Organisasi : Pengertian, Tujuan dan Struktur

Organisasi Adalah – Apa itu organisasi? Pertanyaan ini sering dilontarkan saat kalian mengikuti kegiatan manajemen kepemudaan baik di sekolah, training pekerjaan, bisnis dari kantor maupun instansi untuk mengetes pemahaman kalian akan organisasi.

Lantas apa pengertian organisasi yang sebenarnya? Apakah jawaban kita sudah benar atau justru sebaliknya?

Perlu kalian ketahui, pengertian organisasi bisa diartikan secara umum dan menurut para ahli. Organisasi bisa disebut sebagai wadah untuk mencapai tujuan.

Tanpa di sadari mungkin kalian sudah ikut organisasi misalnya kalian bekerja di suatu kantor sebagai staf keuangan dan melaksanakn tugas, secara otomatis kalian adalah anggota organisasi demi mencapai tujuan perusahaan.

Nah untuk kalian yang akan mengikuti kegiatan managemen bisa dari kantor atau sekolah ada baiknya sobat pelajari dulu tentang organisasi mulai dari pengertian organisasi, ciri-ciri, unsur manfaat, bentuk serta tujuan organisasi selengkapnya untuk kalian dibawah ini, check it out!


Pengertian Organisasi Secara Umum

Secara umum, organisasi adalah suatu wadah yang terdiri atas kumpulan individu atau kelompok saling bekerjasama terarah yang memiliki tujuan yang sama untuk dicapai dengan memanfaatkan sumber daya.

Sumber daya yang digunakan umumnya yakni lingkungan, manusia, peralatan, uang, modal dan lain sebagainya.

Sementara, menurut KBBI Organisasi adalah penyusunan dan aturan yang berasal dari berbagai macam bagian baik manusia ataupun lainnya menjadi satu kesatuan yang teratur.

Berdasarkan pengertian organisasi menurut KBBI maka suatu organisasi dipimpin oleh seorang pemimpin yang terencana demi mencapai tujuan organisasi.


Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

Bukan cuma secara umum aja lho guys, pengertian organisasi juga didefinisikan menurut para ahli yang kompeten. Agar sobat semua lebih paham dan mengerti apa organisasi itu, maka kalian juga perlu nih merujuk berdasarkan pendapat para ahli, antara lain sebagai berikut:

Stephen P Robbins

Stephen P. Robbins mengemukakan bahwa organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.

Paul Preston dan Thomas Zimmerer

Tak berbeda dari pengertian organisasi secara umum, pendapat Paul Preston dan Thomas Zimmerer tentang organisasi adalah suatu kumpulan orang yang telah disusun dalam sebuah kelompok-kelompok yang saling bekerjasama dalam mencapai tujuan secara bersama.

Philip Slznic

Menurut Philip Slznic pengertian organisasi adalah suatu peraturan personil berguna dalam mempermudah dalam melakukan pencapaian dari beberapa tujuan yang sudah ditetapkan lewat alokasi tanggung jawab dan fungsi atau Through the allocation of functionss and responsibilites.

Prof Dr. Sondang P. Siagian

Lebih detail Siagian mengemukakan bahwa pengertian organisasi adalah setiap bentuk persekutuan antara dua orang / lebih yang saling bekerjasama serta terikat secara formal dalam rangka melakukan pencapaian tujuan yang sudah ditentukan dalam ikatan yang ada pada seseorang atau beberap orang yang dikenal sebagai atasan dan seorang atau kelompok orang yang dikenal sebagai bawahan.

Stoner

Stoner mengartikan organisasi adalah pola yang saling berkaitan dimana sumberdaya manusia yang berada di dalamnya diarahkan oleh manajer untuk mencapai tujuan bersama.

Thompson

Menurut Thompson pengertian organisasi adalah suatu perpaduan antara beberapa anggota khusus yang sangat impersonal dan rasional yang saling bekerjasama (koperasi) dalam mencapai berbagai tujuan yang spesifik yang sudah diumumkan.

James D. Mooney dan Chester I. Bernard

James D. Mooney mengatakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mewujudkan tujuan bersama, sementara itu menurut Chester I. Bernard secara singkat pengertian organisasi adalah suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.


