11 Contoh Curriculum Vitae Yang Baik dan Benar

Contoh Curriculum Vitae – Curriculum Vitae atau yang disingkat CV merupakan perlengkapan berkas untuk melamar pekerjaan yang di dalamnya berisi biodata diri.

CV sendiri pada dasarnya berupa daftar riwayat hidup yang menampilkan data diri kita kepada perusahaan dari mulai nama, tanggal lahir, umur, pendidikan, sampai ke pengalaman dimiliki.

CV bisa dibuat dengan menggunakan tulisan tangan atau diketik di Microsoft Word, Canva, atau menggunakan Photoshop, dan lain-lain.

Di era saat ini, perusahaan lebih memperhatikan CV, karena CV adalah kesan pertama kamu sebagai pelamar kerja.

Kalau CV yang kamu tulis mampu memikat HRD, maka HRD akan mengundang kamu untuk interview atau wawancara. Sebelum ke tahap berikutnya, Kamu harus pahami langkah-langkah terlebih dahulu. Yuk simak:

Cara Membuat Curriculum Vitae

Setelah kamu mengetahui beberapa hal yang harus diperhatikan di dalam CV. Kamu harus bisa membuat CV yang baik dan benar agar saat kamu melamar perusahaan segera memanggilmu untuk wawancara.

Pelaari juga:22 Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

contoh curriculum vitae

Perhatikan Cara Menulis CV :

  • Gunakan kertas putih polos: ukuran A4 80 gram (jika diketik) dan jika ditulis tangan gunakan kertas folio serta pulpen dengan tinta hitam.
  • Buatlah tampilan rapi dan indah: Bisa kamu desain (tapi jangan terlalu ramai) agar bisa menarik perhatian HRD.
  • Perhatikan pemilihan jenis huruf: sebaiknya gunakan font arial atau times new roman dengan ukuran 11pt atau 12 pt.
  • Gunakan tata bahasa, tanda baca sesuai EYD: perhatikan tata bahasa, tanda baca, serta ejaan sesuai EYD agar mudah dipahami oleh rekruitment.
  • Gunakan penulisan yang baik: tidak terlalu panjang atau rumit. Jelaskan secara singkat dan jelas.
  • Usahakan buat tidak lebih dari 2 halaman: buat kamu yang pengalamannya banyak usahakan tidak membuat CV lebih dari dua atau tiga halaman.

Perhatikan penjelasan di atas agar bisa menghasilkan CV yang baik dan benar juga menarik. Ingat jika CV kamu sudah baik dan menarik maka kamu kemungkinan bisa diterima.

contoh curriculum vitae yang baik dan benar
contoh curriculum vitae yang baik dan benar

Contoh CV (Curriculum Vitae)

Mari kita lihat beberapa contoh Curriculum Vitae yang ditulis dalam berbagai versi:

Contoh CV untuk kerja di BANK

Membuat CV untuk melamar ke perusahaan Bank biasanya ada hal yang harus dicantumkan yaitu tinggi dan berat badan (harus ideal).


CURRICULUM VITAE

Data Pribadi

Nama                                  : Raka Nugraha

Tempat, Tanggal, Lahir     : Cirebon, 13 Juni 1996

Jenis Kelamin                     : Laki-laki

Status Perkawinan             : Belum Menikah

Alamat Email                     : [email protected]

Alamat Lengkap                : Jl Sumber No. 12. Desa Cinangka.

Kecamatan Sumber.  Kabupaten Cirebon

Tinggi Badan                  : 175 cm

Berat Badan                   : 65 kg

No Handphone             : 0893452133

Deskripsi Diri

Hallo, nama saya Raka Nugraha lulusan Ekonomi Syariah

dari Universitas tahun 2019. Saya telah memiliki pengalaman bekerja di Bank

di Bank. Saya seorang pekerja keras, displin, dan bertanggung jawab.

