close

Seni Rupa Terapan – Pengertian, Fungsi & Contohnya

Seni Rupa Terapan – Hidup manusia memang tidak bisa lepas dari seni. Ekspresi manusia tersebut dituangkan dalam berbagai bentuk misalnya dalam bentuk seni rupa murni dan seni rupa terapan. Sebenarnya apa yang membedakan keduanya?

Kedua jenis seni ini sama-sama memiliki hasil karya yang bisa dikagumi oleh siapa saja. Hanya saja seni rupa yang murni tidak memiliki fungsi untuk kehidupan manusia sehari-hari.

Lihat juga : Seni Rupa Yang Memiliki Panjang, Lebar dan Tinggi

Sementara seni rupa terapan memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia. Sesuai namanya terapan, seni rupa ini memang lebih berat kepada kegunaan dan juga pastinya keindahannya.

Pastinya karya dari seni terapan ini menarik untuk dipelajari karena banyak seniman yang mengkolaborasikan dua hal. Kesenian dan kegunaan bagi manusia menjadi sesuatu karya seni yang unik.

Lihat juga : Seni Ukir – Pengertian, Jenis-Jenis dan Fungsi Seni Ukir


Pengertian Seni Rupa Terapan

Contoh seni rupa teraapan
Contoh gambar seni rupa teraapan

Ternyata pengertian dari seni rupa satu ini bisa dibilang sederhana. Seni rupa terapan adalah jenis seni rupa yang tidak hanya melihat dari keindahan saja. Seni ini juga menitikberatkan pada fungsi dari sebuah karya tersebut.

Banyak ahli yang berpendapat bahwa seni satu ini adalah sebuah karya yang multifungsi. Tak sampai situ saja, seni terapan ternyata sudah ada sejak zaman dahulu. Bahkan para peneliti menemukan sejak zaman pra-sejarah.

Nenek moyang manusia sudah mampu membuat karya seni dari ilmu terapan. Meskipun kala itu karya yang dibuat memang masih sangat sederhana. Peralatan yang dipakai sehari-hari memiliki unsur seni misalnya ukiran.


Fungsi Seni Rupa Terapan

Sebuah karya seni memiliki banyak fungsi termasuk seni terapan. Kesenian memiliki fungsi yang dibagi berdasarkan kegunaannya. Ada yang untuk kesenian semata dan memang berguna untuk hidup manusia sehari-hari.

Lihat juga : Contoh Seni Rupa 2 Dimensi Beserta Penjelasannya

Fungsi Praktis

Sesuai namanya, pastinya jenis seni ini akan memiliki banyak manfaat serta kegunaannya. Karya seni ini akan membantu aktivitas manusia dalam hidup sehari-hari. Hasilnya tak hanya dianggap indah saja tapi juga berguna.

Ada banyak contoh dari fungsi praktis ini yang mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya kursi, peralatan rumah tangga dan lemari. Semua itu bisa dipandang sebagai karya seni dan juga peralatan yang membantu manusia.

Fungsi Estetis

Karya seni pastinya memiliki unsur keindahan yang bisa dinikmati. Maka, meskipun seni terapan fokus pada kegunaannya, tetap saja fungsi estetis dalam sebuah karya seni juga penting.

Pos Terkait:  22 Tarian Tradisional Indonesia Beserta Daerah Asalnya

Seni terapan yang memiliki bentuk 2 dimensi maupun 3 dimensi bisa sama-sama dinikmati keindahannya. Misalnya saja lemari ukir kayu. Memang fungsinya untuk menyimpan barang tetapi sangat indah jika dipandang seksama.


Contoh Seni Terapan

Setelah mengetahui berbagai unsur dari seni terapan, pastinya kamu ingin mengetahui sebenarnya contoh seni terapan ini seperti apa di kehidupan sehari-hari. Terkadang kamu tak menyadarinya padahal sering memakainya.

Lihat juga : Contoh Seni Rupa 3 Dimensi Beserta Penjelasannya

Anyaman

Salah satu jenis karya adalah seni kriya yang disebut juga anyaman. Seni yang dibuat dengan teknik merakit ini cukup dikenal banyak orang. Zaman dulu seni merakit ini dilakukan pada bahan serat alami.

Beberapa contoh bahan serat alami yang sering dipakai antara lain rotan, serabut kelapa, bambu hingga akar pohon yang telah dikeringkan. Sekarang akhirnya banyak yang melakukan anyaman dengan plastik atau kulit buatan.

Dari teknik merakit ini akhirnya dibentuklah benda yang sangat berfungsi untuk manusia dan pastinya tetap memiliki nilai seni tinggi. Beberapa contohnya antara lain kursi anyaman rotan, keranjang hingga keset dan sapu.

Pakaian

Siapa sangka baju yang dipakai orang sehari-hari merupakan sebuah bentuk karya seni. Namun memang biasanya yang punya karya seni tinggi adalah pakaian yang kerap dijadikan unsur adat.

Misalnya busana adat jawa yang memiliki banyak makna ajaran dari filosofi Jawa. Nilai adat ini mengajarkan bahwa manusia harus melakukan segala sesuatunya dengan harmonis antara manusia dengan sesama dan Tuhan.

Begitu pula dengan adat lain misalnya seperti di Bali. Segala pakaian yang melekat dipakai untuk berbagai upacara adat. Dengan nilai seni yang tinggi, semua pakaian tersebut pastinya memiliki kegunaan praktis bagi manusia.

Batik

Seni satu ini termasuk asli Indonesia yang sudah mendunia. Bahkan karya seninya dipakai untuk semua lapisan masyarakat. UNESCO bahkan sudah mengakui bahwa batik merupakan warisan budaya nusantara.

