close

Contoh Garis Vertikal dan Horizontal

Garis vertikal dan horizontal merupakan dua macam garis berbeda dengan posisi yang diambil dari sudut pandang bumi. Selain Vertikal dan Horizontal sebetulnya masih ada lagi macam-macam garis lainnya seperti Garis Curva atau garis lengkung serta garis diagonal.

Dalam postingan kali ini kami hanya akan membahas materi mengenai pengertian dari garis vertikal dan horizontal lengkap dengan contoh gambarnya. Untuk lebih jelasnya lagi berikut pembahasannya kami rangkum untuk anda.

Garis Vertikal

Pengertian garis vertikal adalah garis dengan posisi yang cenderung tegak lurus dari atas ke bawah dengan patokan dari sudut pandang bumi. Garis vertikal pada koordinat kartesius dapat digambarkan dengan garis yang sejajar dengan sumbu y (ordinat).

Lihat gambar dibawah ini:

Garis Vertikal

Terlihat jelas bahwa garis vertikal memiliki posisi yang digambarkan sejajar dengan sumbu y dimana posisi ini sama dengan posisi kita ketika sedang berdiri dengan tegak.

Kita pastinya sering melihat menara-menara yang tinggi menjulang ke atas, seperti Monas, dan menara pemancar jaringan yang sering dijumpai di kota-kota dan pedesaan. Menara tersebut memiliki posisi vertikal atau garis yang tegak lurus dari bawah ke atas.

Garis Horizontal

Pengertian garis horizontal adalah garis dengan posisi lurus mendatar dengan patokan dari sudut bumi. Garis horizontal pada koordinat kartesius dapat digambarkan dengan garis yang sejajar dengan sumbu x (absis).

Pos Terkait:  Tabel Perkalian 1 Sampai 10 - 100 & Gambarnya

Lihat gambar dibawah ini:

Garis Horizontal

Pada contoh gambar diatas terlihat jelas bahwa gambaran garis horizontal sama seperti posisi kita saat sedang berbaring di tempat tidur dengan posisi tegak lurus mendatar.

Contoh lain yang mungkin sering kita lihat pada objek dengan posisi garis horizontal ini ialah tali jemuran yang dibentangkan dan di ikat antara tiang satu dengan tiang lainyya. Posisi tali yang terbentang ini merupakan gambaran dari garis horizontal.

Lihat juga : Berapa liter dalam satu galon?

Sekian artikel mengenai pengertian garis vertikal dan horizontal. nantikan informasi menarik lainnya dari combinesia, jika ada yang perlu ditanyakan jangan sungkan untuk mengajukannya di kolom komentar.