Riwayat Pendidikan

2015-2019 : S1- Universitas Terbuka, Ekonomi Syariah

2012-2015: SMAN 1 Cirebon 1

2009-2012: SMPN 2 Sumber

2003-2009: SD 2 Sumber

Pengalaman Kerja

  • PT. Bank Indonesia sebagai Teller (Febuari 2014-2015)
  • PT. Bank Rakyat Indonesia sebagai Satpam (Mei 2013-2014)

Prestasi

  • Juara I Atlet Remaja PON Semarang (2012)
  • Juara III Seleksi Atlet Renang Jawa Barat (2011)

Keahlian

  • Mengoperasikan Microsoft Office : Word, Excel, dan Power Poin
  • Teller
  • Bahasa Inggris : Listening, Writing, dan Speaking

Pengalaman Organisasi

  • Ketua Osis 2008-2011
  • Sekertaris BEM 2015-2013

CV Bahasa Indonesia yang Benar

CV ada yang menggunakan bahasa Indonesia. CV dalam bahasa Indonesia harus memperhatikan EYD. Berikut ini CV bahasa Indonesia:


CURRICULUM VITAE

Data Pribadi

Nama                                  : Elin Herlina

Tempat, Tanggal, Lahir     : Majalaya, 3 Mei 1997

Jenis Kelamin                      : Perempuan

Status Perkawinan             : Belum Menikah

Alamat Email                     : [email protected]

Alamat Lengkap                : Jl Majalaya No. 12. Desa Cibanteng

Kecamatan Majalaya.  Kabupaten Bandung

Tinggi Badan                     : 160 cm

Berat Badan                      : 55 kg

No Handphone                  : 08753934535

Pendidikan Formal

2011-2015 : S1- Universitas Langlangbuana (Sistem Informasi)

2011-2008 : SMAN 3 Majalaya

2008-2005: SMPN Bandung

2005-2000: SD 02 Majalaya

Pengalaman Kerja

  • Bekerja di PT. Mitra Pasifik Medan sebagai Head of  Digital Marketing (Januari 2015-2018)
  • Bekerja di PT. Musimas Indonesia sebagai Marketing (Mei 2012-2015)
  • Bekerja di PT. Sinar Energi sebagai Teknisi Komuter (Juli 2011- Maret 2012)

         Organisasi

  • 2012-2013 : Ketua Ikatan Alumni Man Bandung
  • 2009-2009: Bendahara Pondok Pesantren

       Kemampuan

  • Web : HTMLL, CSS, dan PHP
  • Design Grafis
  • Bahasa Inggris

Contoh CV Bahasa Inggris

CV juga ada yang menggunakan bahasa Inggris (bahasa Internasional). Berikut ini contoh CV bahasa Inggris yang menarik:

contoh curriculum vitae bahasa inggris
contoh curriculum vitae bahasa inggris

CURRICULUM VITAE

PROFILE

Design is what I live for it fuels me to help make the word a better place.

Name                   : David Bayu

Date of Birth        : 03 Juli 1997

Gender                 : Male

Status Marrige      : Single

CONTACT

No HP                  : 08765568987

Mail                      : [email protected]

Website                : www.davidbayu.com

Address                : Cilebut No 23. Block D. Cibanteng. West Java

EDUCATION

Noble Design School : 2012-2013

Short Course on Web Design

Catalina Senior High : 2011-2012

Valedictorion

EXPERIENCE

Ariel Design Studio : 2015-2019

Senior Graphic Designer

Big Ideas Design Inc :2012-2013

Graphic designer

SKILL

Branding

Film and Video

Typography

Art Direction

Ad Compaigns

INTERESTS

Internet

Travelling

Movie Watching

Playing Music

Theater Shows


Contoh CV Bahasa Inggris Simple


CURRICULUM VITAE

PROFILE

Hallo my name is Hardi. My friend call me Hardi. I was born in Jakarta, 12 July 1990. My hobby is swimming and playing music.