Ciri-Ciri Organisasi

Pengertian organisasi adalah

Nah setelah tahu pengertian organisasi, kalian juga perlu tahu ciri-ciri organisasi karena enggak semua perkumpulan bisa disebut dengan organisasi.

Supaya enggak keliru, yuk simak informasi ciri-ciri organisasi dan contohnya dibawah ini.

Terdiri dari Sekelompok Orang

Ciri utama organisasi adalah adanya sekelompok orang yang terdiri atas dua atau lebih. So kalo kalian merasa memiliki pertemanan yang beranggotakan dua atau lebih mungkin bisa disebut sebagai sebuah organisasi, tapi apakah benar? Jangan buru-buru menyimpulkan, cari tau dulu ciri lainnya ya guys!

Memiliki Tujuan Bersama

Alasan mengapa beberapa orang bekerjasama membentuk sebuah organisasi adalah karena memiliki tujuan bersama yang ingin diwujudkan sehingga dengan adanya tujuan tersebut, para anggota organisasi akan saling bahu membahu dalam melakukan usaha untuk mencapai tujuan bersama.

Pos Terkait:  Puisi : Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis dan Contoh

Eits tapi cek dulu tujuan bersama tersebut sebaiknya harus baik ya, bukan untuk mencapai tujuan buruk apalagi usaha yang dilakukan pun jangan sampai menghalalkan segala cara misalnya organisasi aliran sesat, organisasi mewadahi jual beli obat terlarang.

Usaha yang dilakukan harus baik sesuai dengan aturan agama dan negara.

Saling Bekerjasama

Ciri ketiga sebuah organisasi adalah sikap saling tolong menolong, bahu membantu alias bekerjasama demi mencapai tujuan yang ingin dicapai oleh organisasi tersebut.

Misalnya kalian dalam suatu organisasi kampus ingin memenangkan sebuah lomba Kabupaten, maka harus ada yang membantu mengurus operasional, membantu belajar dan sebagainya.

Perlu diingat guys tanpa adanya kerjasama antar anggota organisasi maka tujuan tidak akan tercapai secara efektif dan efisien, alias lamban kalao ibarat mah seperti siput berjalan, lama, enggak akan sampai-sampai pada tujuan.

Peraturan Yang Jelas

Organisasi professional pasti memiliki peraturan yang jelas perlu ditaati oleh anggotanya selain itu adanya sanksi jika anggota melanggar peraturan tersebut.

Peraturan ini bertujuan untuk mengatur dan membatasi sumberdaya yang dimiliki agar saling bersinergi dalam proses pencapaian tujuan dan menciptakan manajemen yang baik dalam organisasi.

Contoh peraturan dalam sebuah organisasi adalah sobat tidak boleh mengikuti partai politik selain partai politik B pada organisasi politik B, harus mengenakan pakaian dinas saat rapat kegiatan pada suatu organisasi kampus.

Pembagian Tugas dan Tanggung Jawab

Peraturan harus disertai dengan pembagian tugas dan tanggung jawab tentunya sesuai dengan divisi dan peran kalian dalam organisasi.

Saat kalian menjadi staf keuangan dalam perusahaan maka kalian wajib mengerjakan job kalian yakni membuat laporan keuangan kepada pimpinan atau managemen, jurnal, invoice dan lain sebagainya.

Hal ini sesuai dengan Berelson dan Steiner (1964:55) bahwa sebuah organisasi memiliki ciri-ciri yakni hierarkhi, merupakan ciri organisasi yang menunjuk pada adanya suatu pola kekuasaan dan wewenang yang berbentuk piramida.

Artinya ada orang-orang tertentu yang memiliki kedudukan dan kekuasaan serta wewenang yang lebih tinggi daripada anggota biasa pada organisasi tersebut.


Unsur-Unsur Organisasi

Agar organisasi sobat dapat mencapai tujuan, maka kalian perlu juga memperhatikan unsur-unsur penting secara umum didalam suatu organisasi lho hal ini mendukung kesuksesan organisasi dalam menggapai visi dan misinya.

Apa saja unsur-unsur tersebut, yuk simak disini.

Anggota / Personil

Unsur paling penting dalam organisasi adalah anggota organisasi dimana masing-masing personil memiliki tingkatan dan fungsi tersendiri.

Misalnya pada organisasi himpunan mahasiswa pertanian maka ada staf administrasi, pengabdian masyarakat, keilmuan.

