close

Lebah Berkembang Biak Dengan Cara…

Lebah Berkembang Biak Dengan Cara – Lebah adalah sekelompok hewan serangga yang hidup secara bergerombol atau berkelompok dan termasuk kedalam suku atau familia Apoidae.

Dalam suatu kelompok (koloni) lebah terdapat 3 tahapan yaitu :

  • Lebah ratu : Yang namanya ratu, tentu ber-jenis kelamin betina. Ratu lebah merupakan induk dari semua lebah yang ada dalam satu koloni. Dalam satu koloni lebah hanya ada satu ekor lebah ratu.
  • Lebah betina : Lebah betina dikenal sebagai lebah pekerja dimana jumlahnya cenderung lebih banyak dibandingkan lebah jantan. Jumlahnya mencapai puluhan ribu, biasanya ada sekitar 30.000 ekor lebah dan untuk lebah (bibit unggul) bisa mencapai sampai 60.000 ekor lebih.
  • Lebah jantan : Berbeda dengan lebah betina, lebah jantan jumlahnya hanya ratusan ekor saja.

Dalam artikel ini kita akan sama-sama mengkaji mengenai cara reproduksi lebah dimana materi ini sengaja dituliskan untuk menjawab soal (Lebah berkembang biak dengan cara…).

Berikut penjelasannya kami rangkum se-padat mungkin dalam pembahasan berikut

Pembahasan

Dalam penjelasan diatas disebutkan bahwa dalam suatu koloni lebah terdapat 3 kasta, yaitu Lebah ratu, Lebah Betina, dan Lebah Jantan. Setiap kasta dalam suatu koloni lebah memiliki tugasnya masing-masing.

Pos Terkait:  Burung Bernapas Dengan...

Lebah ratu jumlahnya hanya satu ekor dalam setiap koloni dan memiliki tugas mengawali semua kegiatan lebah betina dan lebah jantan.

Tugas utama ratu lebah ialah bertelur selama hidupnya, berjenis kelamin betina dan perkawinan ratu lebah ini hanya terjadi sekali seumur hidup.

Perkawinan lebah terjadi dengan cara terbang tinggi di udara pada saat cuaca cerah, dan jika ada pejantan yang bisa mengejarnya barulah pejantan ini bisa mengawini ratu lebah.

Namun tidak lama kemudian, pejantan ini akan mati karena testisnya lepas dan tertanam dalam ovarium ratu lebah.

Lebah ratu yang aktif mampu bertelur dengan jumlah yang banyak, yaitu 2.000 butir telur dalam sehari. Makanan ratu lebah ialah susu lebah (royal jelly). Lebah ratu memiliki harapan hidup selama tiga tahun.

Sedangkan tugas utama lebah pekerja berjenis kelamin betina ialah mengumpulkan serbuk sari dan nectar yang diolah menjadi madu.

Madu merupakan hasil olah nektar yang dimuntahkan kembali dari dalam tubuh lebah betina dan disimpan dalam sarang lebah sebagai cadangan makanan, madu akan menjadi makanan untuk larva dan pupa.

Selain itu, Ada juga lebah betina yang bertugas untuk membersihkan sarang dan melakukan perawatan terhadap telur-telur dan anak-anak lebah. Berbeda dengan lebah ratu, harapan hidup lebah pekerja cenderung lebih singkat ialah tiga bulan atau lebih sedikit. Makanan utama lebah pekerja adalah madu.

Pos Terkait:  Jahe Berkembang Biak Dengan Cara...

Lebah pekerja juga bisa bertelur dan telurnya bisa menetas. Hal ini terjadi jika koloni lebah kehilangan ratunya, maka secara alami lebah betina akan bertelur sesuai naluri.

Yang lahir dari telur lebah pekerja ini semuanya berjenis kelamin jantan, hal ini disebabkan karena telur tersebut tak terbuahi. Lebah pekerja tidak pernah dikawini oleh lebah jantan.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas kita bisa mengutip kesimpulan bahwa lebah bereproduksi dengan cara perkawinan lebah jantan dan lebah ratu (betina) yang kemudian lebah ratu ini akan bertelur dimana telurnya akan diletakkan dalam sarang yang berbentuk ruang-ruang kecil. Dengan kata lain, Lebah berkembang biak dengan cara Bertelur atau Ovipar.

Lebah mengalami metamorfosis lengkap “holometabola” dengan begitu, terdapat empat tahap bentuk dalam kehidupan lebah, yaitu:

  1. Telur
  2. Larva (bentuk ulat)
  3. Pupa (kepompong)
  4. Imago (lebah dewasa).

Telur lebah yang menetas akan berubah menjadi larva. Pada tahapan ini, lebah pekerja akan memberi makan larva dengan serbuk sari, nektar, serta madu.

Sebagian nektar yang dikumpulkan oleh lebah pekerja akan disimpan sebagai madu, madu ini nantinya menjadi cadangan makanan bagi semua kasta lebah dalam suatu koloni. Setelah beberapa hari, larva tumbuh dan berganti menjadi pupa yang seterusnya berkembang lagi menjadi anak lebah.

Lihat juga :

Demikianlah penjelasan mengenai cara berkembang biak lebah. Semoga bermanfat.