close

Bahan Lunak Dibedakan Menjadi Dua Berdasarkan Sumbernya Yaitu…

Kerajinan bahan lunak adalah sebuah produk yang karya seninya dihasilkan dengan menggunakan keterampilan tangan dan menggunakan bahan-bahan yang umumnya bersifat lunak. Berbagai bentuk kerajinan yang menggunakan bahan lunak dapat dijadikan karya seni yang unik dan menarik untuk digunakan sebagai pajangan hingga dijual kembali guna untuk memperoleh keuntungan.

Umumnya terdapat dua jenis bahan lunak yang dapat digunakan dalam membuat kerajinan tangan, Yaitu bahan lunak alami dan bahan lunak buatan.

Dengan kata lain, Bahan lunak dibedakan menjadi dua berdasarkan sumbernya yaitu bahan lunak alami dan bahan lunak buatan.

  • Bahan lunak alami adalah sebuah bahan bertekstur lunak dan dihasilkan dari alam tanpa adanya campuran bahan buatan, selain itu dalam pengolahannya juga dilakukan secara alami.  Macam-macam contoh bahan lunak alami ialah serat alam, tanah liat, dan kulit hewan.
  • Bahan lunak buatan adalah sebuah bentuk dari bahan lunak yang dihasilkan secara buatan dengan pengolahan-pengolahan tertetu untuk menjadi lunak. Macam-macam contoh bahan lunak buatan adalah bubur kertas, fiberglass, fiberglass, lilin sabun dan lain sebagainya.

Jenis Kerajinan Bahan Lunak

Ada berbagai macam bahan kerajinan lunak yang dapat digunakan sebagai bahan pembuatan karya seni, ialah sebagai berikut:

Pos Terkait:  Tari Saman Menggunakan Pola Lantai...

Tanah liat

Tanah liat adalah salah satu bahan lunak yang paling sering digunakan untuk dibuat kerajinan. Tanah liat sendiri merupakan bahan alami.

Biasanya, tanah liat digunakan untuk membuat vas bunga, guci, piring, tembikar, dan sebagainya. Dibutuhkan banyak latihan untuk membuat kerajinan dengan tanah liat supaya mendaptkan hasil yang rapid an indah.

Parafin

Parafin adalah bahan lunak yang diperoleh dari hasil olahan minya bumi. Bentuk parafin biasanya berupa lempengan. Namun, ada juga parafin yang berbentuk butiran. Kerajinan yang biasanya dibuat dengan parafin adalah lilin hias.

Sabun

Kerajinan bahan lunak lainnya adalah sabun. Kerajinan ini biasanya diciptakan dengan sabun batangan. Sabun akan diukir kemudian dibentuk sesuai keinginan, seperti motif kaligrafi atau bunga.

Cara lain bisa dilakukan adalah dengan memarut sabun batang yang kemudian dicampurkan dengan sagu dan sedikit air. Akan tercipta adonan baru yang dapat dibentuk sesuai keinginan.

Kulit

Kulit juga merupakan salah satu jenis bahan lunak. Kulit diperoleh dari hewan seperti sapi, kerbau, atau kambing. Kulit buatan juga bisa digunakan dan biasa kita kenal dengan sebutan kulit sintetis. Kulit biasanya digunakan untuk menciptakan barang-barang fashion sperti sepatu, tas, jaket, atau dompet.

Pos Terkait:  Tari Seudati Berasal Dari Daerah...

Gips

Gips juga dapat digunakan sebagai bahan baku kerajinan barang lunak. Gips merupakan bahan mineral yang tidak dapat larut dalam air pada waktu yang lama jika sudah menjadi padat.

Banyak kandungan zat yang ditemukan dalam gips, seperti borat, nitrat, sulfat, dan karbinat. Biasanya gips digunakan untuk membuat hiasan rumah, seperti patung misalnya.