CONTACT DETAILS

Name                            : Hardi

Pos Terkait:  12 Contoh Surat Undangan Resmi dan Tidak Resmi

No Phone                    : +62853039080

Mail                              : [email protected]

Address                       :Kemayoran Jakarta Pusat

SOCIAL MEDIA

Linkedin

Linkedin.com/hardi12/

Website

Hardi.wordpress.com

ACADEMIC HISTORY

  • Natthenfield University

MA Sport Administration

Graduated May 2016

  • Institut Pertanian Bogor University

Docter animal

Graduated July 2019

WORK EXPERIENCE

  • Collaboration (2018-2019)

Specialising in graphic design and photography

  • Corporate (2010-2011)

EXPERTISE

Graphic Design

Photography

Writing


Contoh CV Untuk Kerja di Apotek


CURRICULUM VITAE

Data Diri

Nama                                 : Husni Mira, S.Farm., Apt.

Tempat, Tanggal, Lahir       : Jakarta, 2 Januari 1994

Usia                                    : 23 Tahun

Agama                                : Islam

Jenis Kelamin                     : Perempuan

Alamat                               : Perum RSCM Blok 5. RT/RW 002/004. Cimanis. Kota Bogor

No HP                                : 08372947293

Email                                  : [email protected]

IPK Terakhir                     : 3.50

PENDIDIKAN

  • Profesi Apoteker (2016-2018)

 Institut Sains dan Teknologi Nasional

  • S1 (2012-2015)

Institus Sains dan Teknologi Nasional

  • SMAN Jakarta 12 (2009-2011)
  • SMPN 2 Jakarta (2007-2009)
  • SD Jakarta 3 (2002-2007)

        Pengalaman Kerja

  • Asisten Dosen Pratikum Fitokimia ISTN (2017)
  • Apotek Kimia Farma Dramaga (April 2018)
  • Rumah Sakit Cipto Mangun Kusumo (Mei 2019)

Contoh CV Bahasa Inggris Berpengalaman


THALITHA BUNGA

Maliobor Street, Yogyakarta

Contact : 08734273825

Email    : [email protected]

Objective

Dedicated and hard working team player who is eager to contribute a strong skill of accounting and administrative background for a further company achievement.

Summary of Qualification

  • Having two years in experiencing as a accounting staff at the construction company.
  • Possessing experienced skills in making financial statements for annual meeting of the board of the company, management reports, and journal enteries for multi kind of report such as multi-state payroll, reconciliation statements, a account receivable and apayable, job costing and the allcolation of inventory vacation.
  • Having proven ability in handling full cycle account of employer payroll.
  • Possessing the computer skill such as Ms word, excel, powerpoint, front office and ADP payroll and AXAPTA.
  • Being able to demonstrate the ability of making spreadsheets for balance sheets, trial and balance and the summary of income.

HIGHLIGHTS

  • General ledger accounting
  • Reporting proficiency
  • Analytical
  • Team leadership
  • Financial statement analsysis
  • Account recounciliatation expert
  • Budget forecasting expertise

EXPERIENCE

Senior Accountant (March 2008 to current)

Education Pro – New Cityland, CA

  • Revise and streamline ineffiencient work procedures with automation software.
  • Collaborate extensively with auditors during preminary and year-end audit processes.
  • Investigate and revolve discrepancies in monthly bank account while under tight deadlines.
  • Align all financial activity with the regulations of the GAAP.
  • Reduced closing time for monthly and quarterly close by 30% by implementing new consolidation procedures.
  • Educate management on strategies for minimizing tax lilability.

Accounting Staff (2006)

  • Facilitate the process of salesorder from the early receipt, confirmation and data update during delivery time.
  • Process the bi-weekly payroll for more than 250 vendors with the accounting ranging from monthly check processing to accounut allocation.
  • Assist the financial director in dealing with some projects, quaries and report.
  • Perform analytical review and financial forecast.

