salah satu jenis karya seni rupa terapan adalah seni kriya yang disebut juga

Salah Satu Jenis Karya Seni Rupa Terapan Adalah Seni Kriya Yang Disebut Juga

Diposting pada

Salah Satu Jenis Karya Seni Rupa Terapan Adalah Seni Kriya Yang Disebut Juga – Seni rupa adalah sebuah cabang karya seni yang dapat menghasilkan sesuatu yang berkualitas serta indah yang dapat dilihat oleh panca indra penglihatan dan indra peraba manusia.

Sedangkan pengertian dari Jenis seni rupa terapan adalah salah satu jenis dalam cabang karya seni rupa yang dimana dalam bentuk karyanya terkandung dua unsur seketika yaitu estetika dan fungsinya.

Namun pada hasil dari karya seni rupa terapan ini cendeung lebih mengutamakan pada fungsi praktisnya atau kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari ketimbang fungsi estetika karya seni rupa itu sendiri.

Jika kita merujuk pada pengertian menurut bahasa, seni rupa terapan dalam bahasa inggris lebih dikenal dengan istilah atau nama “applied arts”, atau merupakan karya seni yang dapat diaplikasikan.

Dalam penjelasan diatas kita bisa mengutip kesimpulan bahwa penggunaan seni terapan sangatlah sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Karena hal seni rupa terapan memiliki sifat yang praktis dan mudah saat berguna.

Jenis Seni Rupa Terapan

Jenis seni rupa terapan juga terdapat banyak dan beragam, di antaranya yaitu:

  1. Seni bangunan/arsitektur: Seni yang gambarannya berupa bangunan seperti rumah tempat tinggal, kantor, masjid, dan lain sebagainya.
  2. Gambar ilustrasi : Gambar ilustrasi merupakan sebuah gambar atau foto yang digunakan untuk mendeskripsikan suatu naskah atau teks. Karya Ilustrasi bisa kita jumpai dimana-mana seperti pada buku pelajaran, cerpan, dan iklan.
  3. Seni grafis terapan/dkv: sebuah karya seni rupa yang berfungsi sebagai media komunikasi.
  4. Seni kriya terapan : Seni kriya terapan adalah karya seni rupa berupa dua atau tiga dimensi yang dalam pembuatannya mengutamakan keterampilan tangan serta dengan tingkat ketelitian dan kerajinan yang tinggi.

Karya seni kriya juga disebut dengan seni kerajinan atau “craftS”. Ada banyak jenis karya seni kriya
diantaranya kriya kayu, kriya kulit, kriya logam, batik, dan anyaman.

Pengertian Seni Kriya

Seni Kriya adalah salah satu jenis karya seni rupa terapan yang juga disebut dengan KERAJINAN. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata Kerajinan ini diartikan sebagai barang yang dihasilkan melalui keterampilan tangan. Sedangkan definisi Kriya dalam KBBI diartikan sebagai pekerjaan kerajinan tangan.

Kriya atau Kerajinan digolongkan ke dalam jenis karya seni rupa terapan. Alasannya adalah karena kerajinan ini memiliki nilai fungsi atau nilai guna tertentu namun dengan tetap memperhatikan nilai keindahaan, estetika dan nilai seni yang dimilikinya.

Seni rupa terapan ini dalam istilah asing disebut juga dengan APPLIED ART yang berdasarkan pada bentuknya dibagi menjadi 4 yakni:

  1. Rumah Adat
  2. Senjata Tradisional
  3. Transportasi Tradisional
  4. Seni Kriya

Seni kriya sendiri kembali dibagi menjadi 4 kelompok umum, antara lain sebagai berikut:

  1. Kriya Pahat/Ukir
  2. Kriya Tekstil
  3. Kriya Anyaman
  4. Kriya keramik

Kesimpulan:

Dalam penjelasan diatas kita bisa mengutip kesimpulan bahwa Salah satu jenis karya seni rupa terapan adalah seni kriya yang disebut juga Kerajunan tangan.

Jadi jika kamu menemukan soal dibawah ini entah dalam ujian nasional ataupun ulangan di sekolah maka jawaban yang paling tepat ialah C Kerajinan Tangan

Salah satu jenis karya seni rupa terapan adalah seni kriya yang disebut juga…

  1. Desain
  2. Seni grafis
  3. Kerajinan tangan
  4. Arsitektur
  5. Keterampilan

Demikianlah Informasi yang bisa kami rangkum dan bagikan. Semog membantu dan bermanfaat.


Gambar Gravatar
Sangat mengutamakan relevansi, sehingga kami ter-Obsesi untuk menyajikan informasi yang berkualitas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.