close

3 Cara Mengembalikan WA yang Di Hack, Dijamin Mudah

Keamanan berkomunikasi online, kini perlu diwaspadai. Setiap orang biasanya memiliki akun media sosial yang saling terhubung dengan akun lainnya salah satunya Whatsapp. Hal ini memungkinkan mudahnya peretas masuk. Lantas bagaimana cara mengembalikan WA yang di hack dengan mudah?

Ciri-Ciri WhatsApp Kamu Di hack

Ada beberapa ciri ketika WA di-hack. Pertama cirinya seperti gangguan pada perangkat. Gangguan yang dimaksud seperti WhatsApp yang error dan lemot, serta baterai cepat habis. 

Gangguan tersebut perlu diidentifikasi dengan teliti. Jika jarang mengaktifkan aplikasi, lalu terjadi seperti gangguan yang disebutkan, maka perlu mencurigai WhatsApp-nya di-hack.

Ciri yang kedua yaitu akun WA seolah nonaktif. Pengguna perlu diwaspadai dengan adanya pemberitahuan yang menyatakan bahwa WA sedang bermasalah. Berbeda dengan pemberitahuan langsung pembaharuan aplikasi.

Hal tersebut dapat diamati dengan adanya SMS atau e-mail masuk. Informasi yang disampaikan, biasanya berupa WhatsApp yang telah diretas. Sehingga pemilik WA diminta menonaktifkan WA atau mengirim kode OTP.

Ciri yang ketiga dapat dilihat ketika WA seolah online, namun tidak sedang membuka WA. Selain itu, WA menunjukkan status pesan dari orang terbaca, keluar masuk perangkat lain, serta mampu mengirim pesan.

Pos Terkait:  3 Cara Mencadangkan Kontak Ke Google Drive dengan Praktis

Hal tersebut menunjukkan bahwa WA telah diretas oleh perangkat lain yang telah mengetahui nomor handphone dan pernah menggunakan barcodenya. Hal seperti ini, dapat terlihat pada aktivitas perangkat tertaut.

Cara Mengembalikan WA yang Di hack

WhatsApp memiliki sistem keamanan saat adanya aktivitas yang kurang menyenangkan bagi penggunanya. Seperti adanya enkripsi end-to-end, yang berfungsi untuk mengamankan pesan dengan menggunakan kode.

Di samping itu juga ada verifikasi dua langkah disertakan untuk mengamankan WA. Meskipun demikian, kasus WA di hack masih cukup sering terjadi. Oleh karenanya, berikut cara mengembalikan WA yang di hack berdasarkan ciri hack sebelumnya:

1. Menghubungi Pusat Bantuan WhatsApp Ketika Ada Aktivitas yang Mencurigakan

Cara pertama yang bisa dilakukan yakni dengan menghubungi pusat bantuan Whatsapp. Adapun langkah yang bisa dilakukan yakni:

Dalam mengembalikan WA yang di hack dengan cara ini, pengguna tidak perlu khawatir. Karena pihak resmi WhatsApp akan menghubungi pengguna dan membantu deaktivasi akun atau dinonaktifkan sementara. Setelahnya pihak WhatsApp akan mengaktifkan kembali akun pengguna.

Pos Terkait:  3 Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop dengan USB

2. Menginstal Ulang WhatsApp Ketika Ada Notifikasi Mencurigakan

WhatsApp yang telah diretas dengan adanya notifikasi meminta kode OTP atau pemberitahuan tidak jelas dapat diatasi dengan menginstal ulang WhatsApp. Cara ini akan membantu WhatsApp yang digunakan lepas dari peretas.

Hal tersebut disebabkan karena kode OTP WhatsApp termasuk kode pengaman. Apabila pengguna menerima kembali kode OTP saat instal ulang, itu artinya kode OTP jangan diberikan kepada siapapun. Berikut langkahnya:

  • Hal pertama yakni lakukan instal ulang whatsapp.
  • Setelah terinstal, gunakan fitur tambahan verifikasi dua langkah.
  • Verifikasi dua langkah termasuk proteksi dari WhatsApp agar akun tidak berpindah ke peretas.
  • Ketika digunakan, pengguna akan diminta memasukkan 6 digit PIN rahasia.
  • Selanjutnya, cara ini akan berguna saat pengguna mengganti handphone di kemudian hari.

3. Mengecek Kembali Fitur Perangkat Tertaut pada WhatsApp

Cara mengembalikan WA selanjutnya dengan mengecek fitur perangkat tertaut pada titik tiga kanan atas WA. Pengguna dapat melihat aktivitas keluar masuknya WA pada perangkat lain. Hal ini jika ditemukan adanya aktivitas di luar kendali pengguna.

Apabila dijumpai seperti keluar masuk windows, pengguna hanya perlu menekan situs tautan windows, dan klik keluar. Namun jika tidak dijumpai tautan windows, maka cara mengembalikan WA yang di hack sebelumnya dapat dicoba dan dilakukan.

Pos Terkait:  4 Cara Bobol Wifi Indihome Dengan Hp 100% berhasil

Itulah beberapa cara mengembalikan WA yang di hack dengan mudah serta cirinya. Hal tersebut, perlu diketahui agar data privasi pengguna WA tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.