EDUCATION

Bachelor of Business Administrartion (GPA 3.50)

From University of Malaysia in 2004

Computer Course in 2003

CERTIFICATION

Certicated of Management Accountant

Certicated of Computer

SKILLS

Highly motivated employer

Readily to ad pt in a new environment

Able to work based on the deadline


Contoh CV Lamaran Kerja

contoh curriculum vitae tulis tangan
Contoh curriculum vitae tulis tangan

CURRICULUM VITAE

DATA PRIBADI

Nama lengkap                    : Bagus Pranoto

Tempat, Tanggal Lahir      : Kuningan, 15 April 1993

Alamat                               : Bojong gede, Blok K12, Ciampea, Bogor

Jenis Kelamin                     :  Laki-laki

Status Perkawinan             : Menikah

Agama                                : Islam

No. Telp                             : 0823243489

Email                                  : [email protected]

RIWAYAT PENDIDIKAN

Pendidikan Formal

S1- Publikasi, Universitas Pakuan            2011-2015

MA Negeri Bogor                                      2008-2011

MTS Negeri 2 Bogor                                 2005-2008

SD 2 Bojong Gede                                    1999-2005

Pendidikan Informal

Kursus Komputer, Bogor              (2015)

Kursus Bahasa Inggris                  (2012)

PENGALAMAN KERJA

2015- 2018. PT. Sari Roti. Jakarta Pusat sebagai Supervisor

2012-2014. PT. Indofood. Jakarta Barat sebagai Operasi Produksi

PRESTASI

Atlet Remaja Sea Games Jakarta (2010)

Seleksi Nasional PON Jawa Barat (2012)

Juara Cerdas Cermat Antar Mahasiswa Sastra Inggris UPI (2014)

Demikian daftar riwayat hidup ini saya buat sebagai informasi dan bahan pertimbangan atas surat lamaran yang saya ajukan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Bagus Pranoto


CV Untuk Melamar Barista


CURRICULUM VITAE

Bahtiar Hamzah

763 Hilton, Phoenix, Az (Phone: +1 (555) 233 3435)

[email protected]

ABOUT ME

An enthusiastic, friendly individual with a passion for coffee and a coll head in a fast paced environment, seeking employment as a Barista.

EDUCATION

IOWA STATE UNIVERSITY

Bachelor’s Degree in Accuracy

EXPERIENCE

LEAD Barista

Dallas, TX

30/2018- present

  • Oversee and assist in maintaining a clean work station (including floors, work areas equipment, walls, refrigerators, and meat blocks).
  • Develop staff by providing on-going coaching and performance feedback.
  • Assist with daily STEP observations and report safety hazards discovered in the location to management immedialety.
  • Assist the Manager or Supervisor in supervising associates; maintaining a friendly, efficient, and appealing environment for associates and customers.
  • Assist management team with administrative functions and daily food prep down times.
  • Assist with setup, cleanup, stock work and headling of food items.
  • Oversee and assist in setting up and and breaking down of stations. designated by the manager.

STARBUCKS BARISTA

San Fransisco, CA

02/2015-04/2017

  • Perform all pre-shift and post-shift duties,side-work, and related paperwork.
  • Exposure to potential hazards exists with respect to cutting equitment, coffee makers, mixers and other work aids necessary to perform job duties.
  • Providing assistance by responding to customer questions in an effective and efficient manner.
  • Contributes to positive team environment by recognizing alarms or changers in partner morale and performance and communicating them to the store manager.
  • Communicates information to manager so that team can responf as necessary to create the Third Place environment during each shift.
  • Perform work that is routine and organized.
  • Involves working with chemicals, heated equipment, steam and at other risk conditions.
Pos Terkait:  22 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit

BARISTA

Bostin, MA

02/2013-05/2014

  • Perform opening and closing duties accourdinig to eastablished side-work checklist.
  • Perform “other” job-related duties as assigned by management, which achieve the established goals of Aramark and the client.
  • Demonstrates great teamwork by cooperating with and assiting co-workers.
  • Assist witih new patner training by positively reinforcing alarms or changes in patner morale and performance and communicating them to the store manager.
  • Serves as an advocate of selling techniques to the costumer by establishing goog communication and assiting in the buying decisions-making process.
  • Meet with manager upon arrival to discuss shift set-up, and check out with out with manager before leaving to ensure duties are completed.
  • Assisting in daily Food and Beverage inventory management and control.

