close

Bintang Laut Berkembang Biak Dengan Cara…

Bintang Laut Berkembang Biak Dengan Cara – Bintang laut merupakan salah satu hewan yang dapat bereproduksi dengan cara lebih dari satu yaitu secara seksual dan aseksual.

Dengan kata lain, hewan ini bisa melakukan reproduksi dengan atau tanpa melalui proses kawin antara jantan dan betina.

Meskipun begitu, proses reproduksi dengan cara aseksual bukanlah merupakan cara yang ideal untuk menghasilkan keturunan yang baru karena secara teknis cara ini tidak menambah keanekaragaman genetik dalam spesies tersebut.

Reproduksi aseksual pada bintang laut biasanya hanya merupakan hasil dari pemotongan bagian tubuhnya yang menghasilkan dua bintang laut dengan DNA yang sama.

Sedangkan reproduksi seksual merupakan proses berkembang biak dengan cara yang alami, tentunya cara ini cukup efektif untuk perkembangan keturunan terhadap hewan tersebut.

Cara Berkembang Biak Bintang Laut

Cara berkembang biak bintang laut
Cara berkembang biak bintang laut

Reproduksi secara seksual dari hewan laut yang satu ini dilakukan dengan cara melepaskan sel sperma ke air sehingga airnya akan tampak putih. Begitu pula dengan sel telur pada bintang laut betina.

Bintang laut jantan dan betina akan berkumpul dalam suatu koloni atau kelompok untuk bereproduksi, dengan cara tersebut maka akan meningkatkan kemungkinan sperma dan sel telur untuk saling bertemu satu sama lainnya.

Pos Terkait:  Dugong Berkembang Biak Dengan Cara…

Selain itu Bintang laut juga memiliki organ seksual di setiap lengannya. Ketika bintang laut betina sudah siap untuk bertelur, biasanya setiap betina hanya dapat mengeluarkan telur sekitar 12 – 24 juta telur dalam 1 kali berkembang biak.

Perlu diketahui bahwa bintang laut merupakan hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur atau dengan cara Ovipar

Daur Hidup Bintang Laut

Bintang laut juga memiliki daur hidupnya sendiri yang tentunya berbeda dengan hewan lainnya yang hidup di air asin mulai dari berupa telur, lalu menetas dan menjadi larva, dan sleanjutnya berkembang terus menjadi bintang laut dewasa. Untuk lebih jelasnya lag silahkan lanjut membaca.

Tahap 1: Tahap telur

Ketika telur sudah mulai dibuahi maka akan berkembang menjadi zigot. Beberapa spesies bintang laut akan melindungi telur-telurnya setelah dibuahi.

Untuk melindungi telur-telurnya, indukan bintang laut mungkin akan berada di atas telur tersebut agar bisa dilindungi secara langsung.

Setelah telur-telurnya menetas mereka akan dilepaskan ke laut dan melayang-layang diperairan, dengan begitu bayi bintang laut akan mulai mencari makanan sendiri.

Tahap 2: Tahap larva

Ketika telur bintang laut menetas dan memasuki tahap larvam bentuknya akan seperti gumpalan jelly yang mengapung diperairan. Bayi bintang laut juga akan memakan flora dan fauna yang berukuran mikroskopis.

Pos Terkait:  Kucing Berkembang Biak Dengan Cara...

Namun jangan harap kamu bisa melihat larva ini secara langsung karena ukurannya terlalu kecil untuk dilihat dengan mata telanjang.

Larva Bintang laut akan mengalami metamorphosis dalam beberapa tahap dan akan terus berkembang menjadi bintang laut dewasa.

Larva bintang laut memiliki simetri bilateral, tetapi jika sudah memasuki vase atau dalam bentuk dewasa mereka akan memiliki simetri radial.

Simetri bilateral merupakan bagian kiri dan kanan yang mirip antara satu sama lainnya, Sedangkan simetris radial merupakan anggota badan yang memancar dari satu titik di pusat tubuhnya.

Tahap 3: Tahap remaja

Jika proses larva sudah selesai, maka ia akan memasuki tahap terakhir dari daur hidup bintang laut. Efeknya merka akan meninggalkan gaya hidup planktonik yang mengambang bebas diperairan.

Larva bintang laut yang awalnya berukuran sangat kecil dan melayang-layang diperairan maka ia akan turun ke permukaan dan berkembang ke tahap remaja. Seekor bintang laut remaja akan terlihat mirip seperti versi kecil dari bentuk dewasanya.

Dalam tahapan ini biasanya mereka akan menjelajahi dasar-dasar laut dan memakan ganggang atau partikel lainnya yang bosa dimakan. Jika usianya sudah memasuki sekitar dua tahun maka bintang laut sudah bisa dianggap sebagai bintang laut dewasa sehingga dapat memulai tahap reproduksinya.

Lihat juga:

Demikianlah informasi yang dapat kami rangkum dan bagikan prihal perkembangbiakan bintang laut serta daur hidup bintang laut itu sendiri, semoga apa yang kami tulis bisa menambah wawasanmu. Semoga bermanfaat.