close

Syarat dan Cara Memverifikasi WA yang Perlu Kamu Tahu

WhatsApp adalah aplikasi pesan instan dengan pengguna paling banyak di seluruh dunia. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang sederhana sehingga memudahkan untuk memanfaatkan semua fiturnya. Sehingga, cara memverifikasi WA perlu diketahui sebelum menginstal aplikasi ini.

Pendaftaran WhatsApp tidak sulit, memasukkan nomor ponsel dan menunggu hingga mendapatkan SMS verifikasi kode rahasia. Namun, tidak sedikit pengguna masih kesulitan dan bertanya cara memverifikasi WA. Berikut adalah langkah mendapatkan kode verifikasi WhatsApp :

Apa Persyaratan Sebelum Mendaftar WhatsApp?

Menginstall aplikasi WhatsApp sangatlah mudah, hanya perlu mengunjungi Google Play Store atau App Store untuk mendownload terlebih dahulu. Jika sudah terunduh, barulah masuk dan melakukan pendaftaran dalam aplikasi.

Sebelum melakukan pendaftaran di aplikasi pesan instan WhatsApp, harus menyiapkan beberapa syarat kelengkapan. Melengkapi persyaratan ini akan memudahkan untuk melakukan pendaftaran, sehingga dapat menghindari kemungkinan kendala yang mempengaruhi cara memverifikasi WhatsApp melalui smartphone, diantaranya:

  • Harus menggunakan nomor telepon pribadi. Sebelum mendaftar pastikan memiliki nomor pribadi bukan orang lain.
  • Nomor telepon masih aktif. Perlu diketahui nomor yang didaftarkan haruslah nomer yang masih bisa menerima panggilan telepon dan SMS.
  • Ponsel harus memiliki koneksi. Cek koneksi internet baik dari data seluler maupun Wifi, karena jika ponsel memiliki koneksi buruk atau sedang roaming dapat menghambat proses verifikasi. Untuk memastikan koneksi internet sedang terhubung dapat mengecek website www.whatsapp.com.
  • Menggunakan nomor telepon yang didukung. Ada beberapa nomor yang tidak dapat didaftarkan di WhatsApp di antaranya, VoIP, Nomor Telepon Kabel. Ini dapat digunakan di aplikasi WhatsApp Business, Nomor telepon bebas pulsa, Nomor telepon premium berbayar, akses universal atau UAN, Nomor pribadi.
Pos Terkait:  6 Cara Mengetahui WA Disadap Jarak Jauh, Wajib Tahu!

Bagaimana Cara Memverifikasi WA?

Usai melengkapi persyaratan di atas, pengguna dapat langsung mengikuti alur yang telah tersedia di antar muka. Masukkan nomor yang masih aktif, serta memastikan kode negara sesuai dengan tempat tinggal.

Dapat mulai melakukan verifikasi untuk dapat menggunakan aplikasi pesan instan WhatsApp. Cara memverifikasi WA, cukup dimulai dengan memilih negara tempat tinggal, setelah itu harus memasukkan nomor telepon dan kode negara tempat tinggal.

  • Pilih negara, isi kode negara. Dapat memilih negara dengan pop up. Setelah memilih negara, kode negara akan muncul di sebelah kiri secara otomatis.
  • Memasukkan nomor telepon di kotak sebelah kanan. Karena sudah ada kode negara, pastikan untuk tidak memasukkan angka 0 di depan nomor telepon melainkan mulai dari angka 8 pertama.
  • Klik ‘Lanjut’ dan meminta kode rahasia. Selanjutnya akan mendapatkan kode OTP berupa 6 digit nomor yang dikirim melalui SMS.
  • Memasukkan kode OTP. Lakukan verifikasi 6 digit nomer kode OTP yang diterima melalui SMS, ke dalam kotak yang tersedia.

Bagaimana Jika Tidak Menerima Kode 6 Digit untuk Verifikasi?

Selesai mengisi nomor telepon yang digunakan, hanya perlu menunggu proses verifikasi. Sistem akan mengirim 6 digit kode melalui pesan singkat atau telepon. Sesuai dengan pilihan untuk menerima kode melalui dua cara tersebut.

Pos Terkait:  4 Cara Copy Paste di Laptop atau Komputer

Cara verifikasi WA sangat mudah, jika memiliki pesan singkat maka tinggal menyalin nomor dan memasukkan pada kolom yang tersedia. Lalu, jika memiliki metode telepon, harus dicatat terlebih dahulu supaya tidak lupa.

  • Tunggu waktu yang bergulir di bar selesai. Waktu menunggu berlangsung selama 10 menit, jika masih belum berhasil, dapat menekan ‘coba lagi’.
  • Hindari untuk menebak kode, ini akan membuat pengguna menjadi terkunci selama beberapa waktu tertentu.
  • Meminta Panggilan Telepon. Opsi dilakukan, jika timer berakhir tetapi tidak menerima kode verifikasi. Caranya klik ‘Panggil Saya’ untuk meminta panggilan verifikasi. Masukkan kode 6 digit yang diberitahukan oleh mesin suara otomatis dari  panggilan.
  • Sebagai catatan, pada operator seluler tertentu dapat mengenakan biaya SMS dan panggilan telepon.

Bagaimana Penyelesaian Verifikasi WA?

Terkadang gangguan sistem dapat menghambat penerimaan kode 6 digit tidak dapat masuk. Ini bisa terjadi karena kesalahan memasukkan nomor atau koneksi internet yang terganggu. Jadi, dipastikan nomor yang dimasukkan telah sesuai.

Bila telah melakukan proses perintah untuk verifikasi tetapi tidak kunjung mendapatkan kode, ternyata ada langkah yang perlu dilakukan. Adapun beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menanggulangi kegagalan verifikasi, diantaranya:

  • Memuat ulang ponsel. Matikan ponsel dan tunggu sejenak sekitar 30 menit kemudian nyalakan kembali.
  • Unduh kembali aplikasi WhatsApp. Pengguna harus menghapus dan mengunduh kembali WhatsApp versi terbaru di Google Play Store.
  • Periksa koneksi internet. Kemungkinan ada masalah koneksi internet, jadi periksa koneksi telepon dengan mengirim SMS percobaan dari nomor lain ke nomor telepon yang akan didaftarkan di aplikasi WhatsApp.
Pos Terkait:  Cara Membuat Spiral Betty yang Lagi Trend di Tiktok

Itulah cara memverifikasi WA yang dapat diikuti sesuai urutan dan perintah yang tertulis di atas. Pihak developer memberikan informasi tidak dapat mengirimkan kode dengan metode lain dengan alasan keamanan, sehingga hanya menggunakan SMS dan panggilan telepon.