close

Batik Yang Motifnya Dibuat Dengan Hanya Menggunakan Tangan

Pengertian Seni adalah gambaran dari sebuah karya seni buatan manusia yang didalamnya mengandung unsur-unsur keindahan. Disisi lain, seni terbagi kedalam beberapa bagian, mulai dari seni musik, seni teater, seni rupa, seni tari, dan seni sastra.

Namun dalam artikel kali ini kita tidak sedang membahas penjelasan secara rinci mengenai karya seni. Sesuai dengan yang tertera dalam judul, kali ini kita akan membahas mengenai beberapa jenis pebuatan batik guna untuk membatu kalian dalam menjawab soal-soal ulangan/ujian dengan benar. Berikut penjelasannya

Deskripsi

Batik adalah karya seni khas indoneisa yang termasuk kedalam salah satu hasil dari bentuk karya seni rupa terapan. Gambaran batik sendiri merupakan sebuah karya seni berupa kain yang memiliki motif atau corak tertentu dimana dalam proses pembuatannya menggunakan lilin.

Dalam proses pembuatan batik didasari dengan beberapa hal seperti Ngemplong, lalu Nyorek, Mbathik, Nembok, Medel, Ngerok, Mbironi, Menyoga, dan yang terakhir Nglorod.

Untuk membuat batik anda sendiri dirumah, terdapat berbagai cara atau teknik yang bisa kamu terapkandi dalamnya, berikut macam-macam teknik dalam membatik :

  • Batik Canting Tulis Batik Tulis : Batik tulis merupakan jenis batik yang dibuat secara manual dengan hanya menggunakan canting, malam, dan tentunya tangan pembuatnya untuk menggambar motif-motifnya.
  • Batik Cap : batik jenis ini merupakan batik yang pembuatanya dilakukan dengan menggunakan canting khusus dan timbul sehingga dalam penggamaran motifnya tinggal dicapkan ke kain mori.
  • Batik Celup Ikat : Batik yang satu ini merupakan jenis batik yang pembuatannya dilakukan dengan cara diikat kemudian dicelupkan ke beberapa variasi warna khusus pakaian sehingga menghasilkan batik yang indah dan berwarna warni.
  • Batik Printing : merupakan batik yang pembuatanya dilakukan dengan menggunakan mesin modern dan pewarnaanya yang tidak menggunakan malam.
  • Batik Colet : merupakan cara pembuatan batik yang dilakukan dengan cara dilukis, biasanya batik ini dilukis dengan menggunakan kuas, kapas, dan canting.

Lihat juga : Gambar karikatur biasanya mengandung

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas, kita bisa mengutip kesimpulan bahwa Batik yang motifnya dibuat dengan hanya menggunakan tangan disebut Batik Tulis atau Batik Canting Tulis. Itulah informasi yang bisa kami bagikan dalam postingan kali ini, semoga bermanfaat.

Pos Terkait:  Tari Reog Berasal Dari Daerah...