SKILLS

  • Demonstrate great food and beverage knowledge with an ability to up sell to ensure guest statisfaction.
  • Dependable and reliable with flexibility to work a varied schedule to include days, evenings, weekends, holidays and the ability to work under pressure.
  • The ability to work independently with professional while maintaining a focus on quality and customer service.
  • Maintains a professional self-presentation, clean, neat, and, professional.
  • Excellent guest service skills; ability to adhere to Company’Guest Path Universal Service Standards
  • Good communication skills; ability to communicate with guest and co-workers.
  • An ability to quickly learn about the products being sold, cash register operation, site features and NMS’S customer services expectations/standards.
  • Excellent guest services skills; ability to adhere to Company’s Guest Path Universal Services Standars
  • Ability to handle multiple tasks quickly and efficiently.

Contoh CV Untuk Melamar Apotek


CURRICULUM VITAE

DATA DIRI

Nama                                  : Dini Lestari

Tempat, Tanggal, Lahir     : Depok, 3 Juli 1997

Jenis Kelamin                     : Perempuan

Status Perkawinan             : Belum Menikah

Alamat Email                    : [email protected]

Alamat Lengkap                : Jl Majalaya No. 12. Desa Cibanteng Kecamatan Ciwidey.  Kabupaten Bandung

Tinggi Badan                     : 150 cm

 Berat Badan                      : 50 kg

No Handphone                  : 081313294949

Kesehatan                          : Baik

KUALIFIKASI

  • Dapat mengoperasikan komputer.
  • Mempunyai keinginan untuk belajar, pekerja keras, bertanggung jawab, displin, jujur, dan akan memberikan kompentensi waku dan tenaga selama waktu yang ditentukan perusahaan.

PENDIDIKAN

2015-2018  : Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Depok (Jurusan Farmasi- IPK 3.00)

2013-2015 : SMAN 2 Depok (Jurusan IPA)

2008-2013 : SMPN 2 Margonda Depok

PENGALAMAN MAGANG

  • Febuari 2017. Apotek Mandiri Depok sebagai Tenaga Teknis Kefarmasian
  • Januari 2014. Apotek Kimia Farma Depok sebagai asisten apoteker.

Demikian riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya.

Hormat Saya,

Dini Lestari


Contoh CV Administrasi


CURRICULUM VITAE

Data Pribadi

Nama                               : Munawaroh

Tempat, Tanggal, Lahir     : Banyuwangi, 13 Juli 1996

Jenis Kelamin                   : Perempuan

Status Perkawinan            : Belum Menikah

Alamat Email                    : [email protected]

Alamat Lengkap               : Jl. Banyuwangi. 10. Desa Cibabakan. Kecamatan Banyuwangi.  Kota Banyuwangi

Tinggi Badan                    : 165 cm

Berat Badan                      : 55 kg

No Handphone                : 085343558999

Riwayat Pendidikan

2015-2019 : S1- Ekonomi di Universitas Airlangga

2012-2015 : Administrasi Perkantoran di Sekolah Menegah Kejuruan (SMK)

Keahlian

  • Mengoperasikan Microsoft Office : Word, Excel, dan Power Poin
  • Mampu membuat surat menyurat
  • Menguasai management file
  • Mampu melakukan presentasi dengan baik
  • Mampu bekerja sama dengan tim
  • Menguasai internet dan alat komunikasi, telepon, dan facsimile 

Contoh CV Fresh Graduate

contoh curriculum vitae yang benar
contoh curriculum vitae yang benar

CURRICULUM VITAE

Data Pribadi

Nama                                : Siti Hasanah

Tempat, Tanggal, Lahir      : Banten, 23 Juli 1996

Jenis Kelamin                    : Perempuan

Status Perkawinan            : Belum Menikah

Alamat Email                    : [email protected]

Alamat Lengkap               : Jl. Ujung Genteng No 10. Desa Cikalancing. Kecamatan Tanggerang.  Kabupaten Banten

No Handphone                : 085343532311

Motto

Lakukan yang terbaik menurutmu, sebisamu, dan sisanya serahkan kepada Allah. Tanpa perlu khawatir akan rencana-Nya.

