close

Kelinci Berkembang Biak Dengan Cara…

Kelinci Berkembang Biak Dengan Cara – Tahu kah kamu bagaimana cara kelinci beranak? atau bagaimana siklus alami oleh kelinci dengan cara berkembang biak di alam? hingga Bagaimana cara induk kelinci mengurus anaknya? Nah untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, disini saya akan membahas secara ringkas bagaimana siklus berkembang biak pada kelinci, disimak baik-baik supaya gak gagal paham.

Cara Berkembang Biak Kelinci

Kelinci berkembang biak dengan cara beranak. dalam istilah biologinya, proses reproduksi dengan cara beranak ini disebut dengan nama Vivivar. Umumnya se-ekor kelinci dapat berkembang biak jika sudah mencapai usia dewasa, yaitu minimal usianya sekitar 5 sampai 6 bulanan, namun tergantung dari jenis kelinci itu sendir, dan apakah cepat atau tidak birahiya.

Untuk kelinci yang sudah siap kawin biasanya karakter mereka akan berubah seperti tidak mau diam dan sang jantan juga cenderung terlihat lebih agresif. Setelah pejantan dan betinanya sudah siap maka sepasang kelinci akan memulai proses reproduksi atau kawin dengan interval beberapa kali dalam sehari, biasanya proses kawin ini akan terjadi di jam jam yang sejuk, pagi, sore, dan malam hari.

Setelah kelinci jantan dan betina kawin, dalam beberapa minggu setelah ini maka kelinci betina akan hamil dan ditandai dengan perutnya yang mulai membesar sebagai ciri-ciri kelinci hamil, masa kandungan kelinci semuanya sama, yaitu sekitar 30 sampai 34 hari.

Pos Terkait:  Kunyit Berkembang Biak Dengan Cara...

Kelinci Melahirkan

Setelah usia kandungannya matang, yaitu berumur 28, 29, hingga 30 hari biasanya kelinci betina akan gelisah dan mulai mencari tempat untuk melahirkan. Saat kelinci hendak melahirkan biasanya kelinci akan menggali lubang untuk tempatnya melahirkan dan membesarkan anak-anaknya kelak.

Lubang yang digali juga cukup dalam, yaitu berkisar antara 20 sampai 50 centimeter, bahkan untuk beberapa spesies kelinci ada yang lebih dalam lagi lubang yang digalinya. Dalam satu indukan kelinci biasanya akan melahirkan 3-10 anak dalam sekali lahir.

Induk kelinci juga tidak butuh waktu yang lama untuk kembali bereproduksi, terkadang ketika anaknya baru berumur beberapa minggu kelinci sudah mulai kawin lagi. Hal tersebut dikarenakan proses reproduksi kelinci yang tergolong cukup cepat, dan kelinci juga memiliki dua rahim.

Kelinci Mengurus Anaknya

Anak kelinci yang baru lahir tentunya belum bisa mandiri dan belum bisa makan apa-apa, kelinci yang baru lahir hanya bisa mengkonsusi ASI dari induknya. ASI yang diberikan oleh induk kelinci kurang lebih selama 1 minggu.

Hal ini dikarenakan proses pertumbuhan anak selama diberi ASI yang cendeung sangat cepat, maka dengan memberikan makanan yang berkualitas bagi indukan kelinci yang sedang menyusui tentunya merupakan langkah yang sangat baik gunak untuk membantu dan meningkatkan kualitas ASI kelinci supaya bagus dan dapat mencukupi kebutuhan gizi anak kelinci.

Pos Terkait:  Burung Bernapas Dengan...

Hari kehari pertumbuhan anak kelinci mulai terlihat, seperti perkembangannya yang mulai bisa jalan dan melompat setelah setelah usianya menginjak sekitar 1 minggu.

Jika se-ekor kelinci sudah bisa makan rumput yang halus dan sudah bisa melompat-lompat disarangnya hingga mereka mulai bertambah dewasa kelinci tidak akan menyusu lagi dan sudah sepenuhnya bisa makan sendiri.

Lihat juga :

Nah itulah pembahasan menganai bagaimana cara kelinci berkembang biak. Semoga bermanfaat.