close

Contoh Karya Seni Rupa 2 Dimensi Beserta Penjelasannya

Contoh Karya Seni Rupa 2 Dimensi – Raden Saleh Sjarif Boestaman dan Vincent Van Gogh merupakan dua orang yang paling disegani di dunia Seni lukis dan memiliki karya seni rupa dua dimensi yang keren parah.

Seni rupa sendiri merupakan sebuah cabang dari karya seni yang hasil karyanya dapat dinikmati sekaligus dapat dirasakan, serta dilihat dan diraba dengan menggunakan panca indra.

Karya seni rupa dapat digolongkan menjadi 2 kategori berdasarkan jenisnya dengan membedakan keduanya berdasarkan karakteristik.

Dua golongan tersebut ialah :

Dimensi

Karya seni rupa berdasarkan Dimensinya dapat dibedakan menjadi dua, yaitu:

  1. Seni rupa dua dimensi: Karya seni rupa yang satu ini memiliki dua ukuran.
  2. Seni rupa tiga dimensi: Karya seni rupa 3 dimensi memiliki tiga ukuran atau memiliki ruang.

Fungsi

Karya seni rupa berdasarkan fungsinya digolongkan menjadi dua juga, yaitu:

  1. Seni rupa terapan: Pembuatan karya seni ini umumnya melalui proses perancangan.
  2. Seni rupa murni: Karya seni yang dibuat dengan tujuan untuk dinikmati keindahan dan keunikan-nya saja tanpa mempertimbangkan fungsi praktiknya.

Bagi kamu yang merasa masih asing dan belum memahami dengan baik apa itu karya seni rupa 2 dimensi, kami akan merangkum sedikit informasinya mulai dari:

  • Pengertian karya seni rupa dua dimensi
  • Unsur-unsur seni rupa dua dimensi
  • Contoh karya seni rupa dua dimensi
  • Contoh gambar 2 dimensi
Pos Terkait:  Tari Gambyong Berasal Dari Daerah...

Berikut rangkuman informasinya.

Pelajari Juga: Contoh Seni Rupa 3 Dimensi Beserta Penjelasannya

Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi

Seperti yang telah disinggung diatas, pengertian Karya seni rupa dua dimensi adalah karya seni yang memiliki dua sisi atau ukuran yang berarti hanya memiliki sisi panjang dan lebar saja.

Dengan begitu, tidak akan ditemukan ruang pada karya seni rupa dua dimensi ini, hal tersebut dikarenakan karya seni ini tidak memiliki ketebalan.

Dalam pembuatan karya seni dua dimensi terdapat beberapa unsur yang berperan penting didalamnya, unsur-unsur seni rupa dua dimensi tersebut ialah:

  1. Garis (line).
  2. Raut (bidang dan bentuk).
  3. Ruang.
  4. Tekstur (bark).
  5. Gelap-terang.
  6. Warna.

Contoh Seni Rupa 2 Dimensi

Bentuk atau hasil akhri dari pembuatan karya seni rupa dua dimensi umumnya dibuat dengan cara digambar atau dilukis pada kanvas, papan kayu, plastik, dan benda-benda dua dimensi lainnya.

Pelajari juga: Seni Rupa – Pengertian, Jenis, Unsur-unsur dan Fungsinya

Berikut beberapa contoh karya seni rupa 2 dimensi:

DKV (Desain Komunikasi Visual)

Desain komunikasi visual termasuk kedalam contoh karya seni rupa dua dimensi yang cukup modern. Hal tersebut dikarenakan pembuatannya yang dilakukan dengan menggunakan bantuan teknologi.

Desain komunikasi visual atau yang juga dikenal dengan sebutan Desain gravis ini dibuat menggunakan software komputer atau device lainnya yang compatible dengan software tersebut dan dicetak di atas sebuah kertas dengan menggunakan mesin cetak atau Printer.

Pos Terkait:  22 Tarian Tradisional Indonesia Beserta Daerah Asalnya

Fotografi

Fotografi merupakan sebuah proses untuk menghasilkan karya seni berupa gambar dan bahasa pada film. Berbeda dari yang sebelumnya, pembuatan hasil karya seni yang satu ini dilakukan dengan menggunakan bantuan kamera.
Gambar

Karya seni rupa dua dimensi yang satu ini kerap dijadikan media referensi atau hasil akhir untuk anak-anak saat belajar menggambar sebuah objek disekolahnya. Seperti yang kita ketahui, Gambar adalah contoh karya seni rupa 2 dimensi yang dibuat melalui proses arsiran dengan menggunakan media pensil dan kertas dan cenderung mudah ditiru bagi anak SD.

Namun seni rupa 2 dimensi berupa gambar ini bukan berarti tidak bisa buat oleh orang-orang profesional, justru ditangan-tangan mereka seni seperti ini akan sangat memukau. Contohnya karya karya @defonrodriguez di instagramnya yang memukau dan hanya dibuat dengan menggunakan pensil.

Seni Grafis

Berbeda dengan Gambar, proses pembuatan seni grafis biasanya dilakukan dengan menggunakan cetakan. Seperti sablon, cetakan kayu, serta stempel.

Lukisan

Lukisan merupakan karya seni rupa dua dimensi yang pembuatannya dilakukan dengan menggunakan kuas lukis, kanvas, pisau palet, cat khusus, dan peralatan lainnya. Pembuatannya sendiri hampir sama dengan menggambar dengan menggunakan pensil, yakni dengan menggoreskan kuas yang sudah dimasukkan kedalam cat hingga mambentuk motif, gambar, atau garis yang memiliki nilai estetika yang indah.

Pos Terkait:  Seni Rupa - Pengertian, Jenis, Unsur-unsur dan Fungsinya

Batik

Yap, kamu tidak salah baca. Batik merupakan salah satu contoh karya seni rupa dua dimensi, karya yang satu ini memanfaatkan kain dan pewarna khusus alami maupun sintetis.

Contoh Gambar 2 Dimensi

Berikut ini merupakan beberapa gambar 2 dimensi yang kami peroleh dari beberapa sumber:

contoh seni rupa 2 dimensi
seni rupa 2 dimensi: Batik

 

Gambar 2 dimensi
seni grafis

 

Gambaran dua dimensi
seni menggambar

 

Contoh gambar 2 dimensi
Fotografi

 

Contoh gambar 2 dimensi
Seni lukis

Itulah informasi mengenai Pengertian dan Contoh karya seni rupa 2 dimensi Beserta penjelasannya yang bisa kami rangkum dan bagikan di artikel ini. Terimakasih dan semoga bermanfaat