Riwayat Pendidikan

2012-2015  :  SMA Karya Bakti

2009-2012: SMP Banten 2

2003-2009: SDN Ujung Genteng

2001-2003: TK Bintang

Riwayat Organisasi

2012-2013 : Anggota Bidang Publikasi OSIS SMA Karya Bakti

2011-2012 : PJ. Bendahara PD. IPM Banten

2010-2011 : Ketua Osis SMP Banten 2

2009-2010 : Ketua Ikatan Alumni SMP Banten

Prestasi

2015 – Finalis Pelajaran Wawasan Kebangsaan LAPI ITB Provinsi Jabar

2014 – Juara I Duta Peduli Rimba Banten

2014 – Ranner UP Duta Wisata Tanggerang

Hobby

  • Olah raga
  • Traveling
  • Membaca Buku
  • Kuliner

Setelah kamu memperhatikan ha-hal yang perlu ada di CV, lalu cara menulis CV dan melihat berbagai macam contoh CV langkah selanjutnya mempraktikan cara membuat CV baik dan menarik.

Perlu diperhatikan, bahwasanya CV harus dibuat sebaik mungkin tidak boleh asal-asalan karena ini akan menjadi modal utama kamu supaya dilirik HRD.

Pos Terkait:  10 Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan dan Via Email

Langsung aja pembahasan mengenai langkah cara membuat CV. Perhatikan yaa!


Cara Membuat CV Yang Menarik

contoh curriculum vitae
contoh curriculum vitae

Lakukan Job Research

Bertujuan untuk mencari informasi perusahaan dan pekerjaan yang akan kamu lamar. Hal yang harus diperhatikan diantaranya:

  • Cari informasi perihal syarat-syarat melamar kerja. Lalu catat informasi tersebut dari mulai syarat pelamar, posisi yang ditawarkan, seperti keterampilan atau keahlian yang kamu miliki, usia, dan pengalaman kerja yang harus kamu penuhi.
  • Gali terus mengenai informasi perusahaan sebanyak-banyaknya. Terutama mengenai visi dan misi di perusahaan dan etos karyawan di perusahaan tersebut.

Temukan Informasi Tentang CV

Setelah kamu sudah mendapatkan semua informasi perusahaan yang akan kamu lamar, langkah selanjutkan kamu harus menggali informasi perihal CV yang bakal kamu buat.

Update terus CV kamu meskipun kamu sudah memahami apa itu CV. Tapi kamu tetap harus sering mengupdatenya.

Bagi kamu yang baru lulus atau fresh graduated CV akan sangat berdampak bagimu. Maka dari itu, kamu harus memperhatikan hal-hal di atas yang sudah di bahas.

Kalau CV kamu sudah selesai di cetak atau ditulis tangan dengan baik dan rapi. Sebelum melamar harus dipastikan bahwa CV kamu sudah disatukan dengan berkas yang lainnya, seperti: ijazah, transkip nilai, KTP, KK, foto cetak, dan lain-lain.

Banyak sekali orang yang sedang mencari kerja. Jenis perusahaan yang mereka lamar mulai dari perusahaan start up, ecommerce, BUMN, Alfamidi, pabrik-pabrik, Bank, dan masih banyak lagi.

Perlu kamu ketahui juga cara mereka melamar atau apply ke perusahaan tersebut juga bervariasi medianya (tergantung permintaan perusahaan), misalnya: ada yang harus di kirim ke POS, via email, website, aplikasi, dan masih banyak lagi.

Jangan lupa kalau kamu melamar via POS, atau langsung datang ke perusahaan tersebut pastikan terlebih dahulu jika berkas kamu sudah lengkap dan  jika sudah langsung masukan dalam amplop coklat.

Tulis identitas diri kamu mulai dari nama, alamat, no telepon, dan email di atas pojok kiri.

Tuliskan juga nama perusahaan, alamat, no telepon perusahaan yang kamu akan lamar di bawah pojok kanan. Hal ini agar telihat sopan.

Jadi, kesimpulannya adalah Curriculum Vitae yang biasa disebut CV ini dalam bahasa Indonesia artinya daftar riwayat hidup atau biodata diri.

