bawang merah berkembang biak dengan cara
bawang merah berkembang biak dengan cara

Bawang Merah Berkembang Biak Dengan Cara…

Diposting pada

Bawang Merah Berkembang Biak Dengan Cara – Bawang adalah salah satu tumbuhan yang buahnya banyak di manfaatkan oleh setiap orang, selain digunakan sebagai bahan-bahan bumbu masakah, terkadang bawang juga di gunakan sebagai bahan untuk obat obatan.

Dengan manfaatnya yang banyak menjadikan tanaman bawang banyak di pelihara, termasuk saya pribadi yang sempat menanam bawang saat masih kecil dulu.

Untuk memelihara jenis bawang papun, entah itu bawang merah ataupun bawah daun tenutnya kita harus mengetahui bagaimana proses atau cara berkembang biak bawang.

Maka dari itu, pada artikel ini kami akan sedikit membahas mengenai perkembangbiakan dari bawang sesuai dengan apa yang ditulis pada judul artikel ini.

Untuk mengetahui perkembangbiakan bawang merah, berikut pembahasannya kami bagikan untuk anda.

Cara Berkembang Biak Bawang Merah

Cara berkembang biak bawang merah
Cara berkembang biak bawang merah

Bawang merah merupakan tanaman yang bisa berkembang biak dengan dua cara, yaitu seksual dan aseksual. Dengan kata lain, perkembang biakan bawang merah bisa dengan atau tanpa proses kawin antara jantan dan betina.

Dalam proses perkembangbiakan seksual dilakukan dengan penyerbukan bawang yang di bantu oleh lebah dan serangga-serangga lainnya sebelum menjadi benih yang nantinya siap untuk tumbuh sebagai individu baru.

Namun bawang merah sangat jarang berkembang biak dengan cara ini, disisi lain prosesnya memakan waktu yang sangat lama.

Sedangkan proses perkembangbiakan bawang merah dengan cara aseksual yaitu dilakukan dengan melalui umbi lapis.

Umbi lapis merupakan proses perkembangbiakan untuk jenis tanaman yang tunasnya tumbuh pada sela-sela lapisan umbi.

Proses perkembangbiakan dengan cara ini menggunakan bagian tengah dari lapisan bawang merah tersebut. Dengan Tumbuhnya tunas di area tersebut maka tumbuhan tersebut akan membesar sehingga akan di peroleh individu baru dari bawang merah tersebut.

Karna prosesnya yang cukup sederhana dan cepat, maka proses perkembangbiakan bawang dengan cara ini merupakan yang paling cepat untuk memperoleh tumbuhan bawang yang baru.

Cara Berkembang Biak Bawang Putih

Cara berkembang biak bawang putih juga sama dengan bawang merah, yaitu melalui umbi lapis. Tiap siung bawang putih jika ditanam maka akan menghasilkan individu baru namun memiliki karakter genetik yang sama dengan induknya.

Perkembangbiakan yang melalui umbi ini sebut dengan vegetatif dimana dalam proses reproduksinya tidak melibatkan indukan antara jantan dan betina, dengan kata lain tidak terjadi perkawinan pada bunga di tumbuhan bawang.

Umbi lapis merupakan salah satu contoh perkembangbiakan dengan cara vegetatif alami yang artinya setiap individu dapat berkembang biak dan menghasilkan individu bary tanpa adanya campur tangan manusia.

Namun pada proses vegetatif buatan, campur tangan manusia sangat di perlukan untuk mendapat individu tumbuhan yang baru.

Kesimpulan:

Dari penjelasan diatas, kita bisa mengutip kesimpulan bahwa Bawang merah berkembang biak dengan cara Vegetatif, yaitu melalui umbi lapis.

Perkembang biakan yang disebut dengan vegetatif ini merupakan sebuah proses reproduksi pada tumbuhan yang dimana tidak di perlukan induk jantan dan betina untuk menghasilkan individu baru.

Umbi lapis merupakan salah satu contoh perkembangbiakan vegetatif alami yang berarti sesetiap individu dapat berkembang biak tanpa adanya campur tangan manusia.

Lihat juga:

Demikianlah informasi yang bisa kami rangkum dan bagikan tentang proses perkembangbiakan bawang merah dan juga bawa putih. Semoga bermanfaat.


Gambar Gravatar
Sangat mengutamakan relevansi, sehingga kami ter-Obsesi untuk menyajikan informasi yang berkualitas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.