Contoh Gambar 3 Dimensi
Contoh Gambar 3 Dimensi

Contoh Karya Seni Rupa 3 Dimensi Beserta Penjelasannya

Diposting pada

Karya Seni Rupa 3 Dimensi – Kebanyakan orang mungkin mengenal karya seni berdasarkan namanya saja seperti lukisan, patung, dan karya seni lainnya yang sifatnya sudah jadi. Padahal jika dipahami secara mendalam, karya seni terbagi menjadi beberapa kategori.

Pengertian Karya Seni Rupa

Pengertian seni rupa sendiri Adalah sebuah cabang dari karya seni yang hasil karyanya dapat dinikmati sekaligus dapat dirasakan, dilihat dan diraba dengan menggunakan panca indra.

Seperti yang disinggung sebelumnya, Karya seni rupa dapat digolongkan menjadi 2 kategori berdasarkan jenisnya dengan membedakan keduanyanya berdasarkan karakteristik.

Berdasarkan dimensinya

Karya seni rupa berdasarkan Dimensinya dapat dibedakan menjadi dua, yaitu:

  1. Seni rupa 2 dimensi: Karya seni rupa yang satu ini memiliki dua ukuran.
  2. Seni rupa 3 dimensi: Karya seni rupa 3 dimensi memiliki tiga ukuran atau memiliki ruang.

Berdasarkan fungsinya

Karya seni rupa berdasarkan fungsinya digolongkan menjadi dua juga, yaitu:

  1. Seni rupa terapan: Pembuatan karya seni ini umumnya melalui proses perancangan.
  2. Seni rupa murni: Karya seni yang dibuat dengan tujuan untuk dinikmati keindahan dan keunikannya saja tanpa mempertimbangkan fungsi praktiknya.

Definisi Karya Seni Rupa 3 Dimensi

Contoh Gambar 3 Dimensi
Contoh Gambar 3 Dimensi

Pengertian seni rupa 3 dimensi

Berbeda dengan seni rupa 2 dimensi yang hanya dibatasi dengan panjang dan lebar saja, Seni rupa 3 dimensi adalah karya seni yang memiliki 3 ukuran yakni panjang lebar dan tinggi serta memiliki ruang. Dengan kata lain, karya seni rupa 3 dimensi memiliki volume dan menempati ruang.

Perbedaan karya seni rupa 2 dan 3 dimensi

Seperti yang kita ketahui, kerya seni yang dikategorikan berdasarkan dimensinya terbagi menjadi 2 bagian yaitu seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi.

Kedua jenis kategori karya seni tersebut memiliki perbedaan yang sangat jelas dari segi fisiknya maupun keilmuannya, perbedaan sederhana dari kedua kategori karya seni ini ialah dari segi bentuk, sifat, dan fungsinya yang beragam.

Secara harfiah, Seni rupa 2 dimensi ini memiliki bentuk yang cenderung datar dan hanya dapat dilihat dari satu arah saja.

Sedangkan untuk seni rupa 3 dimensia memiliki ciri fisik yang utuh dan dapat dilihat dari segala arah, jikia dilihat berdasarkan kegunaannya, kerya seni rupa 3 dimensi ini cenderung banyak digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Unsur-Unsur Seni Rupa 3 Dimensi

Karya seni rupa 3 dimensi memiliki unsur-unsur seperti garis, warna, bidang dan betuk yang berperan pentik dalam pengaplikasiannya serta sering dipakai untuk memperindah suatu bentuk karya seni. Salah satu contoh karya seni rupa 3 dimensi yang paling menonjol dari ciri fisik, serta unsurnya ialah Patung.

Pembuatan yang dilakukan dengan teknik pahat dan menggunakan media seperti batu, kayu dan benda bervolume lainnya ini memiliki nilai estetika yang tinggi serta semakin berkembangnya waktu, karya seni ini mengalami perkembangan yang lebih baik sehingga memiliki daya jual yang cukup tinggi.

Lihat juga: Contoh Karya Seni Rupa 2 Dimensi Beserta Penjelasannya

Contoh Karya 3 Dimensi

Selain patung, ada banyak lagi contoh seni rupa 3 dimensi lain yang sering kita jumpai bahkan kita sering menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari, berikut ada 10 contohnya yang perlu kita pahami.

Keramik

Kerya seni yang indah dan memiliki tekstur mengkilap serta licin ini merupakan salah satu contoh dari karya seni rupa 3 dimensi, itu karena keindahan dari keramik ini bisa kita lihat dari arah manapun.

Keramik juga memiliki banyak sekali fungsi dan kegunaanya, selain difungsikan sebagai bahan lapisan lantai dan pelapis material bangunan, keramik juga sering difungsikan sebagai hiasan rumah seperti vas bunga, teko dan cangkir dan lain sebagainya.

Arsitektur

Selain keramik, salah satu contoh seni rupa 3 dimensi lainny ialah Arsitektur. Contoh tersebut berupa seni untuk mendesain bangunan dan membentuknya dengan menggunakan beragam jenis material.

