengan nama ini.

Agar termotivasi untuk menjadi wirausaha kamu bisa membaca kisah sukses Achmad Zaky dari berbagai sumber terpercaya.

Nadiem Makarim (GoJek)

Alumnus Harvard Business School ini adalah orang yang menjadi cikal bakal GoJek. Aplikasi multifungsi yang mempermudah masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya.

Namun kini Nadiem Makarim berkesempatan untuk menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Meskipun demikian, kita bisa mempelajari lika liku Nadiem saat membangun GoJek.

Ferry Unardi (Traveloka)

Traveloka juga menjadi salah satu startup yang sukses di Indonesia, pasti kamu sudah tidak asing kan karena banyak iklan Traveloka yang tayang baik di Televisi maupun di YouTube.

Di balik Traveloka ada Ferry Unardi yang bersikeras membangun dan mengembangkan situs reservasi tiket yang terkenal ini.

Bob Sadino

Meskipun sudah meninggal dunia, tapi siapa yang tak mengenal Bob Sadino? Seorang wirausaha atau entrepreneur sukses kelahiran Lampung.

Salah satu quotes terkenal darinya adalah “Walaupun Anda menjadi pegawai di perusahaan besar, Anda tetap hanyalah seorang pegawai. Namun jika Anda menjadi pemilik usaha kecil sekalipun, Anda tetap bosnya”.

Pengertian wirausahawan adalah orang yang melakukan suatu aktivitas wirausaha. Wirausahawan memiliki ciri-ciri selalu berpikir positif, berani mengambil risiko, dan berjiwa pemimpin.

Tujuan dari wirausaha sendiri salah satunya adalah membuka lapangan pekerjaan, sehingga dapat menyejahterakan kehidupan masyarakat.