Batik adalah seni grafis dengan teknik tradisional. Seni terapan ini memakai kain sebagai media dan memakai zat pewarna dari alam untuk melukis. Semua pola yang dibuat memiliki makna dan nilai seni yang tinggi.

Kain atau pola batik yang sudah jadi kemudian diterapkan dalam berbagai peralatan manusia misalnya baju. Tak hanya sampai disitu saja, sekarang sudah banyak pengembangannya seperti tas hingga jaket.

Pos Terkait:  Alat Yang Digunakan Untuk Mengukir Bahan Lunak

Kerajinan Logam

Logam termasuk salah satu bahan yang kerap dijadikan media dalam membuat karya seni. Sudah banyak teknik yang berkembang agar seniman bisa menjadikan logam sebagai karya seni.

Tak hanya berfungsi untuk kesenian saja, logam juga bisa memiliki fungsi yang berguna untuk membantu kegiatan manusia. Misalnya saja wadah perhiasan atau perabotan makan.

Biasanya seniman akan memberikan teknik ukiran pada bagian luar logam untuk membuatnya lebih cantik. Dari berbagai hasil kerajinan tangan itulah akhirnya logam termasuk ke dalam seni terapan.

Keramik

Kesenian satu ini sudah berkembang zaman dahulu. Banyak orang yang sudah membuat karya seni di atas media keramik terutama di dataran Cina. Tak hanya bisa dinikmati karya seninya saja, tapi punya fungsi kehidupan sehari-hari.

Proses membuatnya dimulai dari tanah liat yang dibentuk dengan model yang indah. Bentuk ini juga disesuaikan dengan fungsinya. Setelah itu tanah liat akan dibakar supaya bisa membuat unsur tanah menjadi keras.

Barulah keramik diberi motif yang dapat memancarkan estetika tersendiri. Beberapa contoh seni keramik antara lain guci, vas bunga, gerabah hingga untuk lantai rumah.

Ukiran

Seni ukir merupakan jenis kesenian yang cukup kuno karena sudah ada sejak zaman manusia batu. Pada zaman dulu, manusia purba melakukan ukiran sederhana seperti bentuk lingkaran bulat pada banyak media.

Sekarang ukiran biasanya menggunakan kayu ataupun batu. Uniknya, ukiran juga memiliki berbagai motif yang mengandung nilai seni tinggi. Selain itu, ada pula motif yang memiliki nilai budaya hingga agama.

Dari hasil ukiran tersebut biasanya bisa diaplikasikan ke berbagai barang perabot rumah tangga misalnya kursi dan lemari. Dengan memakai alat ukir khusus, seniman bisa membuat kreativitas dan menghasilkan karya seni.

Perhiasan

Manusia sering kali menggunakan karya seni untuk mempercantik diri sendiri. Salah satu jenis karya seni yang kerap dipakai adalah perhiasan. Ini merupakan contoh yang mengedepankan unsur estetikanya.

Namun perhiasan juga tidak menghilangkan unsur kegunaan. Seorang seniman akan membuat perhiasan juga disesuaikan bentuknya dengan kegunaannya misalnya untuk anting, kalung atau cincin.

Beberapa perhiasan yang kerap dipakai antara lain emas dan berlian. Dari bahan tersebut kemudian dibentuk dengan banyak teknik seperti teknik ukir. Motif yang dipakai juga beragam sesuai dengan kebutuhan dan kegunaan.

Pos Terkait:  Contoh Karya Seni Rupa 2 Dimensi Beserta Penjelasannya

Arsitektur Bangunan

Ternyata hasil karya seni terapan juga bisa dalam media dengan ukuran besar. Salah satunya adalah arsitektur bangunan. Kamu bisa melihat bangunan di sekitar kamu termasuk rumahmu sendiri. Itu merupakan hasil karya seni.

Arsitektur yang dibuat merupakan salah satu karya seni yang menyiratkan keindahan tertentu. Arsitek atau orang yang membuat arsitektur menggabungkan fungsi estetika dan praktis pada sebuah bangunan.

Maka tak heran jika arsitektur yang ditemui saat ini tidak hanya membuat orang berdecak kagum karena keindahannya. Tetapi juga memang karya seni ini memiliki fungsi tertentu bagi manusia.

Poster

Ini merupakan salah satu contoh 2 dimensi yang juga sering kita temui. Kesenian dalam bentuk grafis ini memiliki banyak fungsi bagi kehidupan manusia. Misalnya saja untuk memberikan pengumuman atau imbauan.

Di samping itu, orang juga melihat poster dari segi keindahan yang terkandung di dalamnya. Campuran warna, bentuk dan gambar yang tergabung jadi satu membuat poster menjadi satu kesatuan hal yang menarik.

Apalagi dengan perkembangan teknologi saat ini seni dari poster juga semakin beragam. Ada banyak teknik yang bisa dilakukan mulai dari digital painting hingga teknik lainnya.

Barang Elektronik

Kesenian memang memberi pengaruh besar kepada manusia. Kemajuan teknologi sekalipun tetap memperhatikan unsur estetika. Salah satunya adalah barang-barang elektronik.

Semua barang elektronik seperti handphone sudah dirancang sedemikian rupa agar menjadi barang yang enak dipandang. Bahkan beberapa handphone dibuat dengan berbagai teknik seni misalnya seni ukir atau motif tertentu.

Karya seni yang ada di handphone justru menambahkan nilai jual sehingga harganya bisa lebih mahal. Ternyata, perkembangan zaman tidak membuat sebuah karya seni tetap eksis dipakai banyak orang.

Siapa sangka ternyata seni rupa terapan memiliki banyak fungsi hingga contoh yang bisa dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Banyaknya contoh seni terapan membuktikan bahwa memang manusia tidak bisa jauh dari sebuah seni.