Kriya

Seni Kriya merupakan sebuah karya seni yang pembuatannya memerlukan keterampilan tangan yang baik dengan memperhatikan fungsi untuk mengolah bahan hingga memiliki estetika yang bernilai. Kriya dapat berbentuk sebuah karya yang pada dasarnya dibuat dengan menggunakan bahan-bahan seperti dari tanah, batu, kayu, logam ataupun kain.

Mebel

Yap. Mabel merupakan salah satu contoh karya seni rupa 3 dimensi karena dapat diamnfaatkan untuk mempercantik desain ruang dan bisa difungsikan juga sebagai perabotan rumah tangga.

Contoh bentuk mebel yang sering kita temui antara lain seperti Lemari, Kursi, kusen, meja, dan masih banyak lagi.

Anyaman

Beberapa contoh karya seni 3 dimensi yang terbuat dari hasil karya anyaman ialah Kursi rotan, tempat nasi yang terbuat dari bamboo, tas atau wadah yang dibuat dari eceng gondong yang dikeringkan dan masih banyak lagi contoh laiinya yang mungkin sering kita temui saat menjalankan aktifitas sehari-hari.

Secara teknis, Karya seni anyaman ini dilakukan dengan cara membingkai sebuah bahan seperti bambu, rotan, dan bahan lainnya dengan pola yang nantinya dibentu sesuai dengan jenis barang yang nantinya akan difungsikan untuk rumah tangga.

Bordir

Karya seni border dibuat dengan menggunakan cara yang unik untuk menghasilkan suatu kain dengan pola tertentu dengan tekstur timbul yang dapat dilihat dan dirasakan dengan cara diraba.

Itulah mengapa karya seni ini termasuk ke dalam seni rupa kriya yang contoh bentuknya seperti batik, anyaman, dan beberapa karya laiinya.

Relief

Selain indah dan memiliki banyak manafatnya, beberapa seni yang tergolong kedalam seni rupa 3 dimensi juga memiiliki nilai sejarah yang menggambarkan peristiwa kehidupan dimasa lampau. Salah satu diantaranya ialah relief.

Namun karya seni 3 dimensi ini tidak bisa dilihat dari berbagai arah, kamu hanya bisa melihatnya dari arah depan dan samping saja. Ciri khas yang pekat dalam karya seni yang satu ini ialah bahan pembuatannya yang terbuat dari batu dan dibentuk dengan cara dipahat.

Gerabah

Gerabah merupakan karya seni yang unik, disisi lain bahannya pun tergolong unik karena berasal dari tanah liat yang dipadatkan menggunakan teknik tertentu hingga membentuk beberapa barang terapan yang berguna. Selain unik, gerabah terkadang dapat disebut sebagai karya seni yang khas karena dibuatnya dengan teknik kerajinan tangan dan ketelitian.

Batik

Meskipun batik termasuk kedalam karya seni rupa 2 dimensi, namun karya seni yang satu ini juga bisa tergolong menjadi kaeya seni 3 dimensi. Hasil dari pembuatan kain batik ini tergolong sebagai seni kriya yang merupakan bagian dari gambaran seni rupa 3 dimensi (Meski pembuatannya dibuat dengan cara digambar diatas permukaan kain).

Contoh batik yang tergolong kedalam karya seni rupa 3 dimensi ialah bahan yang sangat beraga dan bersifat terapan atau benda pakai seperti halnya Baju batik, selendang, dan lain sebagainya.

Tenun

Selain contoh seni 3 dimensi yang telah disebutkan diatas, hasil karya seni yang estetikanya bernilai tinggi serta termasuk kedalam karya seni 2 dan 3 dimensi ialah Kain tenun.

Secra tekni, kain tenun ini hamper sama seperti batik, namun termasuk kedalam karya seni tiga dimensi karena dapat dilihat dan dirasakan dengan diraba-raba.

Selain itu, kain tenun juga bisa dibuat berupa barang yang difungsikan sebagai benda pakai seperti Baju khas daerah, atau bentuk kain-kain lainnya.

Contoh Gambar 3 Dimensi

Berikut ini beberapa contoh gambaran seni rupa 3 dimensi

Batik 3 dimensi
Batik
Contoh anyaman
Anyaman
Contoh Bordir 3 dimensi
Bordir
Kriya kayi 3 dimensi
Kriya
Relief
Relief
Tenun 3 dimensi
Tenun
Contoh arsitektur 3 dimensi
Contoh arsitektur 3 dimensi

Itulah penjelasan mengenai definisi karya seni rupa 3 dimensi serta contoh dan gambarannya, semoga bisa dipahami dengan mudah.

Terimakasih dan semoga bermanfaat


Gambar Gravatar
Sangat mengutamakan relevansi, sehingga kami ter-Obsesi untuk menyajikan informasi yang berkualitas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.