Guys, sebuah organisasi akan terbentuk jika terdapat unsur manusia yang saling bekerjasama untuk membangun organisasi dan pemimpin dan juga yang dipimpin telah terpenuhi seperti itu yak.

Kerjasama

Organisasi hanya bisa mencapai tujuan bersama bila para anggotanya melakukan tugas dan tanggungjawab secara bersama-sama ya guys, enggak ada yang egois cuma mikirin kepentingan pribadi atau hanya ingin menyelesaikan tugasnya sendiri.

Dalam organisasi semua staf memiliki tugas masing-masing sesuai dengan jabatannya, tak lupa ada seorang ketua yang memimpin.

Tujuan Bersama

Sesuai dengan pengertian organisasi, dimana sebuah perkumpulan dikatakan sebagai organisasi jika ada tujuan bersama yang ingin dicapai.

Oleh karena itu jangan sampai kalian berada dalam organisasi yang tidak memiliki tujuan atau hanya tujuan individu semata. Maka dapat dikatakan itu bukanlah organisasi yang baik dan tidak patut untuk diteladani.

Peralatan dan Teknologi

Tak kalah penting, untuk mencapai tujuan diperlukan sarana dan prasarana berupa kelengkapan sebuah organisasi, seperti; kantor/ gedung, material, uang, sumber daya manusia, dan lainnya.

Serta teknologi agar tujuan lebih cepat tercapai dan efisien misalnya teknologi informatika internet yang paling sering digunakan sebagai media komunikasi dan pengetahuan.

Lingkungan

Siapa sangka, faktor lingkungan juga sangat berpengaruh pada sebuah organisasi. Misalnya sosial budaya, kebijakan, anggaran, peraturan, dan kondisi ekonomi.

Sebuah organisasi akan terbentuk jika lingkungannya sangat mendukung dan saling mempengaruhi, seperti adanya sistem kerjasama sosial.

Sumber Daya Alam

Selain lingkungan yang sehat dan mendukung, sumber daya alam juga merupakan unsur penting yang harus terpenuhi agar organisasi berjalan dengan baik dan mencapai tujuan bersama. Masa iya?

Pos Terkait:  Observasi : Pengertian, Jenis-Jenis, dan Contoh

Umumnya sumber daya alam yang diperlukan adalah air, keadaan iklim, kondisi tanah, cuaca, flora dan fauna. Yup, contohnya sobat ingin melakukan kegiatan diluar gedung, yakni penanaman 1000 pohon.

Maka kalian memerlukan air sebagai sumber untuk penyiraman tanaman awal, dan kondisi iklim yang mendukung agar kegiatan terlaksana dengan baik.


Manfaat Organisasi

Siapa bilang mengikuti organisasi hanya sebagai formalitas atau untuk menunaikan suatu kewajiban aja sob??

Enggak gitu ya guys, kalian harus mengikuti organisasi dengan dorongan dari diri sendiri dan sesuaikan dengan passion kalian.

Karena hal ini dapat bermanfaat sekali bagi kalian dimasa kini bahkan mendatang. Masa sih? Yaps simak manfaat organisasi dibawah ini:

Mencapai Tujuan Bersama

Salah satu manfaat yang didapatkan dalam suatu organisasi adalah tercapainya tujuan. Tapi percayakah sobat kalau dengan organisasi, tujuan yang akan dicapai akan lebih mudah dan cepat? Lho kok bisa?

Iya dong bisa, karena dalam sebuah organisasi ada struktur pembagian kerja serta struktur tata hubungan kerja bagi setiap anggotanya, sehingga meskipun masing-masing anggota memiliki peran sendiri-sendiri

Akan tetapi satu dengan lainnya saling berhubungan, sehingga proses penyelesaian untuk mencapai tujuan tersebut bisa lebih cepat dan mudah. Betul tidak?

Menambah Pengetahuan dan Wawasan

Ternyata mengikuti organisasi dapat memicu perkembangan pola fikir kalian lho sob, bahkan menyesuaikan perkembangan zaman jadi pemikiran kalian maju enggak diem ditempat, eaaak.

Nah hal ini juga secara tidak langsung akan menambah pengetahuan serta wawasan dimana setiap orang dapat menginspirasi dan terinspirasi dari wawasan maupun pengalaman hidup orang lain.

