close

5 Perbedaan Smartwatch dan Smartband yang Harus Diketahui

Perkembangan teknologi makin melesat jauh. Hal itu juga berdampak pada munculnya jam tangan pintar. Banyak perusahaan berlomba menciptakan jam tangan pintar seperti smartwatch dan smartband untuk dipasarkan ke publik. Namun, perbedaan smartwatch dan smartband memang jarang diketahui.

Smartwatch dan smartwatch sudah sangat luas penjualannya. Sayangnya, orang-orang seringkali salah mengenali kedua jam tangan pintar ini padahal ada banyak faktor yang menunjukkan perbedaan keduanya. Apa saja perbedaan smartwatch dan smartband? Simak penjelasan berikut:

Baca juga: 6 Aplikasi Pembersih Memori RAM Terbaik dan Gratis!

1. Fitur yang Ditawarkan Smartwatch Lebih Beragam

Perbedaan smartwatch dan smartband yang pertama adalah dari segi fitur yang ditawarkan. Ternyata, fitur-fitur smartwatch lebih canggih dan bervariasi daripada smartband.

Smartwatch memiliki fitur, spesifikasi, dan fungsi yang hampir mirip dengan smartphone. Berbeda sekali dengan fitur smartband yang terbatas.

Smartwatch dilengkapi dengan fitur notifIkasi pesan dan panggilan dari HP yang terhubung, mendengarkan lagu, mengakses GPS, Wifi, mengunduh aplikasi HP, dll. Sedangkan fitur smartband kebanyakan hanya bisa untuk fitness tracker dan alarm, sehingga pemakaiannya sangat terbatas dan di waktu tertentu.

2. Tampilan yang Sangat Berbeda

Walaupun sama-sama jam tangan pintar, keduanya memiliki tampilan yang sangat berbeda. Perbedaan kedua jam tangan pintar ini dari tampilan jelas terlihat saat diperhatikan.

Pos Terkait:  Cara Menghubungkan HP Ke TV Dengan USB/Kabel Data Biasa

Smartwatch desain dan ukurannya mirip dengan jam tangan konvensional, tapi smartwatch dilengkapi layar canggih untuk penggunaannya. Smartwatch juga memberikan dua pilihan display untuk penggunanya, yaitu digital dan analog.

Di sisi lain, smartband memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding smartwatch dan bentuknya menyerupai gelang. Smartband memakai tombol untuk navigasi, berbeda dengan smartwatch yang menggunakan fitur touchscreen.

3. Selisih Harga yang Jauh Berbeda

Perbedaan lain yang tampak jelas adalah dari segi harga. Karena fitur dan tampilan yang berbeda, kedua jam tangan pintar ini juga dijual dengan perbedaan harga yang cukup jauh. Smartwatch yang lebih modern dan canggih tentu lebih mahal dibanding smartband.

Smartwatch biasa dijual dengan kisaran harga 1 juta sampai 5 juta lebih. Sedangkan, smartband cukup dijual dengan kisaran 200 ribu sampai 1 juta. Harga kedua jam tangan pintar ini juga berbeda tergantung merek dan canggihnya fitur-fitur yang ditawarkan.

4. Teknologi Display yang Dipakai

Selain tampilan dan bentuknya yang berbeda, smartwatch dan smartband juga sangat berbeda dari teknologi display yang dipakai. Smartwatch yang memiliki fitur-fitur hampir mirip dengan smartphone, ternyata juga mengadopsi layar LCD backlit atau OLED yang sering dipakai untuk layar smartphone.

Pos Terkait:  Sound of Text WA yang Keren, Lucu dan Unik Buat Notifikasi

Smartwatch belakangan ini juga mengadopsi teknologi layar AMOLED yang banyak digunakan di smartphone terbaru. Sedangkan, kebanyakan smartband yang memiliki fitur terbatas hanya memakai teknologi layar standar. Namun, beberapa smartband juga belakangan mengadopsi teknologi layar OLED untuk displaynya.

5. Perbedaan dari Daya Baterai

Perbedaannya yang terakhir adalah dari segi ketahanan baterai. Meskipun memiliki lebih banyak fitur dan teknologi yang lebih canggih, daya baterai smartwatch tidak terlalu panjang dibandingkan smartband.

Pengguna harus mengisi daya setidaknya sehari sekali jika digunakan setiap hari. Perbedaan ini dikarenakan waktu pemakaian smartwatch yang lebih sering ketimbang smartband.

Sementara itu, smartband memiliki daya baterai yang lama sekitar 2-5 hari. Hal ini karena penggunaan smartband yang hanya pada waktu tertentu dan fiturnya yang tidak sebanyak smartwatch.

Jadi, Itulah beberapa perbedaan smartwatch dan smartband sehingga membuatnya mudah dikenali. Sebenarnya, kedua jam tangan pintar ini memiliki banyak perbedaan yang kentara.