Contoh CV diatas bisa dibuat dengan menggunakan tulisan tangan atau diketik di Microsoft Word, Canva, atau menggunakan Photoshop, dan lain-lain.

Gunakan ejaan sesuai dengan EYD, gaya penulisan kalimat singkat dan jelas, dan terakhir buatlah tidak lebih 2-3 halaman.

Hal-hal yang Harus Dicantumkan Dalam CV

CV bertujuan untuk memberikan informasi tentang kamu sebagai pencari kerja kepada perusahaan atau institusi yang akan menerimanya.

Perhatikan beberapa hal yang harus dicantukam di CV:

Data Pribadi

Ini data penting yang harus dicantumkan di CV pencari kerja. Data ini berisi nama lengkap, tempat tanggal lahir, usia, alamat, nomor telepon, email, alamat sosial media (facebook, linkedin, website, dan lain-lain).

Tidak menutup kemungkinan tinggi serta berat badan (jika dibutuhkan oleh beberapa perusahaan).

Deskripsi Diri

Bagian ini kamu harus mempromosikan diri kepada HRD perusahaan yang membuka lowongan.

Promosikan diri kamu sebagus dan sebaik mungkin, karena di sini HRD akan melihat keunggulan apa saja yang kamu miliki atau hal apa yang menarik mengenai penggambaran yang ada di CV.

Usahakan promosikan sejujur mungkin tanpa ada kebohongan. Tulis tiga atau empat kalimat secara ringkat untuk menarik perhatian HRD.

Riwayat Pendidikan Dan Pelatihan

Cantumkan riwayat pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi (bisa mencantumkan dua pendidikan terbaru).

Lengkap dengan tahun masuk dan tahun kelulusan. Serta cantumkan pendidikan informal (pelatihan) yang pernah diikuti beserta tahun mulai dan tahun lulus.

Pendidikan informal ini bisa menjadi nilai tambah untuk HRD.

Pengalaman Organisasi

Pengalaman organisasi berguna untuk menilai sejauh mana keaktifan kamu sebagai pencari kerja.

Ini bisa menjadi nilai tambahan untuk kamu yang fresh graduate atau yang belum memiliki pengalaman bekerja.

Pengalaman organisasi ini akan menjadi tolak ukur keaktifan dalam bekerja sama di dalam tim.

Cantumkan semua pengalaman organisasi (mulai dari tahun terbaru sampai terlama) yang diri dari nama jabatan dan nama organisasi yang pernah diikuti.

Bisa juga tuliskan secara detail jabatan atau kegiatan yang dilakukan dalam organisasi secara singkat dan jelas (tidak perlu terlalu panjang) agar mudah dimengerti atau simple.

Keahlian Tambahan

Seperti bahasa asing atau keahlian komputer, dan masih banyak lagi yang akan mendukung pekerjaan kamu.

Contoh: kamu melamar posisi Customer Services. Maka keahlian mengoprasikan Microsoft Office, Publik Speaking yang baik, dan lain-lain.

Prestasi Yang Pernah Dicapai

Jika kamu memiliki prestasi baik itu akademik maupun non-akademik jangan lupa dicantumkan. Karena ini juga bisa menjadi bahan pertimbangan atau nilai tambah bagi HRD.

Cantumkan apa prestasinya, tahun berapa, dan siapa yang menyelenggarakannya (usaha cantumkan mulai dari prestasi terbaru- terlama).

Pengalaman Kerja Dan Referensi Perusahaan

Bagi kamu yang sudah memiliki pengalaman kerja baik paruh waktu, penuh waktu, dan sebagainya cantumkan saja.

Sebutkan posisi posisi jabatan, nama perusahaan dan tahun bergabung dengan perusahaannya.

Jika kamu mempunyai referensi atau surat pengalaman kerja yang didapatkan dari perusahaan sebelumnya tuliskan saja dengan lengkap mengenai pekerjaan yang pernah dilakukan.

Nah, itulah hal-hal yang kamu harus perhatikan sebelum menulis CV. Jika kamu sudah paham penjelasan di atas. Terimakasih dan semoga bermanfaat