Adanya komunikasi ini juga dapat meningkatkan semangat sobat untuk belajar lebih giat dan lebih maju lagi dalam kehidupan kalian nih sob. Enggak percaya? Buktikan sendiri deh.

Melatih Jiwa Kepemimpinan dan Public Speaking

Organisasi adalah salah satu tempat yang tepat untuk melatih jiwa kepemimpinan sobat.

Ada ungkapan yang menyatakan bahwa Nah kalian bisa belajar menjadi pemimpin disini, sobat diajarkan bagaimana cara mengambil keputusan yang bijak dengan tidak merugikan pihak manapun.

Hebatnya lagi organisasi juga dapat melatih public speaking kalian lho, karena disini kalian bebas untuk menyampaikan pendapat, berpidato, dan lain sebagainya.

Berawal dari mampu berbicara di depan sesama anggota organisasi, harapannya kemampuan ini akan terus berkembang ke lingkungan yang lebih luas.

Membentuk Emosi Yang Baik

Organisasi berpengaruh dalam pembentukan kepribadian. Secara tidak langsung sobat yang aktif dalam organisasi memiliki karakter yang lebih percaya diri, tanggung jawab, ramah, dapat berkomunikasi dengan baik dan lain sebagainya.

Jadi jangan ragu yaa untuk ikut organisasi selama itu positif serta bisa mendukung perkembangan pribadimu menjadi lebih baik.

Selain itu organisasi dapat berpengaruh terhadap perkembangan emosi. Organisasi sebagai lingkungan yang baik akan membentuk emosi yang baik juga sehingga membuat kalian mudah bergaul dan menghadapi berbagai sifat atau karakter orang yang berbeda-beda.

Meningkatkan Kedisiplinan

Hayo siapa yang sering telat, susah tepat waktu?

Kamu bisa lho mengurangi dan meninggalkan sifat jelek kalian ini dengan cara ikut organisasi karena dengan mengikuti suatu organisasi kamu pastinya harus bisa menyesuaikan waktu dan menjalani agenda kegiatan dalam waktu yang sudah ditentukan.

Tentu akan membuat kalian disiplin bukan hanya di organisasi melainkan kehidupan sehari-hari.


Bentuk-Bentuk Organisasi

Untuk lebih memahami pengertian organisasi, maka kalian juga perlu tahu bentuk-bentuk organisasi yang ada di sekeliling kalian guys, siapa tahu kalian bisa bergabung mengingat begitu banyak manfaat organisasi.

Lihat juga : Perubahan Sosial Adalah – Pengertian, Teori dan Contohnya

Beberapa bentuk organisasi meliputi :

Organisasi Politik

Organisasi yang paling sering muncul dan sobat lihat baik secara langsung atau dimedia adalah organisasi politik.

Organisasi politik adalah organisasi yang yang bergerak dalam bidang politik dengan tujuan berhubungan dengan politik suatu daerah atau negara.

Salah satu contohnya adalah partai politik di Indonesia sedangkan contoh partainya adalah gerindra, demokrat, golkar.

Biasanya untuk mengikuti organisasi politik perlu kualifikasi tertentu guys, enggak sembarangan orang karena organisasi ini sangat sensitif, jadi kalau kalian pemula jangan berani deh ikut organisasi ini. Ngeri rekk.

Pos Terkait:  Seni Tari : Pengertian, Fungsi, Unsur dan Gerak Tari

Organisasi Mahasiswa

Organisasi ini juga sering disebut mirip dengan organisasi pemuda, tapi bedanya organisasi mahasiswa lebih bersifat ilmiah beberapa kegiatannya berhubungan dengan sesuatu yang berbau perkuliahan guys dan harus berlandaskan ilmu. Umumnya mereka yang ikut partai politik, saat mahasiswa mengikuti organisasi ini.

Contoh organisasi mahasiswa adalah Himpunan Mahasiswa Jurusan, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Unit Klinik Tani, Merpati Putih (Taekondo). Oh iya perlu kalian tahu guys, masing-masing ini punya lingkup dan peranan yang berbeda.

Organisasi Sosial

TIM SAR, Palang Merah Indonesia adalah salah satu contoh organisasi yang berfokus pada pengelolaan masalah kemanusiaan, seperti kesehatan, bencana alam, ekonomi sosial, dan lainnya.

Jika sobat berminat menjadi salah satu anggota organisasi ini maka kalian harus mau mengikuti serangkaian kegiatan yang diadakan oleh pihak managemen, biasanya berupa diksar (pelatihan dasar) yang disesuaikan dengan organisasi yang kalian ikuti.

Organisasi Keagamaan

Keagamaan ini adalah organisasi yang berfokus pada pengelolaan hal-hal yang berkaitan dengan agama. Tugas utamanya adalah untuk menyebarkan kebaikan, harmoni, dan keseimbangan norma sosial dalam masyarakat negara. Salah satu contoh organisasi keagamaan adalah NU (Nahdatul Ulama).

Organisasi Olahraga

Tim supporter sepakbola suatu daerah seperti The Jack Mania milik Persija Jakarta, Viking Persib Bandung apa termasuk organisasi pemuda yak? Bisa dibilang iya ya guys, karena mereka memiliki tujuan untuk mendukung tim terbaik menjadi juara.

So organisasi pemuda adalah persatuan olahraga, baik secara umum maupun khusus di bidang olahraga tertentu.

Organisasi Pemuda

Siapa yang ikut karang taruna di kampung sobat? Dengan ikut ini kalian berarti sudah ikut organisasi lho sob yaitu organisasi pemuda.

Organisasi pemuda adalah perkumpulan pemuda untuk menciptakan gerakan suatu daerah atau negara. Salah satu contohnya adalah gerakan yang dilakukan oleh Budi Utomo dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia, Karang Taruna, Pancasila.


Tujuan Organisasi

Seperti yang kalian tahu dalam pengertian organisasi bahwa tujuan organisasi secara umum adalah untuk merealisasikan harapan dan cita cita bersama para anggota organisasi.

Lihat juga : Observasi Adalah – Pengertian, Jenis-Jenis, dan Contoh

Misalnya organisasi pemuda memiliki tujuan untuk meningkatkan kreatifitas, wawasan bagi para pemuda sekitar. Selain itu ada tujuan organisasi lainnya, yaitu:

Sebagai Pedoman Mencapai Tujuan dan Legitimasi

Adanya organisasi maka dapat menjadi pedoman atau panduan anggota dalam melakukan segala usaha dan kegiatan demi mewujudkan tujuan. Sehingga dapat membantu memberikan arah mengenai apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Misalnya tujuan dalam membantu seksama maka adanya organisasi dapat membuat segala aturan dan tatacara untuk mencapai tujuan tersebut.

Tujuan organisasi secara umum juga menyangkut legitimasi. Organisasi bisa menjadi sumber legitimasi yang melindungi kegiatan sehingga akan akan menjadi sumber pembenaran bagi kegiatan-kegiatan yang dilakukan, sehingga organisasi mampu mengumpulkan dukungan dan pengakuan dari lingkungan di sekitarnya.

Wadah Mencari Keuntungan Bersama

Tidak dapat dipungkiri, bahwa organisasi bisa juga menjadi wadah untuk mendapatkan keuntungan. Lho ini positif ya guys keuntungan bukan hanya berupa uang kok, bisa jadi suatu tujuan positif.

Misalnya adalah sobat mengikuti organisasi kepemudaan maka kalian akan mendapatkan banyak teman, pengalaman dan semangat baru.

Tak cuma itu, kalian juga bisa mencari rezeki disebuah organisasi, para anggota bisa saling menjajakan dagangan mereka dan saling membeli sesuai kebutuhan sehingga akan saling menguntungkan dari segi bisnis yak kan??

Meningkatkan Kemampuan Diri

Enggak salah kok kalau sobat mengikuti organisasi dengan tujuan meningkatkan kapasitas diri.

Dengan pengalaman jabatan, tanggung jawab dapat membuat kalian menjadi lebih baik dari sebelumnya, dimana kemampuan yang kalian miliki tanpa sadar akan terus bertambah sehingga nilai “jual” kalian akan terus meningkat pula guys!

Itulah 5 pengertian organisasi menurut para ahli, ciri-ciri, manfaat serta tujuan organisasi. Dengan organisasi kalian bisa mengasah bahkan meningkatkan kapasitas diri sehingga menambah nilai plus bagi kalian sendiri.

So, tunggu apalagi? Sebagai agen of change, kalian harus belajar sejak dini. Yuk Organisasi!